https://international.uki.ac.id/
https://puskesmasnegarabatin.tanggamus.go.id/
https://baa.uwp.ac.id/
https://data.waykanankab.go.id/
https://www.jurnal.ugp.ac.id/
https://bpkad.tangerangselatankota.go.id/
https://geophys.sci.unhas.ac.id/
https://journal.indonesia-orthopaedic.org/
https://fh.uki.ac.id/
https://altair.one/
https://digilib.ars.ac.id/
https://journal.akperbinainsan.ac.id/
https://vokasi.unair.ac.id/berita/
https://eprosiding.ars.ac.id/
https://e-administrasi.fikk.unesa.ac.id/
Menjawab Tuduhan Bidah Doa Awal dan Akhir Tahun Hijriah -
AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Senin, Juni 9, 2025
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual
    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

  • Aswaja
     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

  • Wahabi
    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

  • Liberal
    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

    • Wawancara
  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

  • Aswaja
     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

  • Wahabi
    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

  • Liberal
    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

    • Wawancara
  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
  • Video

Menjawab Tuduhan Bidah Doa Awal dan Akhir Tahun Hijriah

Redaksi by Redaksi
30 Juli 2022
in Aktual, Aswaja
Reading Time: 6 mins read
A A
0
menjawab tuduhan
197
SHARES
2.5k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram

Adalah tradisi tanah air yang jamak kita saksikan pada tiap akhir tahun hijriah, bahwa masyarakat kita menyambut tahun baru hijriah dengan berbagai perayaan yang meriah dan melakukan berbagai ibadah. Ada yang berkumpul di masjid-masjid mengadakan zikir dan doa bersama, ada juga yang membaca doa sendiri-sendiri. Doa akhir tahun dibaca saat sore di hari terakhir bulan Zulhijah, sedangkan doa awal tahun dibaca di malam 1 Muharam. Doa tersebut tak lain dimaksudkan sebagai rasa syukur kepada Allah, meminta semoga Allah menutup tahun tersebut dengan pengampunan-Nya dan amal yang diterima dan semoga tahun yang mendatang menjadi tahun yang baik dan dijauhkan dari gangguan setan.

Tradisi semacam ini jelas tidak kita temukan di dalam Islam sebagai tuntunan khusus dari Rasulullah dan para sahabatnya. Oleh karenanya, tak ayal jika setiap penghujung tahun hijriah masyarakat kita diresahkan oleh pernyataan para ustaz Salafi-Wahabi yang membidahkan tradisi semacam ini.

Syekh Syahatah Shaqr, ulama Wahabi yang cukup masyhur di Timur Tengah mengarang kitab dengan judul Ra’sus-Sanah Hal Nahtafil, sebuah kitab yang membidahkan berdoa di awal dan akhir tahun. Beliau menulis:

وَقَدِ اخْتَرَعَ بَعْضُ الْمُبْتَدِعَةِ دُعَاءً لِلَيْلَتَيْ أَوَّلِ يَوْمٍ مِنَ السَّنَةِ وَآخِرِهاَ، وَصَارَ الْعَامَّةُ فِيْ بَعْضِ الْبُلْدَانِ الْإِسْلاَمِيَّةِ يَرُدُّوْنَهُ مَعَ أَئِمَّتِهِمْ فِيْ بَعْضِ الْمَسَاجِدِ، وَهَذَا الدُّعَاءُ لَمْ يُؤَثَّرْ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ، وَلاَ عَنْ أَصْحَابِهِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ، وَلاَ عَنِ التَّابِعِيْنَ، وَلَمْ يُرْوَ فِيْ مُسْنَدٍ مِنَ الْمَسَانِيْدِ. وَلاَ يَخْفَى عَلَى طَالِبِ الْعِلْمِ أَنَّ الدُّعَاءَ عِبَادَةٌ، وَالْعِبَادَاتِ تَوْقِيْفِيَّةٌ، وَهَذاَ الدُّعَاءُ لَمْ يَرِدْ عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَآلِهِ وَسَلَّمَ ، وَلَمْ يُذْكَرْ عَنْ أَحَدٍ مِنَ الصَّحاَبَةِ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمْ.

Sebagian ahli bidah membuat bidah doa malam awal dan akhir tahun, dan masyarakat di sebagian negara melakukannya bersama para tokoh mereka di masjid-masjid. Doa ini tidak diajarkan oleh Nabi, para sahabat dan tabiin dan tidak pula diriwayatkan dalam kitab-kitab musnad. Tentu ini jelas bagi para penuntut ilmu bahwa doa adalah ibadah, dan ibadah adalah taufiqiyah. Sedangkan doa ini tidak datang dari Nabi dan tidak pula para sahabat. (Ra’sus-Sanah Hal Nahtafil, I/76)

Syekh Sa`ad al-Khatslān, ketua Majlis Idārah al-Jam`iyyah al-Fiqhiyyah di Arab Saudi, mengatakan dalam fatwanya:

لَيْسَ لِذَلِكَ أَصْلٌ فِيْ الْإِسْلاَمِ، وَيُعَدُّ مِنً الْبِدَعِ الْإِضَافِيَّةِ فَلاَ يَجُوْزُ تَخْصِيْصُ أَيِّ عِبَادَةٍ مِنَ الْعِبَادَاتِ بِوَقْتٍ مُعَيَّنٍ إِلاَّ بِدَلِيْلٍ شَرْعِيٍّ، بِالتَّالِيْ تَخْصِيْصُ مِثْلِ هَذِهْ الْعِبَادَاتِ فِيْ نِهَايَةِ الْعَامِ الْهِجْرِيِّ لاَ أَصْلَ لَهُ.

Ibadah semacam itu tidak ada dasarnya dalam Islam dan termasuk bidah idhafiyah. Maka tidak boleh mengkhususkan ibadah di waktu tertentu kecuali berdasarkan dalil syar’i. Dengan demikian mengkhususkan ibadah semacam ini di akhir tahun hijriah tidak ada dasarnya (bidah).

Benarkah berdoa di awal tahun dan akhir tahun adalah bidah, sebagaimana tuduhan Salafi-Wahabi?

Pertama, berdoa dengan doa yang tidak diajarkan oleh Rasulullah adalah hal yang mubah dilakukan. Bahkan hal ini tetap masuk dalam keumuman anjuran berdoa dalam nas al-Qur’an dan hadis. Seperti firman Allah berikut:

وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُوْنِيْٓ اَسْتَجِبْ لَكُمْ اِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ

Dan Tuhanmu berfirman, “Berdoalah kepada-Ku, niscaya akan Aku perkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang sombong tidak mau menyembah-Ku akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina“. (QS. Al-Ghafir: 60)

Kedua, pernyataan bahwa doa adalah ibadah taufiqiyah yang harus sesuai dengan tuntunan Rasulullah adalah tidak seutuhnya benar. Terbukti banyak ulama salaf yang membuat doa sendiri yang tidak pernah ditemukan di dalam hadis marfu’ Rasulullah. Bahkan doa buatan tersebut dibaca di dalam shalat yang merupakan ibadah tauqifiyah. Berikut di antara dalil-dalilnya:

عَنْ رِفَاعَةَ بْنِ رَافِعٍ الزُّرَقِيِّ قَالَ : كُنَّا يَوْمًا نُصَلِّي وَرَاءَ النَّبِيِّ : فَلَمَّا رَفَعَ رَأْسَهُ مِنَ الرَّكْعَةِ ، قَالَ : سَمِعَ اللَّهُ لِمَنْ حَمِدَهُ ، قَالَ رَجُلٌ وَرَاءَهُ : رَبَّنَا وَلَكَ الْحَمْدُ ، حَمْدًا كَثِيرًا طَيِّبًا مُبَارَكًا فِيهِ ، فَلَمَّا انْصَرَفَ ، قَالَ : مَنِ الْمُتَكَلِّمُ ؟ قَالَ : أَنَا ، قَالَ : رَأَيْتُ بِضْعَةً وَثَلاَثِينَ مَلَكًا يَبْتَدِرُونَهَا ، أَيُّهُمْ يَكْتُبُهَا أَوَّلُ.

Dari Rifa’ah bin Rafi’ az-Zaraki beliau berkata, “Suatu hari kita shalat dibelakang Nabi ketika beliau mengangkat kepalanya dari ruku’ beliau berkata ‘samiallahu lima hamidahu’ kemudian seorang laki-laki berkata di belakangnya ‘Rabbana lakal hamdu hamdan kasiran tayyiban mubarakan fihi’ ketika selesai shalat, Nabi bertanya ‘siapa yang berkata?’ Seorang menjawab ‘saya’. Rasulullah  bersabda, ‘Aku melihat tiga puluh lebih malaikat berebut untuk menulisnya terlebih dahulu’.” (HR. al-Bukhari: 799)

Al-Hafizh Ibnu Hajar al-‘Asqalani, ketika mengomentari hadis di atas, beliau berkata:

وَاسْتُدِلَّ بِهِ عَلَى جَوَازِ إِحْدَاثِ ذِكْرٍ فِي الصَّلاَةِ غَيْرِ مَأْثُوْرٍ إِذَا كَانَ غَيْرَ مُخَالِفٍ لِلْمَأْثُوْرِ

Hadis ini dijadikan dalil diperbolehkannya membuat zikir dalam shalat yang tidak diajarkan oleh Rasulullah selama zikir tersebut tidak bertentangan dengan ajaran Rasulullah. (Fathul Bari II/28)

Menambah bacaan doa dalam shalat yang tidak pernah diajarkan oleh Rasulullah juga dilakukan oleh Imam Ahmad bin Hanbal. Ahmad bin Laits berkata:

سَمِعْتُ أَحْمَدَ بْنِ حَنْبَلٍ يَقُوْلُ: إِنِّيْ لَأَدْعُوْ اللهَ لِلشَّافِعِيِّ فِيْ صَلاَتِيْ مُنْذُ أَرْبَعِيْنَ سَنَةً، أَقُوْلُ :اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِيْ وَلِوَالِدَيَّ وَلِمُحَمَّدِ بْنِ إِدْرِيْسَ الشَّافِعِيِّ فَمَا كَانَ مِنْهُمْ أَتْبَعُ لِحَدِيْثِ رَسُوْلِ اللهِ، صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْهُ.

Aku mendengar Ahmad bin Hanbal berkata, “Sungguh aku telah mendoakan as-Syafi’i dalam salatku selama 40 tahun. Aku berdoa, ‘Ya Allah ampunilah aku, kedua orangtuaku dan Muhammad bin Idris as-Syafi’I’. Maka tidak ada dari mereka (ulama) yang lebih konsisten mengikuti Hadis Rasulullah dari dia (as-Syafi’i).” (Manaqib as-Syafi’i, II/254)

Jika membaca doa yang tidak ma’tsur dari Rasulullah dalam shalat saja diperbolehkan, lebih-lebih di luar shalat, tentu diperbolehkan, seperti doa Sa’id bin Musayyib berikut:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ مَلِيكٌ مُقْتَدِرٌ مَا تَشَاءُ مِنْ أَمْرٍ يَكُونُ، ثُمَّ سَلْ مَا بَدَا لَكَ.

Sa’id bin Musayyib berkata:

فَمَا سَأَلْتُ اللَّهَ شَيْئًا إِلَّا اسْتَجَابَ لِي.

Tidaklah aku meminta kepada Allah sesuatu (dengan doa ini) kecuali Allah mengijabahnya. (Musnad Ibnu Abi Syaibah: 29320)

Dengan demikian membuat bacaan doa yang tidak pernah dicontohkan oleh Rasulullah adalah boleh, sebagaimana doa awal tahun dan akhir tahun.

Ketiga, pernyataan bahwa mengkhususkan doa atau ibadah di waktu tertentu adalah bidah adalah salah satu kaedah sesat Salafi-Wahabi. Kaedah tersebut terbantahkan dengan hadis berikut:

Hadis Pertama

عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا، قَالَ: كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَأْتِي مَسْجِدَ قُبَاءٍ كُلَّ سَبْتٍ، مَاشِيًا وَرَاكِبًا وَكَانَ عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عُمَرَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا يَفْعَلُهُ.

Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma berkata, “Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam selalu mendatangi Masjid Quba’ setap hari sabtu, dengan berjalan kaki dan berkendaraan.” Abdullah bin Umar radhiyallahu ‘anhu juga selalu melakukannya. (HR. al-Bukhari: 1193) 

Mengomentari hadis ini, al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan:

وَفِي هَذَا اَلْحَدِيثِ عَلَى اِخْتِلَاف طُرُقِهِ دَلَالَة عَلَى جَوَاز تَخْصِيص بَعْضِ اَلْأَيَّامِ بِبَعْضِ اَلْأَعْمَالِ اَلصَّالِحَةِ وَالْمُدَاوَمَةِ عَلَى ذَلِكَ.

Hadis ini, dengan jalur-jalurnya yang berbeda, menjadi dalil atas diperbolehkannya mengkhususkan hari-hari tertentu dengan amalan khusus dan melakukannya secara rutin. (Fathul Bari, IV/194)

Hadis Kedua

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ: أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لِبِلاَلٍ: عِنْدَ صَلاَةِ الفَجْرِ يَا بِلاَلُ حَدِّثْنِي بِأَرْجَى عَمَلٍ عَمِلْتَهُ فِي الإِسْلاَمِ، فَإِنِّي سَمِعْتُ دَفَّ نَعْلَيْكَ بَيْنَ يَدَيَّ فِي الجَنَّةِ. قَالَ: مَا عَمِلْتُ عَمَلًا أَرْجَى عِنْدِي: أَنِّي لَمْ أَتَطَهَّرْ طَهُورًا، فِي سَاعَةِ لَيْلٍ أَوْ نَهَارٍ، إِلَّا صَلَّيْتُ بِذَلِكَ الطُّهُورِ مَا كُتِبَ لِي أَنْ أُصَلِّيَ.

Dari Abu Hurairah RA, beliau meriwayatkan bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya kepada Bilal ketika shalat fajar: “Hai Bilal, kebaikan apa yang paling engkau harapkan pahalanya dalam Islam, karena aku telah mendengar suara kedua sandalmu di surga?”. Ia menjawab: “Kebaikan yang paling aku harapkan pahalanya adalah aku belum pernah berwudlu’, baik siang maupun malam, kecuali aku melanjutkannya dengan shalat sunat dua rakaat yang aku tentukan waktunya”. (HR. al-Bukhari: 1149)

Mengomentari hadis ini, al-Hafizh Ibnu Hajar mengatakan:

وَيُسْتَفَاد مِنْهُ جَوَازُ الِاجْتِهَادِ فِي تَوْقِيت الْعِبَادَةِ ، لِأَنَّ بِلَالًا تَوَصَّلَ إِلَى مَا ذَكَرْنَا بِالِاسْتِنْبَاطِ فَصَوَّبَهُ النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ.

Dari hadis di atas dapat diampil kesimpulan akan bolehnya melakukan ijtihad dalam menentukan waktu beribadah, sebab sahabat Bilal sampai pada derajat yang disebutkan tadi, berkat istinbath, dan hal itu dibenarkan oleh Nabi. (Fathul Bari, IV/139)

Berdasarkan dua hadis tadi, dapat ditarik kesimpulan bahwa mengkhususkan ibadah dan doa di waktu tertentu dan rutin melakukannya setiap hari, bulan ataupun tahun—sebagaimana doa awal dan akhir tahun hijriah—adalah boleh dan tetap masuk dalam keumuman anjuran berdoa.  Wallahu A’lam.

Bahrul Widad | Annajahsidogiri.id

Previous Post

Ada Apa di Balik Bada?

Next Post

Makrifat Sebelum Syariat

Redaksi

Redaksi

Annajahsidogiri.id merupakan website Annajah Center Sidogiri (ACS), yang memegang teguh prinsip moderat dalam segala hal, sesuai dengan konsep Ahlusunnah Waljamaah.

Next Post
Makrifat Sebelum Syariat

Makrifat Sebelum Syariat

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Publikasi
  • Resensi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh
  • Wahabi
  • Wawancara

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
    • Resensi
    • Tokoh
    • Wawancara
  • Video

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.