Analisis Masalah:
Saya pernah mendengar orang Wahabi bilang bahwa orang tua Nabi berada di neraka. Saya pun bertanya kepada guru saya di madrasah, lantas beliau menjawab bahwa orang tua Nabi termasuk orang yang selamat karena mereka adalah Ahlul Fatrah. Sebenarnya, siapakah Ahlul Fatrah itu?
Jawaban:
Ahlul-Fatrah adalah umat yang hidup di tengah-tengah masa para rasul diutus, seperti masa antara Nabi Isa dengan Nabi Muhammad.
ص 21 – تحفة المريد شرح جوهرة التوحيد
فاْلمَذْهَبُ الحَقُّ أَنَّ أَهْلَ اْلفَتْرَةِ بِفَتْحِ اْلفَاءِ وَهُمْ مَنْ كَانُوْا بَيْنَ أَزْمِنَةِ الرُّسُلِ أَوْ فِيْ زَمَنِ الرَّسُوْلِ اَلَّذِيْ لَمْ يُرْسِلْ اِلَيْهِمْ نَاجُوْنَ وَإِنْ بَدَّلُوْا وَغَيَّرُوْا وَعَبَّدُوا اْلأَصْنَامَ
Menurut pendapat yang benar bahwa Ahlul-Fatrah-adalah umat yang hidup di tengah-tengah masa para rasul terutus atau di masa rasul namun risalahnya bukan pada mereka-itu selamat meski mereka berubah keyakinan dan menyembah berhala
ص38 – كتاب فتح المنعم شرح صحيح مسلم
قَالَ النَّوَوِيُّ فِي الْحَدِيْثِ أَنَّ مَنْ مَاتَ عَلَى اْلكُفْرِ فَهُوَ فِي النَّارِ وَلَا تَنْفَعُهُ قَرَابَةُ اْلمُقَرَّبِيْنَ وَفِيْهِ أَنَّ مَنْ مَاتَ فِي اْلفَتْرَةِ عَلَى مَا كَانَتْ عَلَيْهِ اْلعَرَبُ مِنْ عِبَادَةِ اْلأَوْثَانِ فَهُوَ مِنْ أَهْلِ النَّارِ وَلَيْسَ هَذَا مَؤَاخَذَةٌ قَبْلَ بُلُوْغِ الدَّعْوَةِ فَإِنَّ هَؤُلَاء كَانَتْ قَدْ بَلَغَتْهُمْ دَعْوَةُ إِبْرَاهِيْم وَغيره مِنَ اْلأَنْبِيَاءِ صَلَوَاتُ اللهِ تَعَالَى وَسَلاَمُهُ عَلَيْهِمْ أَجْمَعِيْنَ اهـ
Imam nawawi berkata”terdapat dalam hadis bahwa orang yang mati dalam keadaan kafir maka iya masuk neraka dan kekerabatannya dengan orang yang dekat dengan Allah tidak bermanfaat baginya”termasuk juga adalah orang yang mati di masa fatrah dalam keadaan yang terjadi pada orang arab yakni menyembah berhala maka dia termasuk penduduk neraka dan keadaan mereka bukan berarti tidak sampainya dakwah,karna mereka hidup pada masa dakwahnya nabi ibrahim dan nabi-nabi lain sudah tersampaikan
Baca juga:Benarkah Ahli Fatrah Masuk Neraka?
ص253 – كتاب الحاوي للفتاوي
وَلَيْسَ هَذَا مِنَ التَّعْذِيبِ قَبْلَ بُلُوغِ الدَّعْوَةِ؛ لِأَنَّهُ بَلَغَتْهُمْ دَعْوَةُ إِبْرَاهِيمَ وَغَيْرِهِ مِنَ الرُّسُلِ، ثُمَّ قَالَ: قُلْتُ: تَأَمَّلْ مَا فِي كَلَامِهِ مِنَ التَّنَافِي؛ فَإِنَّ مَنْ بَلَغَتْهُمُ الدَّعْوَى لَيْسُوا بِأَهْلِ فَتْرَةٍ، فَإِنَّ أَهْلَ الْفَتْرَةِ هُمُ الْأُمَمُ الْكَائِنَةُ بَيْنَ أَزْمِنَةِ الرُّسُلِ، الَّذِينَ لَمْ يُرْسَلْ إِلَيْهِمُ الْأَوَّلُ وَلَا أَدْرَكُوا الثَّانِيَ، كَالْأَعْرَابِ الَّذِينَ لَمْ يُرْسَلْ إِلَيْهِمْ عِيسَى وَلَا لَحِقُوا النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ