• xnxx
  • xnxx
Tarik-Ulur Dogma Ru’yatullah - AnnajahSidogiri.id
AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Selasa, Oktober 28, 2025
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual
    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Wali dan Karamah [1/3]

    Matan as-Sanusiyyah; Kitab Tipis, Sarat Makna

    Matan as-Sanusiyyah; Kitab Tipis, Sarat Makna

    Membongkar Mitos: Al-Ghazali dan Klaim Kemunduran Sains Islam (1/2)

    Membongkar Mitos: Al-Ghazali dan Klaim Kemunduran Sains Islam (1/2)

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Naskh dan Mansukh; Antara Relevansi dan Kontroversi

    Memahami Perbuatan Tuhan

    Memahami Perbuatan Tuhan

    Mati Kelaparan Gara-gara Allah (?)

    Mati Kelaparan Gara-gara Allah (?)

    karma

    Dilema Karma; Antara Doktrin Hindu dan Ajaran Islam

    Antara Anugerah dan Hidayah

    Antara Anugerah dan Hidayah

    Nderek Guru Dengan Bijak

    Nderek Guru Dengan Bijak

  • Aswaja
    Wali

    Wali dan Karamah [3/3]

    karomah wali

    Wali dan Karamah [2/3]

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Arti Mimpi Melihat Allah

    Ketika Kau Membenci Ahlul Bait

    Ketika Kau Membenci Ahlul Bait

    Nabi Khidir Hanya Ilusi Sufi?

    Nabi Khidir Hanya Ilusi Sufi?

    Membantah Konsep Trinitas #2

    Khataman Nabiyyin; Antara Nabi Isa dan Nabi Muhammad

    Bukti Sifat Wujud Allah Sebelum Alam Diciptakan

    Bukti Sifat Wujud Allah Sebelum Alam Diciptakan

    Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat (part 2)

    Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat (part 2)

    Sikap Aswaja Terhadap Tradisi Masyarakat

    Sikap Aswaja Terhadap Tradisi Masyarakat

  • Liberal

    Kemakhlukan Al-Quran Versi Muktazilah dan Liberal

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Tuhan Tidak Adil?

    Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (2/2)

    Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (2/2)

     Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (1/2)

     Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (1/2)

    Menepis Tafsir Feminis

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

  • Wahabi
    Keterlibatan Inggris Dalam Kampanye Wahabisme

    Keterlibatan Inggris Dalam Kampanye Wahabisme

    Shalawat Nabi Dan Sejarah Kelam Wahabi

    Shalawat Nabi Dan Sejarah Kelam Wahabi

    Kontroversi Wahabi Perihal Mengatakan “ Sayyid “ Pada Nabi

    Kontroversi Wahabi Perihal Mengatakan “ Sayyid “ Pada Nabi

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

  • Syiah
    Allah Adalah Dzat, Bukan Roh

    Ismailiyah: Sinkronisasi Filsafat dalam Ajaran Syiah

    Syiah

      Membedah Hadis Syiah

    Menyoal Cinta Syiah kepada Ahlul Bait

    Sekte Al-Kaysaniyyah: Antara Politik, Pembalasan, dan Penyimpangan

    Sekte Al-Kaysaniyyah: Antara Politik, Pembalasan, dan Penyimpangan

    Sekilas Tentang Politik Syiah

    Sekilas Tentang Politik Syiah

    Perkembangan Syiah di Indonesia

    Perkembangan Syiah di Indonesia

    Aliran Ghurabiyyah sekte Syiah Yang Keluar dari Arus Utama Islam

    Aliran Ghurabiyyah sekte Syiah Yang Keluar dari Arus Utama Islam

    Sekte Saba’iyah: Awal Mula Ekstremisme dalam Sejarah Islam

    Sekte Saba’iyah: Awal Mula Ekstremisme dalam Sejarah Islam

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

  • Lintas Agama
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      • Firqah
    • Wawancara
  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Wali dan Karamah [1/3]

    Matan as-Sanusiyyah; Kitab Tipis, Sarat Makna

    Matan as-Sanusiyyah; Kitab Tipis, Sarat Makna

    Membongkar Mitos: Al-Ghazali dan Klaim Kemunduran Sains Islam (1/2)

    Membongkar Mitos: Al-Ghazali dan Klaim Kemunduran Sains Islam (1/2)

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Naskh dan Mansukh; Antara Relevansi dan Kontroversi

    Memahami Perbuatan Tuhan

    Memahami Perbuatan Tuhan

    Mati Kelaparan Gara-gara Allah (?)

    Mati Kelaparan Gara-gara Allah (?)

    karma

    Dilema Karma; Antara Doktrin Hindu dan Ajaran Islam

    Antara Anugerah dan Hidayah

    Antara Anugerah dan Hidayah

    Nderek Guru Dengan Bijak

    Nderek Guru Dengan Bijak

  • Aswaja
    Wali

    Wali dan Karamah [3/3]

    karomah wali

    Wali dan Karamah [2/3]

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Arti Mimpi Melihat Allah

    Ketika Kau Membenci Ahlul Bait

    Ketika Kau Membenci Ahlul Bait

    Nabi Khidir Hanya Ilusi Sufi?

    Nabi Khidir Hanya Ilusi Sufi?

    Membantah Konsep Trinitas #2

    Khataman Nabiyyin; Antara Nabi Isa dan Nabi Muhammad

    Bukti Sifat Wujud Allah Sebelum Alam Diciptakan

    Bukti Sifat Wujud Allah Sebelum Alam Diciptakan

    Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat (part 2)

    Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat (part 2)

    Sikap Aswaja Terhadap Tradisi Masyarakat

    Sikap Aswaja Terhadap Tradisi Masyarakat

  • Liberal

    Kemakhlukan Al-Quran Versi Muktazilah dan Liberal

    Antara Relevansi dan Kontroversi

    Tuhan Tidak Adil?

    Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (2/2)

    Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (2/2)

     Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (1/2)

     Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (1/2)

    Menepis Tafsir Feminis

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

  • Wahabi
    Keterlibatan Inggris Dalam Kampanye Wahabisme

    Keterlibatan Inggris Dalam Kampanye Wahabisme

    Shalawat Nabi Dan Sejarah Kelam Wahabi

    Shalawat Nabi Dan Sejarah Kelam Wahabi

    Kontroversi Wahabi Perihal Mengatakan “ Sayyid “ Pada Nabi

    Kontroversi Wahabi Perihal Mengatakan “ Sayyid “ Pada Nabi

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

  • Syiah
    Allah Adalah Dzat, Bukan Roh

    Ismailiyah: Sinkronisasi Filsafat dalam Ajaran Syiah

    Syiah

      Membedah Hadis Syiah

    Menyoal Cinta Syiah kepada Ahlul Bait

    Sekte Al-Kaysaniyyah: Antara Politik, Pembalasan, dan Penyimpangan

    Sekte Al-Kaysaniyyah: Antara Politik, Pembalasan, dan Penyimpangan

    Sekilas Tentang Politik Syiah

    Sekilas Tentang Politik Syiah

    Perkembangan Syiah di Indonesia

    Perkembangan Syiah di Indonesia

    Aliran Ghurabiyyah sekte Syiah Yang Keluar dari Arus Utama Islam

    Aliran Ghurabiyyah sekte Syiah Yang Keluar dari Arus Utama Islam

    Sekte Saba’iyah: Awal Mula Ekstremisme dalam Sejarah Islam

    Sekte Saba’iyah: Awal Mula Ekstremisme dalam Sejarah Islam

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

  • Lintas Agama
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      • Firqah
    • Wawancara
  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Liberal
  • Wahabi
  • Syiah
  • Lintas Agama
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
  • Video

Tarik-Ulur Dogma Ru’yatullah

Redaksi by Redaksi
4 Januari 2021
in Aswaja
Reading Time: 3 mins read
A A
0
159
SHARES
2k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram

Tarik-Ulur Dogma melihat AllahMelihat AllahSWT adalah anugerah terindah yang hanya diperoleh hamba yang menjadi kekasih-Nya. Baik dalam mimpi, sebagaimana yang pernah di alami Imam Ahmad bin Hanbal ra.1 Atau juga saat terjaga, sebagaimana yang terjadi pada diri Rasulullah SAW saat peristiwa Isra’ Mi’raj.2

Dengan limit waktu yang berbeda, kelak Allah SWT memberi kesempatan pada semua penduduk surga untuk melihat-Nya. Hal ini sebagaimana yang di ungkapkan oleh Syekh Abu Yazid al-Bustami , bahwa Allah SWT akan membagi waktu khusus untuk sebagian penduduk surga agar bisa merasakan kenikmatan melihat-Nya.

Keabsahan Ru’yatullah

Konsensus pakar teolog Ahlussunnah menyatakan, bahwa Allah SWT dapat dilihat oleh hamba-Nya kelak. Selain karena secara rasio Allah SWT memiliki sifat Wujud, juga lantaran terdapat dalil ayat al-Quran dan hadis yang melandasi pendapat tersebut. Semisal QS al-Qiyâmah (75): 22-23, QS al-Muthaffifîn (83): 23.3

Atau sebuah hadis yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda kepada para shahabatnya: “Sesungguhnya kalian akan melihat tuhan kalian, sebagaimana kalian melihat bulan di malam gerhana.” (HR Imam Bukhari dan Imam Muslim). Namun demikian, terdapat hadis lain yang diriwayatkan dari Sayidah ‘Aisyah berbunyi begini: “Barang siapa menyangka Muhammad SAW telah melihat tuhannya, maka ia telah berbohong.”

Nah, keberadaan hadis yang terakhir disebut tadi menyebabkan tarik-ulur dikalangan teolog: apakah Allah SWT bisa dilihat di dunia atau tidak? Sebagian ulama salaf seperti Ibnu Abi Hatim berpendapat bahwa Allah SWT hanya dilihat di akhirat. Hal ini lantaran Ibnu Abu Hatim menyimpulkan hadis Sayidah Aisyah tadi pada pemahaman bahwa Allah SWT tak bisa dilihat di dunia, mengacu pada pendapat Ismail bin Ulayyah y ketika menafisiri firman Allah SWT: “Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, namun Dia dapat melihat segala hal yang kelihatan (mata).” (QS al-An’am [6]: 103).4

Sedangkan ulama Mutaakhirin seperti Ibrahim bin Muhammad al-Baijuri y berpendapat bahwa Allah SWT dapat dilihat di dunia, seperti yang di alami Rasulullah SAW ketika Isra’ Mi’raj. Adapun riwayat Sayidah Aisyah tadi menurut Ibrahim al-Baijuri telah terdegradasi dengan sendirinya, karena riwayat yang lebih kuat dari shahabat Abdullah Ibnu Abbas y menyatakan Allah SWT dapat dilihat di dunia dan di akhirat sekaligus.

Dari dua pendapat yang di kemukakan tadi, baik Ibnu Abi Hatim maupun Ibrahim al-Baijuri pada dasarnya masih berada dalam rel yang benar, sebab keduanya sama-sama masih meyakini kemungkinan Allah SWT bisa dilihat. Namun masih ada satu kelompok antagonis yang punya cara pandang berbeda dari lumrahnya. Mereka adalah sekte Muktazilah yang enggan untuk menerima pemahaman seperti di muka, namun juga menggunakan landasan dalil QS al-An’am (6): 103 tadi.

Muktazilah menyatakan mustahil Allah SWT bisa dilihat orang mukmin, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Muktazilah Baghdad bahkan lebih parah lagi. Mereka malah mengarahkan nash al-Quran dan hadis terkait kemungkinan Allah SWT dilihat kepada makna “ilmu” (pengetahuan).5

Syeh Ibrahim al-Baijuri sebenarnya telah menyanggah interpretasi kelompok Muktazilah ini. Bahwa kata “la tudrikuhul-abshar” yang tedapat dalam QS al-An’am tadi tidaklah sebagaimana pernyataan Muktazilah.Kata “idrâk” (dari akar kata tudraku) menurut beliau lebih mengarah pada pemaknaan yang umum, yakni melihat secara keseluruhan (ru’yah bil-ihâthah) atau hampir mirip dengan seseorang yang melihat sebuah benda secara utuh.

Sedangkan penglihatan hamba kepada Allah SWT adalah berkat kekuatan anugerah ilahi, bukan karena kekuatan penglihatan mata itu sendiri. Allah SWT hanya akan menganugerahkan kenikmatan melihat dzat-Nya kepada orang-orang yang Dia kehendaki saja.6

Dimanakah kita melihat Allah SWT?

Secara garis besar, tempat yang dimungkinkan untuk melihat Allah SWT di dunia dan di surga kelak. Di dunia, Allah SWT akan terlihat di padang Mahsyar (al-mauqif) saat seluruh manusia di hisab amalnya. Pakar teologi juga menyepakati bahwa Allah SWT dapat dilihat oleh orang-orang mukmin kelak di surga. Hal ini senada dengan pernyataan mayoritas ulama Mufassirin, semisal Ibnu Abdissalam dan as-Samarkandi dalam menginterpretasikan firman Allah SWT: “Bagi orang-orang yang berbuat baik, terdapat pahala yang terbaik berserta tambahannya.” (QS Yunus [10]: 26).

Ibnu Abdissalam dan as-Samarkandi menafsiri kata “al-husna” dalam ayat tersebut dengan surga, sedangkan kata “ziyâdah” ditafsiri dengan kenikmatan melihat Allah SWT. Sehingga ayat tersebut dapat difaham begini: kelak penduduk surga akan mendapatkan tambahan keutamaan dari Allah SWT berupa kenikmatan tertinggi dengan cara melihat dzat-Nya.7 Ini juga di dukung dalil sabda Rasulullah SAW, bahwa ketika membaca QS Yunus (10): 26 tadi beliau berkata, kelak penduduk surga akan dibuka hijabnya sehingga bisa memandang Allah SWT secara langsung.8

Sedangkan perihal melihat Allah SWT di dunia, tepatnya di padang Mahsyar, masih menjadi topik perdebatan dikalangan pakar teolog. Hanya saja pendapat yang terpilih (al-mukhtar) adalah yang menyatakan kemungkinan melihat Allah SWT di dunia .9

Ikhtitâm

Dari pemaparan tadi, ada satu kesimpulan terbaik (natijah) yang perlu kita yakini bersama: bahwa melihat Allah SWT adalah kenikmatan tiada tara yang telah Dia janjikan kepada umat muslim, terlepas dari hal itu akan terjadi di dunia atau di akhirat. Wallahu A’lam.

Abdul Hamid/Annajah.co

Previous Post

Menyikapi Nasib dengan Bertauhid

Next Post

Buletin Tauiyah Syawal 1438-Edisi 198

Redaksi

Redaksi

Annajahsidogiri.id merupakan website Annajah Center Sidogiri (ACS), yang memegang teguh prinsip moderat dalam segala hal, sesuai dengan konsep Ahlusunnah Waljamaah.

Next Post
Buletin Tauiyah Edisi 212 & 213

Buletin Tauiyah Syawal 1438-Edisi 198

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Lintas Agama
  • Publikasi
  • Resensi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh
  • Wahabi
  • Wawancara

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Liberal
  • Wahabi
  • Syiah
  • Lintas Agama
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
    • Resensi
    • Tokoh
      • Firqah
    • Wawancara
  • Video

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.

  • https://www.lim.di.unimi.it/
    • slot gacor
    • slot gacor