https://volunteer.arabrcrc.org/
https://ejournal.itn.ac.id/
https://baa.uwp.ac.id/
https://data.waykanankab.go.id/
https://journals.mocu.ac.tz/
https://doctorphys.sci.unhas.ac.id/
https://eprosiding.ars.ac.id/
https://lms.ikippgribojonegoro.ac.id/
https://ict.uwp.ac.id/
https://baak.stkipkusumanegara.ac.id/
https://jurnal.binamandiri.ac.id/
Allah Berada di Atas? (#3) - AnnajahSidogiri.id
AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Senin, Juni 30, 2025
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual
    Imam Asyari Merintis Akidah Baru (?)

    Imam Asyari Merintis Akidah Baru (?)

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

  • Aswaja
    Sikap Aswaja Terhadap Tradisi Masyarakat

    Sikap Aswaja Terhadap Tradisi Masyarakat

     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

  • Wahabi
    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

  • Liberal
    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

    • Wawancara
  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
    Imam Asyari Merintis Akidah Baru (?)

    Imam Asyari Merintis Akidah Baru (?)

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

  • Aswaja
    Sikap Aswaja Terhadap Tradisi Masyarakat

    Sikap Aswaja Terhadap Tradisi Masyarakat

     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

  • Wahabi
    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

  • Liberal
    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

    • Wawancara
  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
  • Video

Allah Berada di Atas? (#3)

Ahmad kholil by Ahmad kholil
27 September 2023
in Wahabi
Reading Time: 5 mins read
A A
0
Allah Berada di Atas? (#3)
171
SHARES
2.1k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram

Menjawab Syubhat Hadis Jariyah

Perihal status riwayat hadis jariyah, menilik pada satu persatu sanad riwayat bisa dikatakan hampir semua jalur riwayat adalah sahih atau hasan. Hadis jariyah pun banyak tercantum dalam kitab hadis seperti Sahîh-Muslim, al-Muwattha’ dengan sanad yang ‘alî (sanad yang dekat dengan Rasulullah ﷺ) dan kitab-kitab lainnya. Para ulama seperti Ibnu Katsir dalam kitab tafsirnya (hlm. 374) atau al-Hafiz Nuruddin al-Haitsami dalam Kitab Majmâ‘ az-Zawâ’id (23/1) memberikan status sahih pada hadis jariyah.[1]

Namun, sebagaimana penjelasan kami sebelumnya; Allah berada di atas (#2). Bahwa redaksi matan hadis jariyah berbeda-beda dan malah saling tubruk. Ada yang menggunakan lafaz “Dimana Allah?”, lafaz syahadat, dan lain-lain. Perbedaan seperti ini tenyata bisa membuat hadis yang bersangkutan berubah status menjadi hadis muđṭarib. Sedangkan hadis muđṭarib karena tidak đabiṭ-nya, rawi yang mendorong hadis menjadi daif (lemah), sebagaimana keterangan Dr. Mahmud at-Tahan dan al-Hafiz Ibnu Daqiq.

الْمُضْطَرِبُ وَهُوَ مَا رُوِيَ مِنْ وُجُوْهٍ مُخْتَلفَةٍ وَهُوَ أَحَدُ أَسْبَابِ التَّعْلِيْلِ عِنْدَهُمْ وَمُوْجِبَاتِ الضَّعْفِ لِلْحَدِيْثِ

“Hadis muđṭarib adalah hadis yang diriwayatkan dari jalur-jalur yang berbeda, muđṭarib adalah salah satu penyebab taʹlil (pencacatan) menurut ulama dan juga faktor status daif pada hadis[2].”

 يَنْقَسِمُ الْمُضْطَرِبُ بِحَسبِ مَوَاقِعِ الِاضْطِرَابِ فِيهِ قِسْمَيْنِ مُضْطَرِبُ السَّنَدِ وَمُضْطَرِبُ الْمَتْنِ

“Meninjau faktor penyebabnya, hadis muđṭarib terbagi menjadi dua kategori yaitu muđṭarib pada rantai sanad dan muđṭarib pada redaksi teks hadis.[3]”

أَمَّا إِذَا تَرَجَّحَتْ اِحْدَى الرِّوَايَاتِ عَلَى الْأُخْرَى أَوْ أَمْكَنَ الْجَمْعُ بَيْنَهُمَا بِشَكْلٍ مَقْبُولٍ فَإِنَّ صِفَةَ الْإِضْطِرَابِ تَزُولُ عَنْ الْحَدِيثِ وَنَعْمَلُ بِالرِّوَايَاتِ الرَّاجِحَةِ فِي حَالَةِ التَّرْجِيحِ أَوْ نَعْمَلُ بِجَمِيعِ الرِّوَايَةِ فِي حَالَةِ إِمْكَانِ الْجَمْعِ بَيْنَهُمَا

“Adapun jika salah satu riwayat unggul dari yang lain atau memungkinkan untuk disatukan melalui praktek yang bisa diterima maka status muđṭarib bisa hilang dari hadis itu dan kita mengamalkan riwayat yang lebih unggul jika dalam konteks melalui proses pen-tarjih-an, atau semua riwayat bisa diamalkan jika kedua riwayat bisa disatukan.[4]”

Adapun dalam kajian kita sebelumnya, telah disebutkan bahwa redaksi hadis jariyah yang berbeda-beda sudah bisa dianggap memenuhi kategori hadis muđṭarib yang menjadi faktor kedaifan. Sedangkan, hadis muđṭarib untuk bisa diamalkan harus ada pendorong (tarjîhatul-muʹtamadah) lain yang bisa mengunggulkan salah satu riwayat hadis, sebagaimana keterangan Dr. Mahmud at-Tahan di atas.

Dalam hal ini akan kami paparkan beberapa tarjih yang bisa membuat salah satu riwayat hadis jariyah bisa diamalkan.

عَنِ الشَّرِيدِ قَالَ أَتَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقُلْتُ إِنَّ عَلَى أُمِّي رَقَبَةً وَإِنَّ عِنْدِي جَارِيَةً سَوْدَاءَ نُوبِيَّةً أَفَتُجْزِئُ عَنْهَا قَالَ ادْعُ بِهَا فَقَالَ أَتَشْهَدِينَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ قَالَتْ نَعَمْ قَالَ أَعْتِقْهَا فَإِنَّهَا مُؤْمِنَةٌ

“Dari ash-Sharid, dia berkata: ‘Saya mendatangi Nabi ﷺ, dan aku berkata: ‘Ibuku mempunyai tanggungan membebaskan budak, sedangkan aku mempunyai seorang budak perempuan Nubia yang berkulit hitam. Apakah ia cukup?” Nabi bersabda, “Panggillah dia! Lalu beliau bersabda, “Apakah kamu bersaksi bahwa tiada tuhan selain Allah?” Wanita itu menjawab, “Ya.” Beliau menjawab, “Bebaskan dia! Karena dia adalah seorang yang beriman.”

عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ رَجُلًا أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  فَقَالَ إِنَّ عَلَيَّ رَقَبَةً وَعِنْدِي جَارِيَةٌ سَوْدَاءُ أَعْجَمِيَّةٌ فَقَالَ ائْتِنِي بِهَا فَقَالَ أَتَشْهَدِينَ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ؟ قَالَتْ نَعَمْ قَالَ أَتَشْهَدِينَ أَنِّي رَسُولُ اللَّهِ قَالَتْ نَعَمْ قال فَأَعْتِقْهَا

“Dari Ibnu Abbas, bahwa seorang laki-laki mendatangi Nabi ﷺ dan berkata: ‘Saya memiliki tanggungan budak dan saya memiliki budak ajam berkulit hitam.’ Nabi bersabda, ‘Bawalah dia kepadaku!’ Nabi bersabda, ‘Apakah kamu bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah?” Dia berkata, ‘ya.’ Beliau bertanya, ‘Apakah kamu bersaksi bahwa aku adalah Utusan Allah?’ Dia berkata, ‘ya’. Nabi berkata: ‘bebaskan dia’.”

عَنِ الشَّرِيدِ أَنَّ أُمَّهُ أَوْصَتْ أَنْ يُعْتِقَ عَنْهَا رَقَبَةً مُؤْمِنَةً فَسَأَلَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ عِنْدِي جَارِيَةٌ سَوْدَاءُ أَوْ نُوبِيَّةٌ فَأَعْتَقَهَا فَقَالَ ائْتِ بِهَا فَدَعَوْتُهَا فَجَاءَتْ فَقَالَ لَهَا مِنْ رَبِّكَ قَالَتْ اللَّهُ قَالَ مَنْ أَنَا فَقَالَتْ أَنْتَ رَسُولُ اللَّهِ قَالَ أَعْتِقْهَا فَإِنَّهَا مُؤْمِنَةٌ

“Dari Syarid bahwa ibunya berwasiat membebaskan budak wanita mukmin untuk si ibu, lalu ia bertanya kepada Rasulullah ﷺ tentang hal itu. Ia berkata: ‘Aku memiliki budak wanita yang berkulit hitam atau nubiyah, apa aku bebaskan dia?’ Rasulullah ﷺ bersabda, ‘Datangkan dia!’ Lalu aku memanggilnya, ia pun datang. Nabi menanyainya, “Siapa tuhanmu?’ Ia menjawab, ‘Allah.’ Beliau menanyainya lagi, ‘Siapakah aku?’ Ia menjawab, ‘Anda adalah utusan Allah’ Nabi bersabda, ‘Bebaskan dia, dia seorang mukmin’.”

Dari hadis-hadis diatas bisa kita dapati, bahwa hadis dengan redaksi أَتَشْهَدِينَ sudah bisa terkeluarkan dari kategori  muđṭarib sesuai argumentasi di muka, disebabkan banyak nya pendorong dari hadis kasus lain yang searti dengan redaksi أَتَشْهَدِينَ.  Adapun hadis jariyah dengan redaksi أين الله   adalah daif karena masih berstatus muđtarib sedangkan hadis daif tidak bisa diamalkan dalam ranah iʹtiqad (keyakinan) seperti halnya kajian keberadaan Allah.

Menurut Dr. Umar Abdullah Kamil, riwayat yang diredaksikan dengan lafaz أَتَشْهَدِينَ adalah riwayat yang lebih unggul dari redaksiأين الله, sebab alasan bahwa kesaksian untuk berlakunya hukum Islam pada seseorang adalah dengan pelafazan syahadat atau pengakuan bahwa tuhan yang ia sembah adalah Allah, bukan tentang keberadaan Allah. Di sisi lain, kita juga harus mengamalkan riwayat yang unggul jika dalil berstatus muđṭarib[5].

Ahmad Kholil | Annajahsidogiri.id


[1] Dr. Umar Abdillah Kamil, Al-Inshâf fî mâ Utsîra haulahul-Khilâf (hlm. 343)

[2] Al-Hafiz Ibnu Daqiq, al-Iqtirah fî Bayânil-Isthilâh, (hlm. 22)

[3] Dr. Mahmud at-Tahan, Taysir Muṣţalahul-Hadîs, (hlm. 113)

[4] ibid, (hlm. 112-113)

[5] DR. Umar Abdillah Kamil, Al-Insaf fima Utsira haulahu al-Khilaf, hlm. 347. Cetakan. Al-Wabil as-ṣayib. 2010

Previous Post

Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#2)

Next Post

Bermaulid tidak Harus di Bulan Maulid

Ahmad kholil

Ahmad kholil

Santri aktif pondok pesantren sidogiri dari banyuwangi, aktivis pengkaji kitab salaf dan redaksi website annajahsidogiri.id

Next Post
Bermaulid tidak Harus di Bulan Maulid

Bermaulid tidak Harus di Bulan Maulid

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Publikasi
  • Resensi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh
  • Wahabi
  • Wawancara

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
    • Resensi
    • Tokoh
    • Wawancara
  • Video

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.