Home Aswaja Nasehat untuk Para Pejabat
Nasehat untuk Para Pejabat

Nasehat untuk Para Pejabat

2.69K
0

Pemimpin/pejabat merupakan kaca dari kelestarian suatu bangsa, sebaliknya banyak suatu bangsa musnah gara-gara dipimpin oleh orang yang tidak mempunyai rasa sebagai pimpinan. Dalam kitabnya, Tibru al-Masbûk fî Nashîhat al-Mulûk, Imam Al-Ghazali menunjukkan cara agar bisa menjadi pemimpin yang baik.

Baca juga: Jabatan Dalam Pandangan Islam

Kedua; Seorang pemimpin harus selalu meminta nasehat kepada ulama, yakni ulama yang memberikan nasehatnya dengan ikhlas dan semata-mata karena Allah I, bukan ulama yang selalu mendekat kepada penguasa dan memujinya, hanya semata-mata keduniaan.

Ketiga; Seorang pemimpin harus memiliki komitmen untuk menolak segala bentuk kedzaliman. karena kelak ia akan diminta pertanggung jawaban atas tugasnya di hadapan Allah I.

Keempat; seorang pemimpin haruslah punya sifat rendah hati dan menjauhi sifat sombong. Karena, sifat sombong sering  menjangkiti seorang pemimpin. Pemimpin yang sombong merasa bahwa kekuasaan penuh berada di genggamannya dan rakyat berada dalam kekuasaannya.

Baca juga: Konsep Imamah dalam Syiah

Kelima; Pemimpin yang baik adalah pemimpin yang betul-betul ‘mengabdi’ kepada rakyat dengan segenap rasa empatinya. Pemimpin seperti inilah yang bisa merasakan apa yang dirasakan oleh rakyatnya. Rakyat dengan pemimpin seperti ini akan mendapatkan perlakuan sebagaimana pemimpin tersebut memperlakukan pada dirinya dengan segenap cinta dan kasih sayangnya. Rasulullah r bersabda:

خِيَارُ أَئِمَّتِكُمُ الَّذِينَ تُحِبُّونَهُمْ وَيُحِبُّونَكُمْ، وَيُصَلُّونَ عَلَيْكُمْ وَتُصَلُّونَ عَلَيْهِمْ، وَشِرَارُ أَئِمَّتِكُمُ الَّذِينَ تُبْغِضُونَهُمْ وَيُبْغِضُونَكُمْ، وَتَلْعَنُونَهُمْ وَيَلْعَنُونَكُمْ (رواه مسلم

“Pemimpin yang terbaik adalah pemimpin yang kamu cintai mereka pula mencintai kamu, yang kamu doakan dan mereka mereka mendokanamu. Kamu benci mereka dan  mereka pun membencimu, yang kamu laknat, dan mereka pun melaknatmu” (HR. Muslim).

Baca Juga: Shahabat Nabi, Cermin Teladan Umat Ini

Itulah beberapa cara dari Imam Ghazali kepada seorang pemimpin agar menjadi pemimpin yang baik. Nasehat tersebut tidak hanya tertuju kepada pemimpin saja, melainkan semua orang.

AnnajahSidogiri.id

LEAVE YOUR COMMENT

Your email address will not be published. Required fields are marked *