AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Selasa, Mei 13, 2025
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual
    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

    Buletin Tauiyah 297

    Buletin Tauiyah 297

    Akidah dalam Dinamika: Memahami Perbedaan antara Asy’ariyah dan Maturidiyah

    Akidah dalam Dinamika: Memahami Perbedaan antara Asy’ariyah dan Maturidiyah

    Legalitas Manakib

    Legalitas Manakib

    Buletin Tauiyah 291

    Buletin Tauiyah 291

  • Aswaja
    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Ahlusunnah wal Jamaah sebagai Manhajul Fikri dalam Islam

    Ahlusunnah wal Jamaah sebagai Manhajul Fikri dalam Islam

    Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ; Rahmatan-Lil ’Alamin

    Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ; Rahmatan-Lil ’Alamin

    Akidah dalam Dinamika: Memahami Perbedaan antara Asy’ariyah dan Maturidiyah

    Akidah dalam Dinamika: Memahami Perbedaan antara Asy’ariyah dan Maturidiyah

    Mungkinkah Manusia Menjadi Penjaga Neraka?

    Mungkinkah Manusia Menjadi Penjaga Neraka?

  • Wahabi
    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

    Ketika Maulid Nabi Dipertanyakan

    Ketika Maulid Nabi Dipertanyakan

    Menanggapi Problematika Bidah

    Menanggapi Problematika Bidah

  • Liberal
    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Akidah Islam: Doktrinal atau Ilmiah? (2) 

    Akidah Islam: Doktrinal atau Ilmiah? (2) 

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

    • Wawancara
  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

    Buletin Tauiyah 297

    Buletin Tauiyah 297

    Akidah dalam Dinamika: Memahami Perbedaan antara Asy’ariyah dan Maturidiyah

    Akidah dalam Dinamika: Memahami Perbedaan antara Asy’ariyah dan Maturidiyah

    Legalitas Manakib

    Legalitas Manakib

    Buletin Tauiyah 291

    Buletin Tauiyah 291

  • Aswaja
    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Ahlusunnah wal Jamaah sebagai Manhajul Fikri dalam Islam

    Ahlusunnah wal Jamaah sebagai Manhajul Fikri dalam Islam

    Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ; Rahmatan-Lil ’Alamin

    Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ; Rahmatan-Lil ’Alamin

    Akidah dalam Dinamika: Memahami Perbedaan antara Asy’ariyah dan Maturidiyah

    Akidah dalam Dinamika: Memahami Perbedaan antara Asy’ariyah dan Maturidiyah

    Mungkinkah Manusia Menjadi Penjaga Neraka?

    Mungkinkah Manusia Menjadi Penjaga Neraka?

  • Wahabi
    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

    Ketika Maulid Nabi Dipertanyakan

    Ketika Maulid Nabi Dipertanyakan

    Menanggapi Problematika Bidah

    Menanggapi Problematika Bidah

  • Liberal
    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Akidah Islam: Doktrinal atau Ilmiah? (2) 

    Akidah Islam: Doktrinal atau Ilmiah? (2) 

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

    • Wawancara
  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
  • Video

Asal-Usul Kata “Sufi” (1)

Redaksi by Redaksi
4 Januari 2021
in Aswaja
Reading Time: 4 mins read
A A
0
164
SHARES
2.1k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram

Oleh: Ahmad Dairobi

Keberadaan kata “sufi” atau “tasawuf” memang cukup aneh. Kata ini menjadi kata kunci dari arus gerakan religius yang mendunia. Tapi, tak ada yang bisa memastikan dari mana kata-kata itu muncul, dan siapa pula pencetusnya?

Kata “sufi” ataupun “tasawuf” tidak pernah ada dalam kamus hadis, dan tidak pernah muncul pada masa Sahabat Rasulullah SAW. Ada yang menengarai bahwa istilah sufi mulai masyhur dipakai pada Abad Kedua Hijriah. Ada pula yang menengarai pada Abad Ketiga. Yang jelas, sebelum menjadi istilah yang masyhur itu, kata “sufi” ini telah mengalami serangkaian proses yang mungkin sangat panjang. Tokoh pertama bergelar sufi yang dikenal oleh sejarah adalah Abu Hasyim ash-Shufi (w. 150 H). Ia adalah tokoh zuhud di Bagdad yang dikagumi banyak ulama, di antaranya adalah Sufyan ats-Tsauri.

Sebelum Abu Hasyim, kemungkinan besar kata “sufi” sudah mulai banyak dipakai. Ibnu Hajar al-Haitami menyebutkan bahwa Imam Hasan al-Bashri (w. 110 H) pernah bercerita, “Aku melihat seorang sufi di tempat tawaf. Akhirnya, aku beri dia sesuatu, tapi Ia berkata: Aku punya empat daniq (daniq=1/6 dirham) yang cukup untuk kebutuhanku.”

Mengenai latar belakang kemunculan istilah “sufi” itu di tengah-tengah umat Islam, Imam al-Qusyairi memberikan sebuah analisis yang setidaknya bisa memberikan sedikit gambaran mengenai asal muasal kata-kata ini. Kata “sufi” menurutnya muncul sebagai kelanjutan dari istilah “Sahabat”, “Tabi’in”, dan “Tabiut-tabi’in.”

Setelah Rasulullah SAW wafat, maka gelar paling  mulia yang disematkan kepada sebuah generasi adalah “Sahabat”. Kemudian orang-orang yang menututi mereka disebut “Tabi’in”. Dan generasi berikutnya disebut “Tabiut-tabi’in”. Setelah itu orang-orang yang tekun dan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan ajaran agama disebut dengan julukan “az-Zuhhâd” (kelompok ahli zuhud) atau “al-‘Ubbâd” (kelompok ahli ibadah).

Pada fase ini, kata Imam al-Qusyairi, banyak klaim terhadap gelar az-Zuhhâd dan al-‘Ubbâd. Aliran-aliran sesat mengklaim bahwa merekalah az-Zuhhâd dan al-‘Ubbâd itu. Hal ini kemudian mengilhami orang-orang zuhud dari kalangan Ahlusunah wal-Jamaah untuk membuat istilah tersendiri, yaitu “tasawuf” atau “sufi”.

Pemetaan yang dilakukan oleh Imam al-Qusyairi tentang fase kelahiran istilah sufi ini bisa menjadi salah satu peta petunjuk untuk mengungkap misteri kelahiran tasawuf. Sebab beliau merupakan salah satu tokoh penting dalam perkembangna ilmu tasawuf. Namun demikian, pendapat beliau itu belum bisa menjadi kesimpulan yang final. Karena bila digabung dengan riwayat mengenai penggunaan kata sufi oleh Hasan al-Bashri dan gelar sufi yang disematkan kepada  Abu Hasyim, maka masih ada kerancuan mengenai pemetaan periodenya. Sebab, awal abad kedua yang ditengarai sebagai kelahiran istilah sufi itu masih merupakan masa perpindahan dari masa Tabi’in ke Tabiut-tabi’in. Hasan al-Bashri termasuk generasi Tabi’in, karena konon beliau pernah bertemu dengan Sayidina Ali bin Abi Thalib RA.

Jika mengikuti kronologi yang disampaikan oleh Imam al-Qusyairi ini, berarti tasawuf, secara historis setali tiga uang dengan zuhud. Sufi merupakan istilah khusus yang dilahirkan oleh ulama-ulama Ahlusunah wal-Jamaah untuk menyebut kelompok zuhud. Tasawuf hanyalah istilah baru untuk suatu yang sudah ada. Inti dari tasawuf adalah ajaran untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagaimana yang diajarkan oleh Rasulullah SAW dan dipraktikkan dengan sungguh-sungguh oleh para Sahabatnya, khususnya kalangan Ahlush-Shuffah.

Kesimpulan bahwa inti dari amalan tasawuf telah dipraktikkan pada masa Rasulullah SAW dan para sahabat, hal itu hampir menjadi kesepakatan di antara para penulis tentang dunia tasawuf. Ada banyak sahabat yang mengilhami kalangan sufi, misalnya Khulafaur Rasyidin, Shuhaib bin Sinan, Abu Dzar al-Ghifari, Abud-Darda’, dan lain sebagainya.

Namun demikian, masih ada kelompok-kelompok tertentu yang menganggap tasawuf sebagai ajaran baru yang mengada-ada atau bid’ah yang tercela. Kelompok yang sinis terhadap tasawuf, umumnya berasal dari kalangan wahabi dan yang sepaham. Ada di antara mereka yang menganggap bahwa benih tasawuf lahir di Kufah melalui kelompok at-Tawwâbîn atau al-Bakkâ’în, yakni orang-orang Syiah yang meratapi kematian al-Husain di Karbala, dan menampakkan penyesalan yang mendalam terhadap diri mereka kerana tidak mampu membela cucu Rasulullah SAW itu dari keganasan pasukan Ibnu Ziyad.

Di antara argumentasi kelompok Wahabi yang menyatakan bahwa tasawuf lahir dari Syiah adalah pernyataan Ibnun-Nadim dalam al-Fihrisat, bahwa Jabir bin Hayyan (w. 208) yang dikenal dengan gelar ash-Shûfî diklaim oleh orang-orang Syiah dan filsuf sebagai salah satu tokoh penting mereka.

Tuduhan bahwa sufi lahir dari rahim Syiah semacam di atas merupakan tuduhan yang lemah dari segi argumentasi. Sebab, Ibnun-Nadim tidak pernah menyatakan bahwa Jabir bin Hayyan adalah orang pertama yang bergelar sufi, apalagi sebagai pencetus istilah sufi. Sementara, pernyataan mereka bahwa tasawuf lahir di Kufah dari benih kelompok at-Tawwâbîn justru bertentangan dengan pernyataan Ibnu Taimiyah, ulama yang menjadi idola mereka. Ibnu Taimiyah dalam Majmû‘ul–Fatâwâ menyatakan bahwa tasawuf pertama kali muncul di Basrah.

Ihsan Ilahi Zhahir, tokoh Wahabi di Lahore, Pakistan, yang sangat benci terhadap tasawuf, dalam bukunya, at-Tashawwuf: al-Mansya’ wal–Mashâdiq, banyak menyebutkan pengaruh timbal balik antara Syiah dan tasawuf –menurut asumsinya. Bahkan, dengan tanpa risih ia mendukung pernyataan orang-orang Orientalis Barat bahwa paham tasawuf lahir dari ramuan paham keagamaan Yahudi, Majusi, Nasrani, Budha, Hindu dan filsafat Yunani.

Dalam bukunya itu, secara tersirat Zhahir juga menyatakan bahwa keputusan Ibrahim bin Adham meninggalkan istana untuk menempuh pengembaraan tasawufnya terpengaruh oleh apa yang dilakukan oleh Budha. Menyatakan bahwa Ibrahim bin Adham terpengaruh oleh Budha karena sama-sama meninggalkan istana, sama halnya dengan menyatakan bahwa Islam terpengaruh oleh filsafat Aristoteles karena sama-sama menyatakan bahwa Tuhan itu satu.

Dalam hal ini kalangan Wahabi rupanya banyak meniru cara pandang Orientalis dalam mengamati dan menilai tasawuf. Hanya karena adanya satu titik kesamaan dari seribu titik yang berbeda antara satu kelompok dengan kelompok lain, mereka sudah berani menyimpulkan bahwa kelompok yang satu terpengaruh atau terlahir dari kelompok yang lain, tanpa dilandasi oleh data-data sejarah sedikitpun. Ini tentu merupakan kesalahan berpikir yang parah.

Previous Post

Hukum Membaca Yasin Fadhilah

Next Post

Meluruskan Paradigma Wasiat Nabi

Redaksi

Redaksi

Annajahsidogiri.id merupakan website Annajah Center Sidogiri (ACS), yang memegang teguh prinsip moderat dalam segala hal, sesuai dengan konsep Ahlusunnah Waljamaah.

Next Post
Meluruskan Paradigma Wasiat Nabi

Meluruskan Paradigma Wasiat Nabi

Comments 0

  1. Ping-balik: SYEKH IHSAN JAMPES; AL-GHAZALI KECIL NUSANTARA - Sidogiri Media Online

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Publikasi
  • Resensi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh
  • Wahabi
  • Wawancara

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
    • Resensi
    • Tokoh
    • Wawancara
  • Video

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.