https://geoportal.palembang.go.id/
https://fh.uki.ac.id/
https://lpm.uki.ac.id/
https://doctorphys.sci.unhas.ac.id/"
https://volunteer.arabrcrc.org/
https://bpkad.tangerangselatankota.go.id/
http://eperpus.uhnsugriwa.ac.id/
https://otolojiodyolojikongresi.org/
https://data.waykanankab.go.id/
https://ojs.unud.ac.id/
https://simbiologias.ibb.unesp.br/
https://www.ufrgs.br/feisc/
https://portal.estn.io/
https://chemistry.sci.unhas.ac.id/
Memahami Apa Itu Ilmiah? - AnnajahSidogiri.id
AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Sabtu, Mei 31, 2025
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual
    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

    Buletin Tauiyah 297

    Buletin Tauiyah 297

    Akidah dalam Dinamika: Memahami Perbedaan antara Asy’ariyah dan Maturidiyah

    Akidah dalam Dinamika: Memahami Perbedaan antara Asy’ariyah dan Maturidiyah

  • Aswaja
    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Ahlusunnah wal Jamaah sebagai Manhajul Fikri dalam Islam

    Ahlusunnah wal Jamaah sebagai Manhajul Fikri dalam Islam

    Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ; Rahmatan-Lil ’Alamin

    Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ; Rahmatan-Lil ’Alamin

  • Wahabi
    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

  • Liberal
    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Akidah Islam: Doktrinal atau Ilmiah? (2) 

    Akidah Islam: Doktrinal atau Ilmiah? (2) 

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

    • Wawancara
  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

    Buletin Tauiyah 297

    Buletin Tauiyah 297

    Akidah dalam Dinamika: Memahami Perbedaan antara Asy’ariyah dan Maturidiyah

    Akidah dalam Dinamika: Memahami Perbedaan antara Asy’ariyah dan Maturidiyah

  • Aswaja
    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Ahlusunnah wal Jamaah sebagai Manhajul Fikri dalam Islam

    Ahlusunnah wal Jamaah sebagai Manhajul Fikri dalam Islam

    Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ; Rahmatan-Lil ’Alamin

    Kelahiran Nabi Muhammad ﷺ; Rahmatan-Lil ’Alamin

  • Wahabi
    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

  • Liberal
    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Akidah Islam: Doktrinal atau Ilmiah? (2) 

    Akidah Islam: Doktrinal atau Ilmiah? (2) 

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

    • Wawancara
  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
  • Video

Memahami Apa Itu Ilmiah?

M. Salman Ar-Ridlo by M. Salman Ar-Ridlo
5 Februari 2025
in Liberal
Reading Time: 5 mins read
A A
0
Memahami Apa Itu Ilmiah?
164
SHARES
2.1k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram

Kita semua mengetahui bahwa di setiap jenjang pendidikan, mulai dari tingkat dasar hingga perguruan tinggi, terdapat berbagai pelajaran. Setiap pelajaran dikelompokkan ke dalam bagian-bagian tertentu. Yang kami maksud dengan “bagian” di sini adalah disiplin ilmu atau bidang studi.

Namun, apakah kita memahami apa itu ilmu? Bagaimana suatu pelajaran dapat dikatakan ilmiah? Artikel ini akan mencoba menjawab dua pertanyaan tersebut.

Penulisan artikel ini bermula dari maraknya suara dari beberapa orang berpaham aneh yang menyatakan bahwa agama kita ini hanya doktrin belaka. Mereka mengutarakan bahwa dasar hukum agama Islam tidak valid dan tidak memiliki sandaran sumber yang konkrit. Hal ini terjadi karena perbedaan prespektif setiap mazhab dalam memandang ilmiah akan suatu pengetahuan. Dalam hal ini terdapat tiga mazhab dalam memahami ilmiah, sebagaimana berikut:

  1. Kaum Empiris

Mazhab empiris adalah aliran filsafat yang mengklaim bahwa semua pengetahuan dan ilmu hanya berasal dari pengalaman indrawi. Benda fisik bisa dikatakan ada apabila benda tersebut dapat dipersepsi.

Jika tidak, maka benda itu tidak ada. Hukum sebab akibat yang terjadi berulang kali hanyalah kebiasaan berfikir bukan hubungan nyata yang terverifikasi oleh pengalaman.

Baca juga: Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

Berikut kami kutip sedikit redaksi dari buku David Hume, seorang tokoh penganut mazhab empiris. Dalam bukunya yang berjudul An Enquiry Concerning Human Understanding (1748) ia menjelaskan secara spesifik bahwa ilmu pengetahuan hanya dapat diperoleh dari pengalaman indrawi:

“All the objects of human reason or enquiry may naturally be divided into two kinds, to wit, Relations of Ideas, and Matters of Fact.”

(Semua objek dari nalar atau penyelidikan manusia secara alami dapat dibagi menjadi dua jenis, yaitu Relasi Ide dan Fakta-Fakta.)

Kemudian Ia menjelaskan bahwa pengetahuan dari Matters of Fact (fakta) hanya dapat diperoleh dari pengalaman indrawi.

“Matters of fact are not ascertained in the same manner; nor is our evidence of their truth, however great, of a like nature with the foregoing. The contrary of every matter of fact is still possible; because it can never imply a contradiction, and is conceived by the mind with the same facility and distinctness, as if ever so conformable to reality.”
(Fakta-fakta tidak dapat dipastikan dengan cara yang sama; dan bukti atas kebenarannya, betapapun besar, tidak sejenis dengan yang sebelumnya. Lawan dari setiap fakta tetap memungkinkan; karena hal itu tidak pernah menyiratkan kontradiksi, dan dapat dibayangkan oleh pikiran dengan kemudahan dan kejelasan yang sama seolah-olah fakta itu sesuai dengan realitas.)

Ia menyatakan bahwa semua yang kita ketahui tentang fakta dunia berasal dari pengalaman indrawi. Kita tidak bisa mengasumsikan kebenaran fakta-fakta tanpa dasar pengalaman.

Baca juga: Nabi Ibrahim Enggan Berdoa? – AnnajahSidogiri.id
  1. Kaum Rasionalis

Mazhab rasionalisme adalah aliran filsafat yang mengedepankan bahwa pengetahuan utama diperoleh melalui reason (akal budi). Rasionalisme berpendapat bahwa akal adalah alat utama untuk memperoleh kebenaran. Pengetahuan yang sesungguhnya tidak bergantung pada pengalaman indrawi, karena pengalaman sering kali menipu atau terbatas. Rasionalisme menekankan bahwa ada kebenaran-kebenaran yang bersifat apriori, yaitu kebenaran yang dapat diketahui tanpa memerlukan pengalaman. Contoh kebenaran apriori adalah prinsip matematika, seperti 2 + 2 = 4.

Rasionalisme sangat skeptis terhadap pengalaman indrawi sebagaimana keterangan Descartes dalam bukunya Meditations on First Philosophy (1641), berikut redaksinya:

“I will suppose, then, that everything I see is spurious. I will believe that my memory tells me lies, and that none of the things it reports ever happened. I will suppose that I have no senses and that body, shape, extension, movement, and place are fantasies of my mind. What is there, then, that can be taken as true? Perhaps only this one thing, that nothing at all is certain.”
(“Saya akan menganggap bahwa segala sesuatu yang saya lihat adalah palsu. Saya akan percaya bahwa ingatan saya berbohong kepada saya, dan bahwa tidak ada satu pun hal yang dilaporkannya benar-benar terjadi. Saya akan menganggap bahwa saya tidak memiliki indra, dan bahwa tubuh, bentuk, ekstensi, gerakan, dan tempat hanyalah fantasi pikiran saya. Jadi, apakah ada sesuatu yang dapat dianggap sebagai kebenaran? Mungkin hanya satu hal ini: bahwa tidak ada yang pasti.”).

Rasionalisme memang mengedepankan akal budi untuk menyimpulkan sebuah ilmu. Namun, mereka tidak sepenuhnya menolak pengalaman indrawi, mereka menggunakannya sebagai pengumpul data, tetapi akal adalah sumber utama untuk memahami kebenaran universal. Sebagaimana keterangan Gottfried Wilhelm Leibniz dalam bukunya New Essays on Human Understanding:

“The senses, though necessary for all our actual knowledge, are not sufficient to provide it all; for the senses give us only examples, i.e., particular truths. But particular truths are insufficient to establish necessary truths, which reason does.”
(“Indra, meskipun diperlukan untuk semua pengetahuan aktual kita, tidak cukup untuk memberikannya sepenuhnya; karena indra hanya memberikan contoh, yaitu kebenaran partikular. Namun, kebenaran partikular tidak cukup untuk menetapkan kebenaran yang bersifat niscaya, yang dilakukan oleh akal.”)

  1. Mazhab Islam

Dalam Islam (Mazhab Ahlussunnah wal Jamaah) Ilmu pengetahuan bisa tercapai dengan dua cara dari dua mazhab di atas: panca indra dan akal budi. Akan tetapi, Ahlussunnah menambah satu cara lain yang tidak pernah diterima oleh kaum liberalis yaitu khabar shadiq (berita dari orang yang terpercaya). Ketiga dalil ini semua ada di dalam al-Quran, berikut kami paparkan:

  • Pengalaman indrawi

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ وَاخْتِلَافِ الَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَاٰيٰتٍ لِّاُولِى الْاَلْبَابِۙ

“Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi serta pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal” (Āli ‘Imrān [3]:190)

Dalam ayat ini nampak jelas, bahwa Allah mendorong manusia menggunakan indranya untuk mengamati alam semesta dan memahami tanda-tanda kekuasaan-Nya. Ayat ini juga mengisyaratkan bahwa pengalaman indrawi merupakan langkah awal untuk menggali ilmu dan menggali tanda-tanda kekuasaan Allah.

Baca juga: Hidangan Cinta Maulid Nabi – AnnajahSidogiri.id
  • Akal

يُنْۢبِتُ لَكُمْ بِهِ الزَّرْعَ وَالزَّيْتُوْنَ وَالنَّخِيْلَ وَالْاَعْنَابَ وَمِنْ كُلِّ الثَّمَرٰتِۗ اِنَّ فِيْ ذٰلِكَ لَاٰيَةً لِّقَوْمٍ يَّتَفَكَّرُوْنَ

“Dengan (air hujan) itu Dia menumbuhkan untukmu tumbuh-tumbuhan, zaitun, kurma, anggur, dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berpikir.” (An-Naḥl [16]:11)

Akal adalah alat yang diberikan Allah kepada manusia untuk berfikir. Ayat ini menunjukkan bahwa akal di            perlukan untuk mengolah informasi yang didapat oleh panca indra. Dengan berpikir manusia bisa mendapat kesimpulan logis akan keagungan, keberadaan, dan keesaan Allah.

  • Berita terpercaya (khabar shadiq)

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوْٓا اِنْ جَاۤءَكُمْ فَاسِقٌۢ بِنَبَاٍ فَتَبَيَّنُوْٓا اَنْ تُصِيْبُوْا قَوْمًاۢ بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوْا عَلٰى مَا فَعَلْتُمْ نٰدِمِيْنَ

“Wahai orang-orang yang beriman, jika seorang fasik datang kepadamu membawa berita penting, maka telitilah kebenarannya agar kamu tidak mencelakakan suatu kaum karena ketidaktahuan(-mu) yang berakibat kamu menyesali perbuatanmu itu.” (Al-Ḥujurāt [49]:6)

Imam Fakhruddin ar-Razi dalam tafsir beliau Mafatihul-Ghaib mengatakan bahwa dalam ayat ini terdapat isyarat penerimaan terhadap berita yang dibawa oleh satu orang adil. Karena Allah memerintah untuk melakukan klarifikasi berita apabila si pembawa berita adalah orang fasik. Berikut redaksinya:

الْمَسْأَلَةُ الرَّابِعَةُ: مُتَمَسَّكُ أَصْحَابِنَا فِي أَنَّ خَبَرَ الْوَاحِدِ حُجَّةٌ، وَشَهَادَةَ الْفَاسِقِ لَا تُقْبَلُ، أَمَّا فِي الْمَسْأَلَةِ الْأُولَى فَقَالُوا عَلَّلَ الْأَمْرَ بِالتَّوَقُّفِ بِكَوْنِهِ فَاسِقًا، وَلَوْ كَانَ خَبَرُ الواحد الْعَدْلِ لَا يُقْبَلُ لَمَا كَانَ لِلتَّرْتِيبِ عَلَى الْفَاسِقِ فَائِدَةٌ، وَهُوَ مِنْ بَابِ التَّمَسُّكِ بِالْمَفْهُومِ.

“Masalah keempat: Pendapat para sahabat kami bahwa berita seorang individu (khabar al-wahid) adalah hujah (bukti), dan kesaksian orang fasik tidak diterima. Adapun dalam masalah pertama, mereka menjelaskan alasan penangguhan itu karena orang tersebut adalah fasik, dan jika berita dari seorang yang adil tidak diterima, maka tidak ada manfaatnya untuk memberikan urutan atau prioritas pada orang fasik tersebut. Ini termasuk dalam kategori berpegang pada pemahaman yang tersirat.”

Baca juga: Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah – AnnajahSidogiri.id

Kesimpulan

Dalam memahami arti ilmiah terdapat perbedaan antara beberapa mazhab filsafat dengan epistimologi Islam. Islam mengakui keterlibatan panca indra sebagai alat untuk menerima data yang mana hal ini sesuai dengan prinsip empirisme. Akan tetapi Islam juga menerima pengetahuan dengan olahan rasio terhadap sesuatu yang tidak bisa diketahui dengan panca indra sebagaimana prinsip rasionalisme. Namun, hal yang satu-satunya ada dalam islam dan tidak bisa diterima oleh kaum liberal adalah berita yang dibawa oleh orang terpercaya (khabar shadiq). Dari hal inilah kita menyebutnya dengan iman, sesuatu yang tidak bisa diterima oleh indera dan akal, kita tetap menerimanya melalui proses ini. Sekian wassalam.

Moch. Salman Ar Ridlo| Annajahsidogiri.id

Previous Post

Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

Next Post

Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

M. Salman Ar-Ridlo

M. Salman Ar-Ridlo

Di balik layar teknologi yang terus berkembang, dan kemajuan dunia menulis yang semakin pesat, ada sosok dengan mimpi besar dan tekad kuat. Seorang pecinta game yang tumbuh dalam dunia kode, barisan program komputer, dan artikel ilmiah ini memiliki target pencapaian yang tinggi bahkan setinggi mimpi menjadi "dewa" atau penguasa dunia. Mimpi yang terdengar ambisius, namun menjadi penggerak yang memacu langkahnya setiap hari. Perjalanan kariernya dimulai dari titik nol, saat ia menjadi peserta pelatihan pemrograman yang diselenggarakan oleh BPSTI. Dari sinilah ia mempelajari dasar-dasar dunia pemrograman, mengasah logika, serta memahami bagaimana teknologi dapat menjadi alat yang mengubah dunia. Kerja keras dan dedikasinya membuahkan hasil; pada tahun berikutnya, ia diangkat menjadi anggota bagian pemrograman. Tak hanya aktif di dunia pemrograman, ia juga mulai merambah ke dunia tulis-menulis. Bakatnya, (meskipun skill orang ini masih dangkal) mendapatkan wadah di majalah dinding (mading) instansi tersebut yang bernama S|NET. Setiap tulisan yang ia hasilkan menjadi langkah kecil menuju pengembangan diri. Pada pertengahan tahun berikutnya, kesempatan lain mengetuk pintu kehidupannya. Ia diangkat menjadi penulis di annajahsidogiri.id, sebuah peran yang ia emban sebagai pengganti dari redaksi yang resign. Dengan semangat belajar dan keinginan untuk terus berkembang, orang ini berjuang menyelesaikan setiap tugas yang diberikan, meskipun ia sadar kemampuan menulisnya masih perlu diasah lebih tajam. Namun, bagi sosok ini, semua adalah bagian dari perjalanan. Setiap baris kode yang ditulis, setiap artikel yang diselesaikan, dan setiap tantangan yang dihadapi adalah batu pijakan menuju impian besarnya: menjadi "dewa," sang penguasa dunia. Bagi orang ini, penguasa dunia bukan sekadar gelar kosong, melainkan sebuah kekuatan untuk menjadi kunci dalam pergerakan ekonomi global, kekuatan untuk mengendalikan perubahan dan menciptakan dampak nyata bagi dunia ini. Dengan kombinasi cinta pada dunia game, keahlian pemrograman, ulet dalam dunia menulis, dan semangat pantang menyerah, orang ini yakin bahwa semua target yang ia canangkan bukanlah mimpi kosong, melainkan visi yang perlahan mulai terbentuk dalam setiap langkah kehidupannya.

Next Post
Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Publikasi
  • Resensi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh
  • Wahabi
  • Wawancara

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
    • Resensi
    • Tokoh
    • Wawancara
  • Video

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.