HEADLINE
Musim Pemimpin dan Gugurnya Amanah

Musim Pemimpin dan Gugurnya Amanah (Serial Kajian Tanda-tanda Kiamat 4)

مِنِ اقْتِرَابِ السَّاعَةِ كَثْرَةُ الأُمَرَاءِ وَقِلَّةُ الأَمْنَاءِ

رَوَاهُ الطَّبْرَانِي عَنْ عَبْدِ الرَّحْمَنِ بْنِ عَمْرو الأنَصْاَرِي

“Sebagian tanda dekatnya kiamat adalah banyaknya pemimpin dan sedikit orang yang amanah.” (HR Thabrani).

Interpretasi dari hadis ini sangatlah banyak, terutama pada masa sekarang. Namun, saya akan menjelaskan salah satu penafsiran yang agak unik pada potongan pertama dari hadis. Dikutip dari karya Sayyid Ahmad Shiddiq al-Ghummari, beliau menjelaskan bahwa yang dimaksud dari “banyaknya pemimpin” adalah banyaknya kedaulatan (Islam). Coba kita buka kembali lembar sejarah, pada masa Rasulullah dan khalifah (pengganti) setelahnya, meskipun negara atau pemimpin Islam sudah banyak, tetapi kedaulatan mereka tetap pada satu komando yaitu dari Rasulullah dan para khalifahnya.

Baca Juga: Kiamat Sudah Dekat (Serial Kajian Tanda-Tanda Kiamat 1)

Nah, pada masa sekarang, umat Islam tidak memiliki pusat komando mereka. Ketiadaan pusat komando itu berdampak terhadap perbedaan pendapat dan tujuan. Banyak kita temukan sesama muslim saling bersikukuh hanya kerena perbedaan etnis dan kebangsaan, padahal sesama muslim seharusnya bersaudara, bukan malah mengedepankan kesukuannya. Kelak, pusat komando itu akan muncul lagi di tangan Imam Besar al-Mahdi. Negara-negara Islam akan bersatu di bawah benderanya. Namun, sebelum masa itu tiba, kita tidak bisa mengenyampingkan keadaan sekarang. Kita harus tanamkan di benak kepala bahwa sesama muslim itu saudara, meskipun dari etnis yang berbeda.

Baca Juga: Ahli Membaca tapi Tidak Memahami Isinya (Serial Kajian Tanda-tanda Kiamat 2)

Sedangkan untuk potongan hadis yang kedua, sepertinya sudah jelas arahnya kemana. Berkurangnya rasa tanggung jawab bukan hanya menimpa para pimpinan kita, tetapi juga menimpa rakyatnya. Adapun cara terbaik untuk memperbaikinya adalah menguatkan kembali keagamaan individu umat. Karena syariat Islam tidak mengajarkan penganutnya berbuat tidak amanah. Dari itu, kita juga bisa menciptakan negara yang adil dan beradab. Pepatah mengatakan:

أَقِيْمُوْا دَوْلَةَ الإِسْلَامِ فِيْ قُلُوْبِكُمْ، تَقُمْ لَكُمْ عَلَى أَرْضِكُمْ

“Dirikanlah kedaulatan Islam dalam sanubarimu, maka dia akan memperbaiki negerimu untukmu.”

Semoga dilantiknya presiden dan wakil presiden baru mendatangkan banyak berkah kepada kita semua

Muhammad Faqih | Annajahsidogiri.id

About Muhammad Faqih

Muhammad Faqih
Tim Peneliti Annajah Center Sidogiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*