• xnxx
  • xnxx
Imam Abu Mansur al-Maturidi; Pembela Ahlusunah dari Bumi Samarkand -
AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Rabu, November 5, 2025
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual
    Matan as-Sanusiyyah; Kitab Tipis, Sarat Makna

    Matan as-Sanusiyyah; Kitab Tipis, Sarat Makna

    Membongkar Mitos: Al-Ghazali dan Klaim Kemunduran Sains Islam (1/2)

    Membongkar Mitos: Al-Ghazali dan Klaim Kemunduran Sains Islam (1/2)

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Naskh dan Mansukh; Antara Relevansi dan Kontroversi

    Memahami Perbuatan Tuhan

    Memahami Perbuatan Tuhan

    Mati Kelaparan Gara-gara Allah (?)

    Mati Kelaparan Gara-gara Allah (?)

    karma

    Dilema Karma; Antara Doktrin Hindu dan Ajaran Islam

    Antara Anugerah dan Hidayah

    Antara Anugerah dan Hidayah

    Nderek Guru Dengan Bijak

    Nderek Guru Dengan Bijak

    Gelar Al-Masih; antara Nabi Isa dan Dajjal

    Gelar Al-Masih; antara Nabi Isa dan Dajjal

  • Aswaja
    Wali

    Wali dan Karamah [3/3]

    karomah wali

    Wali dan Karamah [2/3]

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Wali dan Karamah [1/3]

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Arti Mimpi Melihat Allah

    Ketika Kau Membenci Ahlul Bait

    Ketika Kau Membenci Ahlul Bait

    Nabi Khidir Hanya Ilusi Sufi?

    Nabi Khidir Hanya Ilusi Sufi?

    Membantah Konsep Trinitas #2

    Khataman Nabiyyin; Antara Nabi Isa dan Nabi Muhammad

    Bukti Sifat Wujud Allah Sebelum Alam Diciptakan

    Bukti Sifat Wujud Allah Sebelum Alam Diciptakan

    Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat (part 2)

    Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat (part 2)

  • Liberal

    Kemakhlukan Al-Quran Versi Muktazilah dan Liberal

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Tuhan Tidak Adil?

    Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (2/2)

    Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (2/2)

     Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (1/2)

     Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (1/2)

    Menepis Tafsir Feminis

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

  • Wahabi
    Keterlibatan Inggris Dalam Kampanye Wahabisme

    Keterlibatan Inggris Dalam Kampanye Wahabisme

    Shalawat Nabi Dan Sejarah Kelam Wahabi

    Shalawat Nabi Dan Sejarah Kelam Wahabi

    Kontroversi Wahabi Perihal Mengatakan “ Sayyid “ Pada Nabi

    Kontroversi Wahabi Perihal Mengatakan “ Sayyid “ Pada Nabi

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

  • Syiah
    Allah Adalah Dzat, Bukan Roh

    Ismailiyah: Sinkronisasi Filsafat dalam Ajaran Syiah

    Syiah

      Membedah Hadis Syiah

    Menyoal Cinta Syiah kepada Ahlul Bait

    Sekte Al-Kaysaniyyah: Antara Politik, Pembalasan, dan Penyimpangan

    Sekte Al-Kaysaniyyah: Antara Politik, Pembalasan, dan Penyimpangan

    Sekilas Tentang Politik Syiah

    Sekilas Tentang Politik Syiah

    Perkembangan Syiah di Indonesia

    Perkembangan Syiah di Indonesia

    Aliran Ghurabiyyah sekte Syiah Yang Keluar dari Arus Utama Islam

    Aliran Ghurabiyyah sekte Syiah Yang Keluar dari Arus Utama Islam

    Sekte Saba’iyah: Awal Mula Ekstremisme dalam Sejarah Islam

    Sekte Saba’iyah: Awal Mula Ekstremisme dalam Sejarah Islam

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

  • Lintas Agama
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      at-Thohahawi

      Imamul Mutakallimin; Ahmad bin Muhammad ath-Thahawi

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      • Firqah
    • Wawancara
  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
    Matan as-Sanusiyyah; Kitab Tipis, Sarat Makna

    Matan as-Sanusiyyah; Kitab Tipis, Sarat Makna

    Membongkar Mitos: Al-Ghazali dan Klaim Kemunduran Sains Islam (1/2)

    Membongkar Mitos: Al-Ghazali dan Klaim Kemunduran Sains Islam (1/2)

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Naskh dan Mansukh; Antara Relevansi dan Kontroversi

    Memahami Perbuatan Tuhan

    Memahami Perbuatan Tuhan

    Mati Kelaparan Gara-gara Allah (?)

    Mati Kelaparan Gara-gara Allah (?)

    karma

    Dilema Karma; Antara Doktrin Hindu dan Ajaran Islam

    Antara Anugerah dan Hidayah

    Antara Anugerah dan Hidayah

    Nderek Guru Dengan Bijak

    Nderek Guru Dengan Bijak

    Gelar Al-Masih; antara Nabi Isa dan Dajjal

    Gelar Al-Masih; antara Nabi Isa dan Dajjal

  • Aswaja
    Wali

    Wali dan Karamah [3/3]

    karomah wali

    Wali dan Karamah [2/3]

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Wali dan Karamah [1/3]

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Arti Mimpi Melihat Allah

    Ketika Kau Membenci Ahlul Bait

    Ketika Kau Membenci Ahlul Bait

    Nabi Khidir Hanya Ilusi Sufi?

    Nabi Khidir Hanya Ilusi Sufi?

    Membantah Konsep Trinitas #2

    Khataman Nabiyyin; Antara Nabi Isa dan Nabi Muhammad

    Bukti Sifat Wujud Allah Sebelum Alam Diciptakan

    Bukti Sifat Wujud Allah Sebelum Alam Diciptakan

    Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat (part 2)

    Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat (part 2)

  • Liberal

    Kemakhlukan Al-Quran Versi Muktazilah dan Liberal

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Tuhan Tidak Adil?

    Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (2/2)

    Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (2/2)

     Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (1/2)

     Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (1/2)

    Menepis Tafsir Feminis

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

  • Wahabi
    Keterlibatan Inggris Dalam Kampanye Wahabisme

    Keterlibatan Inggris Dalam Kampanye Wahabisme

    Shalawat Nabi Dan Sejarah Kelam Wahabi

    Shalawat Nabi Dan Sejarah Kelam Wahabi

    Kontroversi Wahabi Perihal Mengatakan “ Sayyid “ Pada Nabi

    Kontroversi Wahabi Perihal Mengatakan “ Sayyid “ Pada Nabi

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

  • Syiah
    Allah Adalah Dzat, Bukan Roh

    Ismailiyah: Sinkronisasi Filsafat dalam Ajaran Syiah

    Syiah

      Membedah Hadis Syiah

    Menyoal Cinta Syiah kepada Ahlul Bait

    Sekte Al-Kaysaniyyah: Antara Politik, Pembalasan, dan Penyimpangan

    Sekte Al-Kaysaniyyah: Antara Politik, Pembalasan, dan Penyimpangan

    Sekilas Tentang Politik Syiah

    Sekilas Tentang Politik Syiah

    Perkembangan Syiah di Indonesia

    Perkembangan Syiah di Indonesia

    Aliran Ghurabiyyah sekte Syiah Yang Keluar dari Arus Utama Islam

    Aliran Ghurabiyyah sekte Syiah Yang Keluar dari Arus Utama Islam

    Sekte Saba’iyah: Awal Mula Ekstremisme dalam Sejarah Islam

    Sekte Saba’iyah: Awal Mula Ekstremisme dalam Sejarah Islam

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

  • Lintas Agama
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      at-Thohahawi

      Imamul Mutakallimin; Ahmad bin Muhammad ath-Thahawi

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      • Firqah
    • Wawancara
  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Liberal
  • Wahabi
  • Syiah
  • Lintas Agama
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
  • Video

Imam Abu Mansur al-Maturidi; Pembela Ahlusunah dari Bumi Samarkand

Redaksi by Redaksi
4 Maret 2021
in Aswaja, Tokoh
Reading Time: 4 mins read
A A
0
Imam Abu Mansur al-Maturidi; Pembela Ahlusunah dari Bumi Samarkand
172
SHARES
2.1k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram

“Jika Imam Abu Hanifah seorang pionir penegak mazhab yang sesuai dengan metodologi Ahlusunah wal Jamaah,  maka Imam Abu Mansur al-Maturidi adalah penegak mazhab akidah paling sempurna dengan argumentasi teologis dan logisnya, sebagai keyakinan sejati Ahlusunah wal Jamah.”

(al-Bayadhi)

Selain Imam Abu Hasan al-Asy’ari, Ahlusunah wal Jamaah juga memiliki tokoh panutan akidah yang tak kalah mumpuni. Nama lengkapnya adalah Abu Mansur Muhammad bin Mahmud al-Maturidi al-Hanafi. Lahir di desa Samarkand pada tahun 228 H, bagian paling timur negara Transoxiana. Selain gelar al-Maturidi, beliau juga dijuluki al-Huda dan al-Anshari. Konon, embrio munculnya julukan Al-Anshari sebab penisbatan beliau kepada Abu Ayyub al-Anshari.

Baca Juga: Imam Abu al-Hasan al-Asy’ari; Perumus Formula Akidah Aswaja

Sejak kecil, Imam al-Maturidi senantiasa memegang teguh akidah Ahlusunah wal Jamaah. Hal ini berbeda dengan sejarah Imam al-Asy’ari. Sebelum memeluk ideologi Ahlusunah wal Jamaah, Imam al-Asy’ari pernah mengikuti keyakinan Syekh Ali al-Jubai, Muktazilah. Namun karena pertanyaan seputar takdir yang tidak bisa dijawab oleh sang guru, ia berani meninggalkan Muktazilah lalu beralih ideologi Ahlusunah wal Jamaah.

Sosok al-Maturidi mulai ramai terkenal tatkala peristiwa bersejarah dalam peradaban Islam, yaitu ketika Mazhab Muktazilah berhasil mengusai kekhalifahan Abbasyiah. Perang ideologi pun tak terelakkan. Saat itu, ulama Muktazilah amat lembut menyuntikkan ideologi sesatnya ke dalam sendi-sendi umat Islam. Kegelisahan mulai merasuki hati para ulama Ahlusunah wal Jamaah yang konsinten dengan komitmennya; berpegang teguh kepada nash-nash shahih al-Quran dan Hadis. Pasukan Muktazilah memerangi ideologi kaum Ahlusunah dengan dalil-dalil rasional plus meminggirkan al-Quran dan Hadis.

Ketika kecamuk perang idoelogi sedang berkobar, muncullah cendekiawan tangguh Ahlusunah wal Jamaah. Ia adalah Imam al-Maturidi. Imam Abu Mansur al-Maturidi dikenal sangat piawai mematahkan argumentasi rasional yang diusung oleh kelompok Muktazilah. Beliau mendebat kebablasan nalar mereka baik dengan lisan ataupun tulisan. Berkat kredibilitas ilmunya, beliau dipercaya menjadi pionir utama akidah Ahlusunah wal Jamaah bersama Imam Abu Hasan Al-Asy’ari.

Karya Tulis Imam al-Maturidi

Syekh Thasy Kubra Zadah dalam kitab Miftâhus-Siyâdah wa Misbâhus-Siyâdah menyebutkan karya tulis Imam al-Maturidi. Di antara kitab karangannya adalah at-Tauhîd, al-Maqâlât, Takwilatul-Quran. Imam al-Maturidi juga sering menulis kitab bantahan terhadap ideologi Muktazilah, seperti kitab Qarâmithah, Rafîdhah dan al-Jidâl fi Ushûlil-Fiqhî. Dalam kitab Kasyfuz-Zunûn, Syekh Hajiy Khalifah juga menyebutkan karya Imam al-Maturidi. Di antaranya adalah kitab Takwîlat al-Imâm al-Matûridi fi bayâni Ushûli Ahlusunah wa Ushulit-Tauhîd. Konon, kitab ini dikompilasi oleh Imam A’la ad-Din Muhammad bin Ahmad bin Abi Ahmad as-Samarkandi menjadi delapan jilid.

Guru dan Murid Imam al-Maturidi

Beliau belajar Fikih dan Ushul Fikih kepada Abu Bakar al-Jauzani, Abu Nahr al-Iyadh, Muhammad bin Muqatil ar-Razi dan Nashir bin Yahya. Semua ulama ini bermazhab kepada Imam Abu Hanifah. Di antara sekian banyak murid Imam al-Maturidi, yang paling terkenal adalah Abu Qasim Ishaq bin Muhammad bin Ismail yang dijuluki sebagai al-Hakim as-Samarqandi dan Abu Muhammad Abdul Karim yang dikenal sebagai al-Bazdawi.

Antara Imam al-Asy’ari dan Imam al-Maturidi

Menurut Dr. Abdul Fattah al-Maghribi, pengikut Imam al-Maturidi berusaha menjadikan imam mereka sebagai pionir pertama dari pada Imam al-Asy’ari. Klaim mereka ini didukung fakta bahwa masa yang ditempuh Imam al-Asy’ari dalam menganut Mazhab Muktazilah selama empat puluh tahun. Sedangkan sejak kecil, Imam al-Maturidi tidak pernah mengikuti ideologi siapapun selain Ahlusunah wal Jamaah.

Menurut Qaul Mu’tamad, kedua imam ini tidak pernah berjumpa. Imam al-Maturidi hidup di Samarkand. Ia tidak pernah hijrah dari tanah kelahirannya hingga meninggal dunia. Sedangkan Imam al-Asy’ari dilahirkan di kota Bashrah, kemudian hijrah ke Baghdad dan menetap di sana sampai wafat.

Pendapat dan pemikiran mereka berdua mulai tersebar pasca meninggal dunia. Para murid merekalah yang membumikan ideologi Ahlusunah wal Jamaah. Mazhab Imam al-Asy’ari menyebar di Iraq pada tahun 380 H, selisih lima puluh tahun sesudah wafatnya Imam al-Maturidi. Sedangkan mazhab Imam al-Maturidi hanya tersebar di tanah airnya, yaitu di negara Transoxiana dan Asia Tengah.

Dr. Abdul Fattah al-Maghribi dalam kitab Imam Ahlusunah wal Jamaah al-Imam Abu Mansur wa ara’ahu al-Kalamiyah menjelaskan jumlah sisi perbedaan antara Imam al-Asy’ari dan Imam al-Maturidi. Syekh al-Maqrizi memaparkan bahwa perbedaan antara keduanya sebanyak dua belas. Pendapat ini senada dengan pendapat Imam as-Subki. Beda halnya Imam al-bayadhi, ia berpendapat bahwa perbedaan antara keduanya berkisar sebanyak lima puluh.

Ali Abdillah | Annajahsidogiri.id

Previous Post

Tuduhan Radikal Terhadap Islam

Next Post

Ada Makrifat di Balik Tarekat

Redaksi

Redaksi

Annajahsidogiri.id merupakan website Annajah Center Sidogiri (ACS), yang memegang teguh prinsip moderat dalam segala hal, sesuai dengan konsep Ahlusunnah Waljamaah.

Next Post
Ada Makrifat di Balik Tarekat

Ada Makrifat di Balik Tarekat

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Lintas Agama
  • Publikasi
  • Resensi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh
  • Wahabi
  • Wawancara

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Liberal
  • Wahabi
  • Syiah
  • Lintas Agama
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
    • Resensi
    • Tokoh
      • Firqah
    • Wawancara
  • Video

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.

  • https://www.lim.di.unimi.it/
    • slot gacor
    • slot gacor