Jamak kita ketahui, Nabi Muhammad ﷺ merupakan nabi terakhir yang Allah ﷻ utus ke bumi untuk menyeru umat manusia agar beribadah kepada-Nya. Tidak ada lagi nabi yang diutus setelah beliau, yang menandakan beliaulah empu dari gelar khataman-nabiyyin. Dan alasan Allah ﷻ tidak mengutus nabi lagi setelah beliau karena ajaran nabi Muhammad ﷺ merupakan penyempurna ajaran para nabi sebelumnya. Mengenai hal ini, imam Al-Jazairy dalam kitab Jawahirul kalamiyah menyatakan:
إنما كان نبينا عليه الصلاة والسلام خاتم الأنبياء لأن حكمة إرسال الانبياء دعوة الخلق إلى عبادة الحق وإرشادهم الى طريق السداد فى أمور المعاش والمعاد وإعلامهم بالامور الغائبة عن ابصارهم والاحوال التى لا يصلون إليها بأفكارهم وتقرير الأدلة القاطعة وإزالة الشبه الباطلة. وقد تكلفت شريعته الغراء ببيان جميع هذه الأشياء على وجه لا يتصور أبلغ منه فى الكمال، بحيث توافق جميع الأمم فى جميع الأزمنة والأمكنة والاحوال. فلا حاجة للخلق الى نبي بعده، لأن الكمال قد بلغ حده. ومن هذا يظهر سر إرساله لجميع الخلق، وكونه أكملهم فى الخلق والخلق[1].
“Sebenarnya nabi kita Muhammad dikatakan sebagai penutup para nabi itu karena hikmah terutusnya para nabi itu untuk menyeru umat manusia agar beribadah kepada Allah, menunjukkan mereka ke jalan yang lurus dalam urusan kehidupan duniawi dan ukhrawi, memberi tahu kepada mereka tentang hal-hal yang tidak dapat dicapai oleh penglihatan mereka, dan memberi tahu keadaan dimana pemikiran mereka tidak dpat menggapainya , dan menetapkan dalil yang meyakinkan, serta menghilangkan syubhat-syubhat (keserupaan) yang tidak benar. Syariat-Nya telah bersusah payah menjelaskan semua hal ini dengan cara yang tak terbayangkan lebih sempurna, sehingga sesuai dengan semua bangsa di segala waktu, tempat dan situasi. Maka manusia tidak memerlukan lagi Nabi sesudah Nabi Muhammad, sebab syariatnya telah mencapai batas kesempurnaan. Dan dari alasan inilah, tampak jelas tentang rahasia terutusnya beliau untuk seluruh umat manusia, dan keberadaan beliau sebagai manusia yang paling utama dalam segi fisik serta akhlaknya.”
Baca Juga; Allah Maha Penipu?
Lantas bagaimana dengan salah satu ajaran Ahlussunnah wal-jamaah perihal turunnya nabi Isa menjelang hari kiamat? Bukankah gelar Khataman nabiyyin lebih layak disematkan pada nabi Isa? Mengingat penurunan nabi Isa as ke bumi tentu setelah wafatnya nabi Muhammad ﷺ.
Gelar nabi Muhammad ﷺ sebagai Khataman nabiyyin tanpa menafikan turunnya nabi Isa menjelang hari kiamat. Dan gelar khataman-nabiyyin sudah pantas tersemat pada diri nabi Muhammad ﷺ, sebab turunnya nabi Isa di akhir zaman berhukum menggunakan syariat nabi Muhammad ﷺ, bukan dengan syariat beliau sendiri dan kedudukan nabi Isa ketika itu adalah sebagai khalifah( pengganti) nabi Muhammad serta pengganti dalam meneruskan syariatnya bagi umat.
Berikut pernyataan imam Thahir al-Jazairy dalam kitab Jawahirul kalamiyah:
س: كيف يقال ان نبينا عليه الصلاة والسلام خاتم الانبياء مع أن عيسى عليه السلام ينزل فى آخر الزمان؟ ج: إن عيسى عليه السلام ينزل فى آخر الزمان ويحكم بشريعة نبينا عليه السلام دون شريعته، لأن شريعته قد نسخت لمضي الوقت الذي كان العمل بها موافقا لمقتضى الحكمة. فيكون خليفة لنبينا عليه السلام ونائبا عنه فى إجراء شريعته فى هذه الأمة، وذلك مما يؤكد كون نبينا خاتم الانبياء.
“Soal: Mengapa dikatakan bahwa sesungguhnya Nabi kita Muhammad adalah penutup para nabi, padahal Isa ibn Maryam akan turun di akhir zaman? Jawab: Sesungguhnya Isa Ibn Maryam akan turun di akhir zaman, dan akan berhukum dengan syariat Nabi Muhammad, bukan dengan dengan syariat beliau sendiri (Isa), karena sesungguhnya syariat beliau (Isa) telah terhapus ditelan oleh zaman untuk mengamalkannya, sesuai dengan ketentuan hikmah kebijaksanaan Allah. Maka beliau (Isa) menjadi Khalifah (pengganti) Nabi kita Muhammad, dan sebagai pengganti dalam meneruskan syariatnya bagi umat ini. Hal demikian adlah di antara yang memperkuat kedudukan Nabi kita Muhammad sebagai penutup para Nabi.”[2]
Baca Juga; Buletin Tauiyah 301
Jadi, gelar Khataman-nabiyyin sudah layak tersemat pada diri nabi Muhammad ﷺ bukan pada nabi Isa. Sebab turunnya nabi Isa kelak di akhir zaman adalah sebagai khalifah (pengganti) nabi Muhammad ﷺ, bukan sebagai nabi baru dengan membawa syariat tersendiri, tapi beliau berhukum dengan menggunakan syariat nabi Muhammad ﷺ.
Muhammad Aminulloh | Annajahsidogiri.id
[1] Syekh Thahir al-Jazairy; Jawâhirul-kalâmiyah hal. 36
[2] Syekh Thahir al-Jazairy, Jawahirul kalamiyah, hal. 37