https://international.uki.ac.id/
https://ejournal.polman-babel.ac.id/
https://baa.uwp.ac.id/
https://data.waykanankab.go.id/
https://www.idseed.org/
https://bpkad.tangerangselatankota.go.id/
https://www.ufrgs.br/feisc/
https://journal.indonesia-orthopaedic.org/
https://fh.uki.ac.id/
https://altair.one/
https://digilib.ars.ac.id/
https://volunteer.arabrcrc.org/
https://vokasi.unair.ac.id/berita/
https://eprosiding.ars.ac.id/
https://e-administrasi.fikk.unesa.ac.id/
Imam Dua Belas; Antara Ahlusunah dan Syiah - AnnajahSidogiri.id
AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Jumat, Juni 6, 2025
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual
    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

  • Aswaja
     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

  • Wahabi
    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

  • Liberal
    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

    • Wawancara
  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

  • Aswaja
     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

    Antara Mati dan Hidup Kembali?

  • Wahabi
    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Hukum Mengucapkan “Apa Kata yang di Atas”

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Polemik Tradisi 40 Harian

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

    Benang Merah Antara Khawarij dan Wahabi #1

  • Liberal
    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

    • Wawancara
  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
  • Video

Imam Dua Belas; Antara Ahlusunah dan Syiah

Redaksi by Redaksi
19 November 2021
in Aswaja, Syiah
Reading Time: 5 mins read
A A
0
Imam Dua Belas; Antara Ahlusunah dan Syiah
173
SHARES
2.2k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram

Perpecahan dan kelompok syiah adalah satu-kesatuan yang tak dapat dipisahkan. Syiah adalah kelompok yang mudah terkotak-kotak sebab segala konsep keagamaan yang mereka bangun adalah hasil produk mereka sendiri yang retan rancu dan irasional melalui pemalsuan riwayat-riwayat yang dinisbatkan kepada para Imam. Ada banyak corak perpecahan yang terjadi secara internal dalam tubuh Syiah, diantaranya adalah menentukan para imam saat waktu transisi imamah.

Perpecahan terjadi paska wafatnya imam yang ke-6, Imam Jakfar as-Shadiq. Satu golongan berpendapat bahwa imam selanjutnya adalah putra Imam Jakfar paling tua yang telah diwasiatkan untuk menjadi Imam, yaitu Ismail al-Mubarak. Menurut mereka Ismail tidak meninggal saat ayahnya hidup, beliau hanya berdakwah secara tersembunyi agar terhindar dari buruan penguasa Abbasiah. Mereka disebut Ismailiyun atau al-Mubarakiyun. Berbeda dengan mereka, golongan lain berasumsi bahwa imam selanjutnya adalah putra Imam Jakfar yang bernama Musa al-Kadzim, karena Ismail meninggal saat Imam Jakfar masih hidup. Mereka dikenal dengan nama Istna asyariyah. Tak hanya itu, Ismaliyyah berpendapat bahwa Imam akan terus eksis disetiap generasi hingga hari kiamat. Sedangkan Istna asyariyah berpendapat bahwa hak Imamah hanya dipegang oleh dua belas imam yang dipilih secara langsung oleh Rasulullah SAW.

Diantara dalil mengenai imam dua belas adalah hadis Rasulullah yang diriwayatkan Sulaim bin Qois (w.76) dalam kitabnya as-Staqifah :

“… Dari Imam Ali bahwa rasulullah berkhutbah sebelum wafat : “Wahai manusia, aku telah tinggalkan untuk kalian dua hal yang akan menjaga kalian dari kesesatan; kitabullah dan keturunanku. Karena keduannya tak akan terpisahkan hingga keduanya mendatangiku di telaga. Para sahabat berkata, “Kami bersaksi semua itu dari Rasulullah.” Imam Ali berkata “Hasbiyallah”. Lalu 12 sahabat badr berdiri dan berkata, “Kami bersaksi bahwa Rasulullah pernah berkhutbah dihari wafatnya, saat itu Umar bin Khattab berdiri seakan marah dan berakata, “Ya Rasulallah, apakah semua ahlul baitmu?” Rasulullah menjawab “Tidak semua, tetapi mereka yang mendapatkan wasiat dariku, diantara mereka adalah saudaraku, menteriku, pewarisku, dan ialah khalifah bagi umatku dan pemimpin setiap mukmin sepeninggalanku bersama 11 keturunannya kelak. Dan dia yang pertama dan terbaik, lalu anakku itu (Hasan dan Husain) lalu pewaris anakku yang bernama Ali bin Husain lalu anaknya, Muhammad, lalu Jakfar bin Muhammad kemudian Musa bin Jakfar, Ali bin Musa, Muhammad bin Ali, Ali bin Muhammad, al-Hasan bin Ali dan Muhammad bin Hasan, ialah imam Mahdi umat ini; namanya seperti namaku, memiliki karakter sepertiku. Ia akan menegakkan ajaranku, membumikan keadilan sebagaimana sebelumnya bumi penuh kedzaliman…”

Menarik untuk dibahas, khalifah dua belas ternyata juga diriwayatkan oleh para muhadis Ahlussunnah walJamaah. Seperti al-Bukhari dan Muslim. Diantaranya adalah riwayat dari Jabir bin Samurah. Beliu bercerita :

دَخَلْتُ مَعَ أَبِي عَلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ: إِنَّ هَذَا الْأَمْرَ لَا يَنْقَضِي حَتَّى يَمْضِيَ فِيهِمْ اثْنَا عَشَرَ خَلِيفَةً قَالَ: ثُمَّ تَكَلَّمَ بِكَلَامٍ خَفِيَ عَلَيَّ قَالَ: فَقُلْتُ لِأَبِي: مَا قَالَ؟ قَالَ: كُلُّهُمْ مِنْ قُرَيْشٍ

Aku datang kepada Rasulullah bersama ayahku, lalu aku mendengar Rasulullah bersabda : “sesungguhnya urusan ini tak akan berakhir hingga telah lewat kepemimpinan dua belas imam.” Lalu lanjutan Rasulullah tidak aku dengar. Aku bertanya kepada ayah, “Apa yang Rasulullah sabdakan?” Ayah menjawab, “Semua pemimpin tersebut berasal dari Quraisy”. HR. Bukhari 7222, Muslim 1821

Hadis Jabir diatas menjadi pegangan Syiah untuk membenarkan keyakinannya tentang imam dua belas. Dan anehnya, hadist tersebut adalah riwayat Bukhari-Muslim, dua amirul mukminin dalam bidang hadis Ahlussunnah walJamaah. Namun, bagaimana komentar para ulama mengenai hadis tersebut? Adakah hadis tersebut merupakan bukti nyata akan kebenaran dua belas imam versi Syiah?

Dalam mengomentari hadis di atas, para ulama terpecah menjadi dua kolompok. Kelompok pertama berpendapat bahwa dua belas imam tidak berkuasa dalam kurun waktu yang sama, mereka akan muncul pada masa-masa tertentu secara tidak tertib dari masa-kemasa. Kedua, berpendapat bahwa dua belas imam berkuasa dalam satu waktu. Berikut komentar para ulama Ahlussunnah walJamaah:

1- Imam an-Nawawi

Imam an-Nawawi dalam syarah sahih Muslim (12/202), Menukil pendapat Qadhi Iyadh berikut:

وَيَحْتَمِلُ أَنْ يَكُوْنَ المُرَادُ مُسْتَحقي الخِلَافَة العَادِلِيْن وَقَدْ مَضَى مِنْهُمْ مِنْ عِلْمٍ وَلَا بُدَّ مِنْ تَمَامِ هَذَا الْعَدَدِ قَبْلَ قِيَامِ السَّاعَةِ

Maksud khalifah dua belas tersebut adalah para khalifah yang adil yang telah berkuasa dimasanya. Dan hitungan dua belas akan sempurna sebelum bangkitnya hari kiamat.

 Selanjutnya, Imam an-Nawawi berkata:

قِيْلَ: إِنَّ مَعْنَاهُ أَنَّهُمْ يَكُوْنُوْنَ فِيْ عَصْرٍ وَاحِدٍ يَتَّبِعُ كُلُّ وَاحِدٍ مِنْهُمْ طَائِفَة قَالَ القَاضِي: وَلَا يَبْعَدُ أَنْ يَكُوْنَ هَذَا قَدْ وجد إِذَا تتبعت التَوَارِيْخ فَقَدْ كَانَ بِاْلأَنْدَلُسِ وَحدها مِنْهُمْ فِيْ عَصْرٍ وَاحِدٍ بَعْدَ أَرْبَعِمِائَة وَثَلَاثِيْنَ سَنَةً ثَلَاثَةٌ كُلُّهُمْ يدعِيهَا وَيُلَقَّبُ بِهَا وَكَانَ حِيْنَئِذٍ فِيْ مِصْرَ آخر وَكَانَ خَلِيْفَة الجَمَاعَة العَبَّاسِيَة بِبَغْدَاد سِوَى مَنْ كَانَ يدعي ذَلِكَ فِيْ ذَلِكَ اْلوَقْتِ فِيْ أَقْطَارِ اْلأَرْضِ قَالَ: وَيعضد هَذَا التَأْوِيْل قَوْله فِيْ كِتَابِ مُسْلِمٍ بَعْدَ هَذَا: سَتَكُوْنُ خُلَفَاء فيكثرون قَالُوْا: فَمَا تَأْمُرُنَا؟ قَالَ: فَوا بيعة الأول فالأول

Ada pendapat lain menyatakan bahwa para khalifah tersebut ada dalam satu masa yang masing-masing diikiuti oleh golongannya. Qadhi Iyadh berkata “Diantara mereka, tiga khalifah yang berkuasa di Andalusia dalam satu masa, setelah 430 tahun. Semuanya mengaku sebagai khalifah dan digelari dengannya. Dan saat itu, mereka ada di wilayah yang berbeda. Diantaranya lagi para khalifah Abbasiyah di Baghdad selain khalifah yang ada di wilayah yang lain. Pendapat ini diperkuat dengan hadis Muslim setelah ini”. “Akan berkuasa para khalifah yang banyak. Para sahabat bertanya, “Apa yang engkau perintahkan?” Rasulullah menjawab, “Baiatlah satu persatu”.

2- Imam al-Qurthubi

Sependapat dengan an-Nawawi, Imam al-Qurthubi berkata:

هُمْ خُلَفَاءُ الْعَدْلِِ كَاْلخُلَفَاءِ الأَرْبَعَةِ، وَعُمَرُ بِنْ عَبْد العَزِيْز، وَلَا بُدَّ مِنْ ظُهُوْرِ مَنْ يَتَنَزَّلُ مَنْزِلَتهُمْ فِيْ إِظْهَارِ اْلحَقِّ وَاْلعَدْلِ، حَتَّى يَكْمُل ذَلِ اْلعَدَد، وَهُوَ أَوْلَى الأَقْوَال عِنْدي

Mereka adalah para khalifah yang adil. Diantaranya adalah para 4 khalifah dan Umar bin Abdul Aziz dan juga akan muncul para khalifah yang juga adil seperti mereka hingga sempurna dua belas. Ini pendapat yang paling kuat bagi kami. Al-Mufhim (4/8).

3- Ibnu Katsir

Dalam tafsirnya (3/65), Ibnu Katsir berkata :

َوَمَعْنَى هَذَا الحَدِيْثِ البِشَارَةُ بِوُجُوْدِ اثْنَيْ عَشَرَ خَلِيْفَةً صَالِحًا يُقِيْمُ الحَقَّ وَيعدل فِيْهِمْ وَلَا يَلْزَمُ مِنْ هَذَا تَوَالِيهم وَتَتَابع أَيّامهم بَلْ قَدْ وُجِد مِنْهُمْ أَرْبَعَة عَلَى نَسَقٍ وَهُمْ الخُلَفَاءُ الْأَرْبَعَةِ: أبو بكر وعمر وعثمان وعلي رضي الله عنهم وَمِنْهُمْ عُمَرُ بن عبد العزيز بِلَا شَكٍّ عِنْدَ اْلأَئِمَّةِ وَبَعْضِ بَنِيْ العَبَّاس وَلَا تَقُوْمُ السَاعَةُ حَتَّى تَكُوْنَ وِلَايَتُهُمْ لَا مُحَالَةَ وَالظَاهِرُ أَنَّ مِنْهُمْ المَهْدِي المبشر به فِيْ الْأَحَادِيْثِ الوَارِدَةِ بِذِكْرِهِ

Makna hadis tersebut adalah memberi kabar baik akan kemunculan dua belas khalifah yang salih. Dan kepemimpinan ini tidaklah harus berkala secara sambung-menyambung dari generasi kegenerasi. Diantara mereka adalah khalifah yang empat secara urut, yaitu Abu bakar, Umar, Usman dan Ali. Diantaranya juga adalah Umar bin Abdul Aziz yang disepakati oleh para imam dan sebagian penguasa Abbasiyah. Dan tak akan bangkit hari kiamat hingga kepemimpinan mereka sempurna. Yang jelas, diantara mereka adalah imam Mahdi yang dikabarkan dalam banyak hadis.

4-Ibnu Hajar al-Asqalani

Dalam kitab Fathul-Bari (13/211), Ibnu Hajar berkata:

قَالَ – يَعْنِيْ: المهلب- : وَالذِيْ يغلب عَلَى الظَنِّ أَنَّهُ عَلَيْهِ الصَلَاةُ وَالسَّلَامُ أَخْبَرَ بأعاجيب تَكُوْنُ بَعْدَهُ مِنْ الفِتَنِ حَتَّى يَفْتَرِق النَاس فِي وَقْتٍ وَاحِدٍ عَلَى اثْنَيْ عَشَرَ أَمِيْرًا قَالَ وَلَوْ أَرَادَ غَيْر هَذَا لَقَالَ يَكُوْنُ اثْنَا عَشَرَ أَمِيْرًا يَفْعَلُوْنَ كَذَا فَلَمَّا أعراهُمْ مِنْ الخَبَرِ عَرَفْنَا أَنَّهُ أَرَادَ أَنَّهُمْ يَكُوْنُوْنَ فِيْ زَمَنٍ وَاحِدٍ اِنْتَهَى كَلام المهلب قَالَ الحَافِظُ وَهُوَ كَلَامُ مَن لَمْ يقف عَلَى شَيْءٍ مِنْ طُرُقِ اْلحَدِيْثِ غير الرِوَايَة التِيْ وَقَعَتْ فِيْ البُخَارِي هَكَذَا مُخْتَصَرَة وَقَدْ عَرفت مِنَ الرِّوَايَاتِ التِيْ ذَكَرْتُهَا مِنْ ِعْنِد مُسْلِمٍ وَغَيْرِهِ أَنَّهُ ذكر الصفة التِيْ تَخْتَصُّ بِوِلَايَتِهِمْ وَهُوَ كَوْنُ اْلإِسْلَامِ عَزِيْزًا مَنِيْعًا وَفِيْ الرِوَايَةِ الْأُخْرَى صِفَة أُخْرَى وَهُوَ أَنَّ كُلَّهُمْ يَجْتَمِعُ عَلَيْهِ النَاسُ كَمَا وَقَعَ عِنْدَ أَبِيْ دَاوُد فَإِنَّهُ أَخْرَجَ هَذَا الحَدِيْث مِنْ طَرِيْقِ إِسْمَاعِيْل بِن أَبِيْ خَالِد عَنْ أَبِيْهِ عَنْ جَابِر بن سمرة بِلَفْظِ لَا يَزَالُ هَذَا الدِيْنُ قَائِمًا حَتَّى يَكُوْن عَلَيْكُمْ اِثْنَا عَشَرَ خَلِيْفَةً كُلُّهُمْ تَجْتَمِعُ عَلَيْهِ الْأُمَّةِ

Disebutkan dalam kitab al-mahlab: Pendapat yang kuat bahwa Rasulullah mengabarkan fitnah yang terjadi luar biasa, hingga umat akan terpecah belah pada dua belas penguasa dalam waktu yang sama. Seandainya pemahaman hadis tersebut bukanlah demikian niscaya Rasulullah akan bersabda “Dua belas pemimpin melakukan demikian”. Dengan demikian, kita tahu bahwa yang Rasullah kehendaki adalah dua belas pemimpin pada satu masa.

Bagi saya, pendapat ini tidak mempertimbangkan jalur hadis yang berbeda selain jalur Bukhari yang disebut secara ringkas. Padahal banyak riwayat yang disebutkan Imam Muslim dan lainnya yang menyebutkan sifat kepemimpinan mereka. Yaitu saat Islam jaya. Dalam riwayat lain, disebutkan sifat yang berbeda; bahwa setiap pemimpin menjadi rujukan semua umat, seperti riwayat Abu Dawud, beliau meriwayaktan hadis melalui Ismail bin Khalid dari ayahnya, dari Jabir bin Samurah dengan redaksi, “Agama ini akan terus tegak berdiri hingga kalian dipimpin 12 khalifah. Semuanya disepakati oleh umat.”.

Dengan demikian, dapat kita simpulkan bahwa para ulama sepakat bahwa para khalifah dua belas yang Rasulullah sabdakan bukanlah para imam yang dimaksudkan oleh Syi’ah. Wallu a’lam

Bachrul Widad | Annajahsidogiri.id

Previous Post

Kitab-kitab versi Syiah

Next Post

Buletin Tauiyah 245

Redaksi

Redaksi

Annajahsidogiri.id merupakan website Annajah Center Sidogiri (ACS), yang memegang teguh prinsip moderat dalam segala hal, sesuai dengan konsep Ahlusunnah Waljamaah.

Next Post
Buletin Tauiyah 245

Buletin Tauiyah 245

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Publikasi
  • Resensi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh
  • Wahabi
  • Wawancara

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
    • Resensi
    • Tokoh
    • Wawancara
  • Video

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.