Selain buka dan sahur, di antara ciri has yang paling menonjol di bulan Ramadan adalah shalat Tarawih. Shalat ini biasa dilaksanakan di setiap malam bulan Ramadan. Ada kerinduan tersendiri di hati umat islam terhadap shalat Tarawih, sehingga mereka sangat antusias mendatangi masjid bersama keluarga untuk melaksanakan shalat ini. Di kalangan Aswaja, shalat Tarawih dilaksanakan sebanyak 20 rakaat plus 3 rakaat shalat Witir.
berdeda dengan shalat Tarawih dikalangan kaum Salafi-Wahabi. Mereka melaksanakan shalat Tarawih hanya sebanyak sebelas rakaat. Mereka berdalil dengan hadis riwayat Imam Bukhari dari jalur Sayyidah Aisyah berikut ini:
مَا كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَزِيدُ فِي رَمَضَانَ وَلَا فِي غَيْرِهِ عَلَى إِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً
“Shalat malam Rasulullah SAW di bulan Ramadan dan selain bulan Ramadan tidak melebihi sebelas rakaat.”1
Sehingga dari hadis di atas mereka berkesimpulan bahwa tarawih Rasulullah SAW hanya sebanyak sebelas rakaat saja. Tidak lebih tidak kurang. Dengan dalil ini, mereka membidahkan golongan Aswaja yang jumlah rakaat tarawihnya sebanyak 20 rakaat, karena tidak sesuai dengan apa yang dilakukan Rasulullah SAW.
Dalil Aswaja
Hadis di atas sebenarnya tidak hanya tertuju pada shalat malam Rasulullah di bulan Ramadan saja (Tarawih), tapi juga tertuju pada shalat Rasulullah SAW pada malam-malam selain Ramadan. Hal ini diketuhui, bahwa sebelum menyebutkan hadis ini, Imam Bukhari terlebih dahulu mengatakan, “bab ibadah malam Rasulullah di bulan Ramadan dan selain Ramadan.”
Saat meriwayatkan hadis di atas, barangkali sepengetahuan Sayyidah Aisyah tentang shalat malam Rasulullah SAW hanya sebanyak sebelas rakaat. Hal ini dapat diketuhui dari hadis lain juga riwayat Aisyah yang mengatakan bahwa shalat malam Rasulullah SAW sebanyak tiga belas rakaat.
عن عائشة قالت كان النبي صلى الله عليه و سلم يصلي من الليل ثلاث عشرة ركعة
Sayyidah Aisyah berkata, “bahwa shalat malam Rasulullah SAW sebanyak tiga belas rakaat.”2
Hadis ini diperkuat oleh hadis lain riwayat Ibnu Abbas berikut ini:
عن ابن عباس قال : كان النبي صلى الله عليه و سلم يصلي من الليل ثلاث عشر ركعة
IBNU Abbas berkata: “shalat malam Rasulullah SAW sebanyak tiga belas rakaat.”3
Selain itu, banyak sekali dalil yang menunjukkan shalat malam Rasulullah SAW tidak hanya sebelas rakaat saja. Di antaranya hadis-hadis di bawah ini:
عاصم بن ضمرة قال سئل علي رضي الله عنه عن صلاة رسول الله صلى الله عليه وسلم قال كان يصلي من الليل ست عشرة ركعة
Asim bin Damrah bertanya kepada Sayyidina Ali RA mengenai shalat Rasulullah SAW. Ali menjawab: “shalat malam Rasulullah SAW sebanyak enam belas rakaat”4
عن عائشة أن النبي صلى الله عليه و سلم كان يصلي من الليل تسع ركعات
Sayyidah Aisyah mengatakan bahwa shalat malam Rasulullah SAW sebanyak sembilan rakaat.5
عن عائشة قالت : كان رسول الله صلى الله عليه و سلم يصلي من الليل تسعا فلما أسن وثقل صلى سبعا
Sayyidah Aisyah mengatakan, bahwa Rasulullah SAW shalat malam sebanyak sembilan rakaat. Apabila beliau merasa berat, maka beliu shalat sebanyak tujuh rakaat.6
عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ شَقِيقٍ قَالَ سَأَلْتُ عَائِشَةَ عَنْ صَلاَةِ رَسُولِ اللَّهِ -صلى الله عليه وسلم- عَنْ تَطَوُّعِهِ فَقَالَتْ… وَيُصَلِّى بِالنَّاسِ الْعِشَاءَ وَيَدْخُلُ بَيْتِى فَيُصَلِّى رَكْعَتَيْنِ وَكَانَ يُصَلِّى مِنَ اللَّيْلِ تِسْعَ رَكَعَاتٍ فِيهِنَّ الْوِتْرُ وَكَانَ يُصَلِّى لَيْلاً طَوِيلاً قَائِمًا وَلَيْلاً طَوِيلاً قَاعِدًا
Abdullah bin Syaqiq bertanya kepada Sayyidah Aisyah mengenai shalat sunnah Rasulullah SAW, beliau menjawab: “…kemudian Rasulullah Shalat isya’ bersama sahabat. Setelah itu beliau masuk ke ruamhku dan shalat dua rakaat. Dan beliau shalat malam sebanyak sembilan rakaat termasuk Witir. Belaiu shalat malam yang panjang dalam keadaan berdiri. Kadang pula beliau shalat malam yang panjang dalam keadaan duduk…”7
فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : صَلاَةُ اللَّيْلِ مَثْنَى مَثْنَى ، فَإِذَا خَشِيتَ الصُّبْحَ فَأَوْتِرْ بِوَاحِدَةٍ
Rasulullah SAW, bersabda: “shalat malam itu dua rakaat dua rakaat. Apabila kamu hawatir shalat Subuh datang, maka shalat Witirlah satu rakaat.”8
قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: لَا تُوتِرُوا بِثَلَاثٍ تَشَبَّهُوا بِصَلَاةِ الْمَغْرِبِ ، وَلَكِنْ أَوْتِرُوا بِخَمْسٍ ، أَوْ بِسَبْعٍ ، أَوْ بِتِسْعٍ ، أَوْ بِإِحْدَى عَشْرَةَ رَكْعَةً ، أَوْ أَكْثَرَ مِنْ ذَلِكَ
Rasulullah SAW, bersabda: “janganlah kalian shalat Witir tiga rakaat, karena hal itu menyerupai shalat Maghrib. Akan tetapi shalat Witirlah lima, tujuh, sembilan atau sebelas rakaat. Atau lebih banyak daripada itu.”9
Dari beberapa dalil di atas, jelaslah bahwa shalat malam Rasulullah SAW tidak hanya sebelas rakaat saja. Adalah keliru besar bagi mereka yang menuduh bidah shalat tarawih sebanyak 20 rakaat, berdasarkan hadis-hadis di atas.
Mengapa harus 20 rakaat? Karena jumlah ini yang diajarkan para Salafus Shalih. Dari masa Hulafa’ur Rasyidin hingga saat ini, jumlah shalat tarawih sebanyak 20 rakaat. Berikut dalilnya:
واختلف أهل العلم في قيام رمضان فرأى بعضهم أن يصلي إحدى وأربعين ركعة مع الوتر وهو قول أهل المدينة والعمل على هذا عندهم بالمدينة وأكثر أهل العلم ما روي عن عمر و علي وغيرهما من أصحاب النبي صلى الله عليه و سلم عشرين ركعة وهو قول الثوري و ابن المبارك و الشافعي وقال الشافعي وهكذا أدركت ببلدنا بمكة يصلون عشرين ركعة
“Para ulama berbeda pendapat mengenai shalat malam di bulan Ramadan (tarawih). Sebagian berpendapat bahwa jumlah rakaat shalat tarawih sebanyak 41 rakaat beserta Witirnya. ini adalah pendapat penduduk Madinah, dan mereka mengamalkan jumlah ini. Adapun mayoritas ulama, -berdasarkan riwayaat yang dikutip dari Sayyidina Umar, sayyidina Ali dan sahabat Rasulullah yang lain,- berpendapat rakaat tarawih sebanyak 20 rakaat. Ini adalah pendapat imam ats-Tsauri, Ibnu Mubarak dan Imam Syafii. Imam Syafii berkomentar, “yang aku ketahui dari penduduk Makkah, shalat tarawih mereka berjumlah 20 rakaat.”10
Baqir Madani/Annajah.co
Catatan Akhir:
- (Shahih Bukhari, vol 2/53)
- (Sunan Ibnu Hibban, vol 1/432)
- (Sunan Tirmidzi, vol 2/304)
- (Musnad Ahmad, vol 2/297)
- (Sunan Ibnu Majah, vol 1/432)
- (Sunan Nasa’i, vol 3/238)
- (Sahih Muslim, vol 1/504)
- (Musnad Ahmad, vol 2/134)
- (Mustadrak ala Sahihain, vol 1/437)
- (Sunan Tirmidzi, vol 3/169)