https://international.uki.ac.id/
https://puskesmasnegarabatin.tanggamus.go.id/
https://baa.uwp.ac.id/
https://data.waykanankab.go.id/
https://www.jurnal.ugp.ac.id/
https://bpkad.tangerangselatankota.go.id/
https://geophys.sci.unhas.ac.id/
https://journal.indonesia-orthopaedic.org/
https://fh.uki.ac.id/
https://altair.one/
https://digilib.ars.ac.id/
https://journal.akperbinainsan.ac.id/
https://vokasi.unair.ac.id/berita/
https://eprosiding.ars.ac.id/
https://e-administrasi.fikk.unesa.ac.id/
Dalil Nakal Selamat Natal - AnnajahSidogiri.id
AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Minggu, Juni 8, 2025
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual
    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

  • Aswaja
    ย Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

    ย Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Yaโ€™juj & Maโ€™juj

    Bangsa Perusak: Yaโ€™juj & Maโ€™juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

  • Wahabi
    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafiโ€™i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafiโ€™i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Firโ€™aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Firโ€™aun

    Hukum Mengucapkan โ€œApa Kata yang di Atasโ€

    Hukum Mengucapkan โ€œApa Kata yang di Atasโ€

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

  • Liberal
    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUTโ€™AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUTโ€™AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      ย Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      ย Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismรขโ€˜รฎl Al-kรปrรขni

      Syekh Ahmad bin Ismรขโ€˜รฎl Al-kรปrรขni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hรขmid bin Muhammad Alรฎ Quds

      Al-Imam Ibnu โ€˜Ajibah

      Al-Imam Ibnu โ€˜Ajibah

    • Wawancara
  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

  • Aswaja
    ย Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

    ย Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Yaโ€™juj & Maโ€™juj

    Bangsa Perusak: Yaโ€™juj & Maโ€™juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

  • Wahabi
    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafiโ€™i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafiโ€™i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Firโ€™aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Firโ€™aun

    Hukum Mengucapkan โ€œApa Kata yang di Atasโ€

    Hukum Mengucapkan โ€œApa Kata yang di Atasโ€

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

  • Liberal
    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUTโ€™AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUTโ€™AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      ย Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      ย Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismรขโ€˜รฎl Al-kรปrรขni

      Syekh Ahmad bin Ismรขโ€˜รฎl Al-kรปrรขni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hรขmid bin Muhammad Alรฎ Quds

      Al-Imam Ibnu โ€˜Ajibah

      Al-Imam Ibnu โ€˜Ajibah

    • Wawancara
  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
  • Video

Dalil Nakal Selamat Natal

Muhammad ibnu Romli by Muhammad ibnu Romli
25 Desember 2021
in Aktual, Aswaja
Reading Time: 6 mins read
A A
0
selamat natal
204
SHARES
2.6k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram

Menyoal Tantangan Abu Janda Perihal Hukum Selamat Natal

Seminggu yang lalu, sempat ada video IG singkat dari Abu Janda. Video itu berisi tantangan Abu Janda kepada siapa pun yang berhasil menampilkan dalil al-Quran dan hadis yang mengarah kepada keharaman mengucapkan selamat hari natal. Anehnya, lima hari yang lalu, Abu Janda malah merasa menang, seraya memposting berikut ini:

โ€œClear ya! 1 hari saya tungguin, tidak ada yang bisa tunjukan ayat Al-Quran atau Hadits nabi yang melarang mengucapkan selamat Natal ๐Ÿ˜Š argumen yang diberikan semua DALIL COCOKLOGI dicocok cocokan dipas paskan menyesuaikan NAFSU yang menafsirkan.. semuanya dapat dipatahkan mudah pakai logika.

Maaf saya nulis panjang dikit ๐Ÿ™ karena saya perlu luruskan kesesatan logika dalil asal asalan, agar bisa mengedukasi..

โ€œโŒ DALIL COCOKLOGI 1: akun farezazra_ kasih argumen: Hamba2 Allah yang maha kasih sayang, yaitu orang yang tak mau MENGHADIRI atau menyaksikan UPACARA agama kaum musyrik (Az-zuur). Jika lewat TEMPAT yang sedang digunakan upacara agama, segera lah berlalu dengan sikap baik (QS Al Furqon, 72).

โ˜‘๏ธ dalil Ini jelas urusan HADIR DI UPACARA, jelas BEDA dengan mengucapkan selamat. dalil asal asalan COCOKLOGI NGAWUR ๐Ÿ˜ƒ

โŒ DALIL COCOKLOGI 2: adalagi yang pakai argumen Hadits Rosulullah SAW bersabda:

ู„ุงูŽ ุชูŽุจู’ุฏูŽุกููˆุง ุงู„ู’ูŠูŽู‡ููˆุฏูŽ ูˆูŽู„ุงูŽ ุงู„ู†ูŽู‘ุตูŽุงุฑูŽู‰ ุจูุงู„ุณูŽู‘ู„ุงูŽู…ู

“Janganlah kalian mendahului Yahudi dan Nashara dalam salam.” (HR. Muslim no. 2167)

โŒ DALIL COCOKLOGI 3: ini salah satu argumen paling CACAD ๐Ÿ˜ƒ : barangsiapa menyerupai satu kaum termasuk bagian dari kaum

โ˜‘๏ธ mengucapkan “selamat” cuma bentuk Adab Santun Tata Krama. TIDAK berarti kita menyetujui/mengakui, TIDAK JUGA berarti kita ikut meyakini. kalo ngucapin selamat dianggap pindah agama itu OTAKNYA GOBLOG! ๐Ÿคฃ

โŒ DALIL COCOKLOGI 4: (Allah) tidak beranak dan tidak pula diperanakkan (QS. Al-Ikhlas, 3). adalagi argumen TOLOL kalo kita ngasih selamat Natal sama saja kita setuju Allah punya anak ๐Ÿ˜ƒ

โ˜‘๏ธ mengucapkan “selamat merayakan” artinya ya SELAMAT MERAYAKAN SAJA! TIDAK berarti kita menyetujui/mengakui, TIDAK JUGA berarti kita ikut meyakini.

KESIMPULAN: ISLAM TIDAK MELARANG mengucapkan selamat Natal. yang melarang itu manusia yang menafsirkan dalil pakai nafsu, bukan agamanya.

jelas ya? ๐Ÿ˜Šโ€

Dari postingan tersebut, ada beberapa hal yang perlu digarisbawahi:

Pertama, kaidah dasarnya, bila seseorang ingin menghukumi sesuatu, maka orang itulah yang harus menampilkan dalilnya. Dalam kaidah dasar kajian ilmiah adalah:

ุงูู†ู’ ูƒูู†ู’ุชูŽ ู†ูŽุงู‚ูู„ุงู‹ ููŽุงู„ุตู‘ูุญู‘ูŽุฉู ุงูŽูˆู’ ู…ูุฏู‘ูŽุนููŠุงู‹ ููŽุงู„ุฏู‘ูŽู„ููŠู’ู„ู

โ€œApabila engkau menukil, pastikan tukilannya sahih. Bila mengklaim, sertakan dalil.โ€

Hal ini bertolak-belakang dengan Abu Janda yang malah menyimpulkan bahwa Islam tidak melarang mengucapkan โ€œSelamat Natalโ€. Ia jelas tidak berlandaskan apa pun. Alih-alih merasa menang, pada taraf dasar standar ilmiah, sama-sekali tidak masuk. Serta tantangan tersebut, seharusnya tidak menelurkan sebuah kesimpulan. Bila menganggap tantangan tersebut sebuah dalil, maka masuk kategori dalil nakal.

Kedua, Abu Janda melakukan tantangan langsung menampilkan dalil al-Quran dan hadis. Hal ini bertolak-belakang dengan falsafah Aswaja sendiri. Pandangan Aswaja mengenai hukum syariat, haruslah meniscayakan pandangan ulama dan penafsiran ulama. Bukan malah menuduh ulama menafsirkan dalil pakai nafsu, sebagaimana yang diucapkan Abu Janda. Dalam kitab Imtรขโ€™ul-Asmรขโ€™ bimรข lin-Nabรฎ minal-Ahwรขl wal-Amwรขl wal-Hafadah wal-Amwal (14/ 449) disebutkan dengan jelas mengenai posisi ulama dan syariat. Lebih jelasnya, sebagaimana berikut:

 ู‚ูŽูˆู’ู„ูู‡ู ุตูŽู„ู‘ูŽู‰ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ู‘ูŽู…ูŽ : ุฅูุฐูŽุง ุงุฌู’ุชูŽู‡ูŽุฏูŽ ุงู„ู’ุญูŽุงูƒูู…ู ููŽุฃูŽุตูŽุงุจูŽ ููŽู„ูŽู‡ู ุฃูŽุฌู’ุฑูŽุงู†ู ูˆูŽุฅูุฐูŽุง ุงุฌู’ุชูŽู‡ูŽุฏูŽ ููŽุฃูŽุฎู’ุทูŽุฃูŽ ููŽู„ูŽู‡ู ุฃูŽุฌู’ุฑูŒ ูˆูŽุงุญูุฏูุŒ ุฏูŽู„ููŠู’ู„ูŒ ุนูŽู„ูŽู‰ ุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ูˆูŽูƒู‘ูŽู„ูŽ ุจูŽูŠูŽุงู†ูŽ ุจูŽุนู’ุถู ุงู„ู’ุฃูŽุญู’ูƒูŽุงู…ู ุฅูู„ูŽู‰ ุงุฌู’ุชูู‡ูŽุงุฏู ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุญู’ุฑูŽุฒูŽ ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽุตูŽุงุจูŽ ู…ู’ู†ู’ู‡ูู…ู ุงู„ู’ุฃูŽุฌู’ุฑูŽูŠู’ู†ู ุงู„ู’ู…ูŽูˆู’ุนููˆู’ุฏููŠู’ู†ูŽ: ุฃูŽุญูŽุฏูู‡ูู…ูŽุง ุจูุงู„ู’ุงูุฌู’ุชูู‡ูŽุงุฏู ูˆูŽุงู„ู’ุขูŽุฎูŽุฑู ุจูุฅูุตูŽุงุจูŽุฉู ุงู„ู’ุนูŽูŠู’ู†ู ุจูู…ูŽุง ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ูŽุง ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฏู‘ูู„ูŽุงู„ูŽุฉู ูููŠู’ ุงู„ู’ูƒูุชูŽุงุจู ูˆูŽุงู„ุณู‘ูู†ู‘ูŽุฉู ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู‡ู ุฃูŽุญู’ุฑูŽุฒูŽ ู…ูŽู†ู’ ุงุฌู’ุชูŽู‡ูŽุฏูŽ ููŽุฃู’ุฎูŽุทูŽุฃูŽ ุฃูŽุฌู’ุฑุงู‹ ูˆูŽุงุญูุฏุงู‹ ุจูุงุฌู’ุชูู‡ูŽุงุฏูู‡ู ูˆูŽุฑูŽููŽุนูŽ ุฅูุซู’ู…ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽุทูŽุฃู ุนูŽู†ู’ู‡ู ูˆูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ูููŠู’ ุฃูŽุญู’ูƒูŽุงู…ู ุงู„ุดู‘ูŽุฑููŠู’ุนูŽุฉู ุงู„ู‘ูŽุชููŠู’ ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽุฃู’ุชู ุจูŽูŠูŽุงู†ูู‡ูŽุง ู†ูŽุตู‘ู‹ุง ูˆูŽุฅูู†ู‘ูŽู…ูŽุงูˆูŽุฑูŽุฏูŽ ุฎูŽูููŠู‘ูŽุง. ููŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ู…ูŽุณูŽุงุฆูู„ู ุงู„ู’ุฃูุตููˆู’ู„ู ููŽู‚ูŽุฏู’ ูˆูŽุฑูŽุฏูŽ ุจูŽูŠูŽุงู†ูู‡ูŽุง ุฌูŽู„ููŠู‘ู‹ุง

โ€œSabda nabi yang berbunyi: bila hakim berijtihad dan ijtihadnya bernar, maka ia mendapatkan dua pahala, bila ijtihadnya salah maka mendapatkan satu pahala. Hadis ini menjadi dalil bahwa para nabi mewakilkan penjelasan sebagian hukum kepada ijtihad ulama. Ulama yang benar ijtihadnya memperoleh dua pahala. Pertama, pahala ijtihad. Kedua, karena perkara tersebut cocok dengan al-Quran dan sunah. Ulama yang ijtihadnya salah, mendapatkan satu pahala, lantaran ia berijtihad. Sedangkan kesalahannya tidak mendapatkan dosa. Hal tersebut terjadi dalam hukum syariat yang tidak ada nash yang menjelaskannya, hanya saja warid secara samar. Adapun masalah usul, penjelasannya sudah warid secara terang.โ€

Dari penjelasan di sana, ulama mengambil peran besar dalam menjelaskan apa-apa yang ada di al-Quran dan hadis. Karena ulama telah diwakilkan untuk menyampaikan hukum yang belum jelas keterangannya di dalam al-Quran.

Ketiga, ulama yang mengharamkan tahniโ€™ah bi-aโ€™yรขdil-kuffรขr memiliki alasan yang kuat, yang jelas berangkatnya dari dalil, bukan dari tantangan. Pertimbangan ulama antara lain:

Secara besar tahniโ€™ah merupakan ungkapan suka cita terhadap kebaikan, berbeda dengan takziah yang merupakan ungkapan duka cita terhadap musibah. Nah, jika kita mengucapkan selamat kepada perayaan natal, yang jelas mungkar, itu sama-saja dengan bersuka-cita dengan kemungkaran.

Analoginya, semisal ada orang mengkonsumsi minuman keras, kita mengatakan, โ€œSelamat, ya, atas keberhasilan kamu mengonsumsi minuman kerasโ€. Itu janggal banget. Selaras dengan itu dalam Ahkรขmu Ahlidz-Dzimmah (II/400) dijelaskan:

ูˆูŽุฃูŽู…ู‘ูŽุง ุงู„ุชู‘ูŽู‡ู’ู†ูุฆูŽุฉู ุจูุดูŽุนูŽุงุฆูุฑู ุงู„ู’ูƒููู’ุฑู ุงู„ู’ู…ูุฎู’ุชูŽุตู‘ูŽุฉู ุจูู‡ู ููŽุญูŽุฑูŽุงู…ูŒ ุจูุงู„ู’ุงูุชู‘ูŽููŽุงู‚ูุŒ ู…ูุซู’ู„ู ุฃูŽู†ู’ ูŠูู‡ูŽู†ู‘ูุฆูŽู‡ูู…ู’ ุจูุฃูŽุนู’ูŠูŽุงุฏูู‡ูู…ู’ ูˆูŽุตูŽูˆู’ู…ูู‡ู’ู…ู’ุŒ ููŽูŠูŽู‚ููˆู’ู„ู: ุนูŽูŠู’ุฏูŒ ู…ูุจูŽุงุฑูŽูƒูŒ ุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูŽุŒ ุฃูŽูˆู’ ุชูŽู‡ู’ู†ูŽุฃู ุจูู‡ูŽุฐูŽุง ุงู„ู’ุนููŠู’ุฏู ูˆูŽู†ูŽุญู’ูˆูŽู‡ูุŒ ููŽู‡ูŽุฐูŽุง ุฅูู†ู’ ุณูŽู„ูู…ูŽ ู‚ูŽุงุฆูู„ูู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ูƒููู’ุฑู ููŽู‡ููˆูŽ ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ู…ูุญูŽุฑู‘ูŽู…ูŽุงุชู ูˆูŽู‡ููˆูŽ ุจูู…ูŽู†ู’ุฒูู„ูŽุฉู ุฃูŽู†ู’ ูŠูู‡ูŽู†ู‘ูุฆูŽู‡ู ุจูุณูุฌููˆู’ุฏูู‡ู ู„ูู„ุตู‘ูŽู„ููŠู’ุจู ุจูŽู„ู’ ุฐูŽู„ููƒูŽ ุฃูŽุนู’ุธูŽู…ู ุฅูุซู’ู…ุงู‹ ุนูู†ู’ุฏูŽ ุงู„ู„ู‘ูŽู‡ูุŒ ูˆูŽุฃูŽุดู’ุฏู ู…ูŽู‚ู’ุชุงู‹ ู…ูู†ูŽ ุงู„ุชู‘ูŽู‡ู’ู†ูุฆูŽุฉู ุจูุดูุฑู’ุจู ุงู„ู’ุฎูŽู…ู’ุฑู ูˆูŽู‚ูŽุชู’ู„ู ุงู„ู†ู‘ูŽูู’ุณู ูˆูŽุงุฑู’ุชููƒูŽุงุจู ุงู„ู’ููŽุฑู’ุฌู ุงู„ู’ุญูŽุฑูŽุงู…ู ูˆูŽู†ูŽุญู’ูˆูู‡ู

โ€œUngkapan suka cita terhadap syiar yang khusus kepada orang kafir, itu haram secara ittifaq ulama. Seperti, ungkapan selamat terhadap hari raya orang kafir dan puasanya. Sepertu ucapan, โ€˜Hari raya yang berkah untukmuโ€™, โ€˜Selamat dengan hari raya ini,โ€™ dan ungkapan sesamanya. Ungkapan semacam ini, bila pengucapnya selamat dari kekafiran, maka tergolong perkara haram. Hal itu sama halnya, ungkapan selamat terhadap orang yang sujud ke salib, bahkan dosa tersebut lebih parah di sisi Allah, dan lebih dibenci dari pada ungkapan suka cita terhadap peminum khamr, pembunuh, pelacur, dan sesamanya.โ€

Selain karena ada unsur suka cita terhadap maksiat, terdapat unsur memuliakan terhadap hari yang menjadi syiar orang kafir. Imam Ibnu Hajar dalam Fathul-Bรขrรฎ (II/13) mengutip pandangan Imam an-Nasafi al-Hanafi, yang berbunyi:

ู…ูŽู†ู’ ุฃูŽู‡ู’ุฏูŽู‰ ูููŠู’ู‡ู ุจููŠู’ุถูŽุฉู‹ ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูุดู’ุฑููƒู ุชูŽุนู’ุธููŠู’ู…ุงู‹ ู„ูู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ู ููŽู‚ูŽุฏู’ ูƒูŽููŽุฑูŽ ุจูุงู„ู„ู‘ูŽู‡ู ุชูŽุนูŽุงู„ูŽู‰

โ€œBarang siapa yang memberi hadiah telur kepada orang musyrik, lantaran memuliakan terhadap hari (raya orang kafir) maka orang itu telah kafir.โ€

Pendapat semacam ini berangkat dari hadis Nabi Muhammad yang berbunyi:

ุนูŽู†ู’ ุฃูŽู†ูŽุณู ู‚ูŽุงู„ูŽ ู‚ูŽุฏูู…ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุงู„ู’ู…ูŽุฏููŠู†ูŽุฉูŽ ูˆูŽู„ูŽู‡ูู…ู’ ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุงู†ู ูŠูŽู„ู’ุนูŽุจููˆู†ูŽ ูููŠู‡ูู…ูŽุง ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ู…ูŽุง ู‡ูŽุฐูŽุงู†ู ุงู„ู’ูŠูŽูˆู’ู…ูŽุงู†ู ู‚ูŽุงู„ููˆุง ูƒูู†ูŽู‘ุง ู†ูŽู„ู’ุนูŽุจู ูููŠู‡ูู…ูŽุง ูููŠ ุงู„ู’ุฌูŽุงู‡ูู„ููŠูŽู‘ุฉู ููŽู‚ูŽุงู„ูŽ ุฑูŽุณููˆู„ู ุงู„ู„ู‡ู ุตูŽู„ูŽู‘ู‰ ุงู„ู„ู‡ู ุนูŽู„ูŽูŠู’ู‡ู ูˆูŽุณูŽู„ูŽู‘ู…ูŽ ุฅูู†ูŽู‘ ุงู„ู„ู‡ูŽ ู‚ูŽุฏู’ ุฃูŽุจู’ุฏูŽู„ูŽูƒูู…ู’ ุจูู‡ูู…ูŽุง ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ู‡ูู…ูŽุง ูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู’ู„ุฃูŽุถู’ุญูŽู‰ ูˆูŽูŠูŽูˆู’ู…ูŽ ุงู„ู’ููุทู’ุฑู. ุฑูˆุงู‡ ุฃุจูˆ ุฏุงูˆุฏ ูˆุงู„ู†ุณุงุฆูŠ

โ€œDiriwayatkan dari Anas Ibnu Malik ia berkata: Rasulullah tiba di Madinah (dan beliau melihat) mereka mempunyai dua macam hari yang mereka meriahkan dengan permainan. Beliau bertanya: Hari apa ini? Mereka menjawab: Di zaman Jahiliyah kami memeriahkannya dengan permainan. Lalu Rasulullah bersabda: Sesungguhnya Allah telah mengganti kedua hari ini untuk kamu dengan yang lebih baik, yaitu Idul Adlha dan Idul Fitri.โ€

(HR. Abu Dawud dan an-Nasaโ€™i)

Selain itu, ulama mempertimbangkan konsep tasyabuh dengan orang kafir. Namun, ini tentu tidak sesuai dengan logika cacat Abu Janda yang menyebutkan, โ€œkalo ngucapin selamat dianggap pindah agama itu otaknya goblog!โ€ Tentu konsep tasyabuh tidak semacam itu.

Setidaknya ada tiga konsekuensi dalam tasyabuh. Pertama, apabila melakukannya sampai condong kepada agamanya, maka kafir. Kedua, jika sekadar menyerupai perayaan, asal tidak samapi condong, maka berdosa. Ketiga, bila tidak bermaksud apa-apa, berhukum makruh. Lebih jelasnya, Anda dapat mengecek di Bughyatul-Musytarsyidรฎn (I/528)

ู…ุณุฃู„ุฉ : ูŠ – ุญูŽุงุตูู„ู ู…ูŽุง ุฐูŽูƒูŽุฑูŽู‡ู ุงู„ู’ุนูู„ูŽู…ูŽุงุกู ูููŠู’ ุงู„ุชู‘ูŽุฒูŽูŠู‘ููŠู’ ุจูุฒูŽูŠู‘ู ุงู„ู’ูƒููู‘ูŽุงุฑู ุฃูŽู†ู’ู‡ู ุฅูู…ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุชูŽุฒูŽูŠู‘ูŽุง ุจูุฒูŽูŠู‘ูู‡ูู…ู’ ู…ูŽูŠู’ู„ุงู‹ ุฅูู„ูŽู‰ ุฏููŠู’ู†ูู‡ูู…ู’ ูˆูŽู‚ูŽุงุตูุฏุงู‹ ุงู„ุชู‘ูŽุดูŽุจู‘ูู‡ูŽ ุจูู‡ู’ู…ู ูููŠู’ ุดูŽุนูŽุงุฆูุฑู ุงู„ู’ูƒููู’ุฑู ุŒ ุฃูŽูˆู’ ูŠูŽู…ู’ุดููŠู’ ู…ูŽุนูŽู‡ูู…ู’ ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูุชูŽุนูŽุจู‘ูŽุฏูŽุงุชูู‡ู’ู…ู’ ููŽูŠูŽูƒู’ููุฑู ุจูุฐูŽู„ููƒูŽ ูููŠู’ู‡ูู…ูŽุงุŒ ูˆูŽุฅูู…ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ู„ุงูŽ ูŠูŽู‚ู’ุตูุฏูŽ ูƒูŽุฐูŽู„ููƒูŽ ุจูŽู„ู’ ูŠูŽู‚ู’ุตูุฏูŽ ุงู„ุชู‘ูŽุดูŽุจู‘ูู‡ูŽ ุจูู‡ู’ู…ู’ ูููŠู’ ุดูŽุนูŽุงุฆูุฑู ุงู„ู’ุนููŠู’ุฏู ุฃูŽูˆู’ ุงู„ุชู‘ูŽูˆูŽุตู‘ูู„ูŽ ุฅูู„ูŽู‰ ู…ูุนูŽุงู…ูŽู„ูŽุฉู ุฌูŽุงุฆูุฒูŽุฉู ู…ูŽุนูŽู‡ูู…ู’ ููŽูŠูŽุฃู’ุซูŽู…ู ูˆูŽุฅูู…ู‘ูŽุง ุฃูŽู†ู’ ูŠูŽุชู‘ูŽููู‚ูŽ ู„ูŽู‡ู ู…ูู†ู’ ุบูŽูŠู’ุฑู ู‚ูŽุตู’ุฏู ููŽูŠูŽูƒู’ุฑูŽู‡ู ูƒูŽุดูŽุฏู‘ู ุงู„ุฑู‘ูุฏูŽุงุกู ูููŠู’ ุงู„ุตู‘ูŽู„ุงูŽุฉู

โ€œAlhasil dari penuturan para ulama perihal berhias dengan atribut orang kafir, adakala berhiasnya karena condong kepada agamanya, dan menyerupai syiar kekafiran atau berjalan bersama mereka, maka status orang tersebut kafir. Adakala dia tidak bermaksud demikian, hanya saja ia bermaksud menyerupai perayaan atau menyampaikan kepada interaksi yang diperbolehkan, maka status orang tersebut berdosa. Atau hanya ketepatan saja, alias tidak bermaksud apa-apa, maka hal tersebut makruh, seperti kasus menarik jubah dalam salat.โ€

Dari penjelasan tersebut, kita tahu bahwa konsep tasyabuh dalam Islam sebenarnya terbagi menjadi tiga. Jadi, bukan malah serta-merta menuduh pindah agama, layaknya yang diungkapkan Abu Janda. Karena dalam tasyabuh dikatakan pindah agama, bila condong kepada kekafiran. Bila tidak, maka haram. Bukan menuduh pindah agama. Bisa juga tidak sampai pada taraf haram, jika tasyabuh-nya hanya ketepatan saja, tanpa ada maksud menyerupai sedikit pun.

Keempat, tidak disebutkan di dalam al-Quran dan hadis secara jelas, bukan berarti tidak memiliki hukum. Apalagi jika malah dikatakan boleh, karena tidak disebutkan secara jelas di dalam nash al-Quran dan hadis. Karena khilafiyah muncul, lantaran tidak ada nash sarih. Jika ada, tentu tidak akan ada khilaf, dan yang menyalahi nash sarih tadi yang tergolong maโ€™lรปm minad-dรฎn bidh-darรปrah, ya, jelas kafir.

Justru karena tidak ada dalil sarih dalam al-Quran dan hadis, di sanalah masih ada peluang khilaf. Khilafiyah yang terjadi, asalkan sama-sama memiliki pijakan yang kuat, maka tidak boleh kita ingkari, lรข yungkaru mukhtalaf fรฎh. Bukan malah menuduh bahwa ulama yang melarang itu manusia yang menafsirkan dalil pakai nafsu, layaknya tuduhan yang dilakukan Abu Janda. Tuduhan semacam itu jelas tuduhan buruk kepada ulama, serta telah mencoreng kemuliaan para ulama.

Muhammad ibnu Romli | AnnajahSidogiri.ID

Previous Post

Buletin Tauiyah 247

Next Post

Kewajiban Bermazhab Bagi Umat

Muhammad ibnu Romli

Muhammad ibnu Romli

Penulis buku Pengantar Memahami Wahdaniyah. Pernah aktif sebagai Pemred Annajahsidogiri.id (2020-2022), Pemred Sidogiri.NET (2018-2019), Ketua Komisi Fatwa ACS (2022) dan Pustakawan Sidogiri (2014-2022).

Next Post
Kewajiban Bermazhab Bagi Umat

Kewajiban Bermazhab Bagi Umat

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Publikasi
  • Resensi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh
  • Wahabi
  • Wawancara

ยฉ 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
    • Resensi
    • Tokoh
    • Wawancara
  • Video

ยฉ 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.