Home Syiah Syiah, Kelompok yang Sudah Disabdakan Rasulullah
Syiah, Kelompok yang Sudah Disabdakan Rasulullah

Syiah, Kelompok yang Sudah Disabdakan Rasulullah

0
0

Sebagai kelompok yang sudah lama dikenal oleh ulama sebagai kelompok keagamaan yang sangat fanatik kepada Sayyidina Ali Ra, Syiah telah banyak melakukan kemunkaran baik dalam bidang akidah, syariah, atau yang lannya. Beberapa pakar bahkan melabeli kelompok yang muncul di akhir masa pemerentiahan Khalifah Sayyidina Utsman Ra—sebagaimana penuturan al-Imam Muhammad Abu Zahrah dalam Târîkh Mazdzâhib al-Islamiyyah—sebagai kelompok lain dalam Islam.

Namun, siapa sangka kelompok ini telah diramalkan oleh Rasulullah r sebagaimana disebutkan oleh Imam at-Tabrani dalam al-Mu’jam al-Kabîr.

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ, قَالَ : كُنْتُ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ, وَعِنْدَهُ عَلِيٌّ, فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: يَا عَلِيُّ سَيَكُونُ فِي أُمَّتِي قَوْمٌ يَنْتَحِلُونَ حُبَّنَا أَهْلَ الْبَيْتِ لَهُمْ نَبَزٌ يُسَمَّوْنَ الرَّافِضَةَ, فَاقْتُلُوهُمْ فَإِنَّهُمْ مُشْرِكُونَ.

Dari Ibnu Abbas ujarnya, saya pernah berada di sisi Nabi r bersamaan dengan Ali. Saat itu Nabi bersabda kepada Ali, “Wahai Ali, nanti akan muncul di tengah umatku suatu kaum yang berlebihan dalam mencintai kita ahlul bait, mereka dikenal dengan nama Rafidhah. Karena itu bunuhlah mereka sebab mereka adalah kaum musyrik.” Ibnu Hajar al-Haitami dalam Majma’ Zawaid menghukumi hadits tersebut Hasan.

Baca Juga: Cerdas membendung Aliran Syiah

Sebagaimana Rasulullah r Sayyidina Ali juga mengatakan hal demikian terkait dengan kelompok yang diramalkan Rasulullah r tersebut. Sayyidina Ali berkata, “Di belakang kami kelak akan muncul suatu kaum yang mengaku cinta kepada kamu. Mereka suka berdusta dengan nama kamu, mereka sebenanya keluar dari Islam. Ciri mereka yaitu gemar memaki Abu Bakar dan Umar.”

Secara istilah, Rafidhah merupakan sekelompok Syiah yang melakukan kedustaan dalam mendukung Ahlul Bait. Golongan ini menolak kepemimpinan Sayyidina Abu Bakar y, Sayyidina Umar y, dan sebagian sahabat Rasulullah r. Mereka gemar sekali mencaci para sahabat karena, menurut mereka, mengingkari penunjukan Sayyidina Ali y sebagai pengganti Rasulullah r.

Baca Juga: Meluruskan Paradikma Wasiat Nabi

Tentang asal-muasal penamaan ini, Abu al-Qasim al-Isfahani, Imam Fakhr ar-Razi, as-Syahrastani, dan Ibnu Taimiah, berpendapat bahwa istilah Rafidhah disematkan kepada Syiah Imamiyah Itsna Asyariyah adalah karena  penolakan mereka terhadap Zaid bin Ali Zainal Abidin bin al-Husain (79-122 H) karena tetap memuliakan Abu Bakar dan Umar pada saat pengikutnya meminta beliau untuk mencela dan menista keduanya sehingga menyebabkan mereka berpaling meninggalkan beliau.

Sejak saat itulah, Zaid bin Ali Zainal Abidin bin al-Husain y mengatakan  رَفَضْتُمُوْنِي(kalian telah menolakku). Ucapaan beliau itulah yang menyebabkan istilah Rafidhah begitu popular hingga sekarang.

AnnajahSidogiri.id

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *