AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Jumat, September 22, 2023
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual
    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    NKRI Harga Mati (2/2)

    NKRI Harga Mati (2/2)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (3/3)

    NKRI Harga Mati (1/2)

    NKRI Harga Mati (1/2)

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Skandal Syiah Tentang Mut'ah

    Skandal Syi’ah Tentang Mut’ah

    Buletin Tauiyah Edisi 224 Jumadats Tsaniyah

    Menyoal Ajaran Raj’ah (Reinkarnasi) Versi Syiah

    Menyoal Ajaran Raj’ah (Reinkarnasi) Versi Syiah

    Menyingkap Turbah Husainiyah; Batu Sujud Orang Syiah

    Menyingkap Turbah Husainiyah; Batu Sujud Orang Syiah

  • Aswaja
    Objek Garapan Singa Aswaja

    Objek Garapan Singa Aswaja

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (2/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Di Balik Rebo Wekasan

    Di Balik Rebo Wekasan

    Berbakti pada Orang Tua yang Kafir (?)

    Berbakti pada Orang Tua yang Kafir (?)

    Benarkah Umat Nabi Tidak Akan Sepakat pada Kesesatan?

    Benarkah Umat Nabi Tidak Akan Sepakat pada Kesesatan?

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

  • Wahabi
    Allah Berada di Atas? (#2)

    Allah Berada di Atas? (#2)

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (1/2)

    Allah Berada di Atas? (#1)

    Allah Berada di Atas? (#1)

    Statement Kontroversial Wahabi

    Statement Kontroversial Wahabi

    Berjabat Tangan Seusai Shalat, Bidahkah?

    Berjabat Tangan Seusai Shalat, Bidahkah?

    Menyiram Kuburan dengan Air, Bidahkah?

    Menyiram Kuburan dengan Air, Bidahkah?

  • Syiah
    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Ritual Karbala; Manipulasi Cinta Buta Syiah

    Ritual Karbala; Manipulasi Cinta Buta Syiah

    Imamah

    Sayyidina Ali dan Imamah

    kiai qoimuddin

    Ust. Qoimuddin: Syiah Tidak Mencintai Ahli Bait

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

  • Liberal
    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Mungkinkah Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an Palsu?

    Mungkinkah Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an Palsu?

    Ketika Wanita Dilecehkan (#2)

    Ketika Wanita Dilecehkan (#2)

    Ketika Wanita Dilecehkan

    Ketika Wanita Dilecehkan

  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      An-Nubuwah wal-Anbiya’;  Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

      An-Nubuwah wal-Anbiya’; Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Nabi Khidir

    Apakah Nabi Khidir Masih Hidup?

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

    Tutorial Selamat Dari Kebatinan

    Keutamaan Membaca Surah al-Ikhlas

    Keutamaan Membaca Surah al-Ikhlas

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    NKRI Harga Mati (2/2)

    NKRI Harga Mati (2/2)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (3/3)

    NKRI Harga Mati (1/2)

    NKRI Harga Mati (1/2)

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Skandal Syiah Tentang Mut'ah

    Skandal Syi’ah Tentang Mut’ah

    Buletin Tauiyah Edisi 224 Jumadats Tsaniyah

    Menyoal Ajaran Raj’ah (Reinkarnasi) Versi Syiah

    Menyoal Ajaran Raj’ah (Reinkarnasi) Versi Syiah

    Menyingkap Turbah Husainiyah; Batu Sujud Orang Syiah

    Menyingkap Turbah Husainiyah; Batu Sujud Orang Syiah

  • Aswaja
    Objek Garapan Singa Aswaja

    Objek Garapan Singa Aswaja

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (2/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Di Balik Rebo Wekasan

    Di Balik Rebo Wekasan

    Berbakti pada Orang Tua yang Kafir (?)

    Berbakti pada Orang Tua yang Kafir (?)

    Benarkah Umat Nabi Tidak Akan Sepakat pada Kesesatan?

    Benarkah Umat Nabi Tidak Akan Sepakat pada Kesesatan?

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

  • Wahabi
    Allah Berada di Atas? (#2)

    Allah Berada di Atas? (#2)

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (1/2)

    Allah Berada di Atas? (#1)

    Allah Berada di Atas? (#1)

    Statement Kontroversial Wahabi

    Statement Kontroversial Wahabi

    Berjabat Tangan Seusai Shalat, Bidahkah?

    Berjabat Tangan Seusai Shalat, Bidahkah?

    Menyiram Kuburan dengan Air, Bidahkah?

    Menyiram Kuburan dengan Air, Bidahkah?

  • Syiah
    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Ritual Karbala; Manipulasi Cinta Buta Syiah

    Ritual Karbala; Manipulasi Cinta Buta Syiah

    Imamah

    Sayyidina Ali dan Imamah

    kiai qoimuddin

    Ust. Qoimuddin: Syiah Tidak Mencintai Ahli Bait

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

  • Liberal
    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Mungkinkah Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an Palsu?

    Mungkinkah Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an Palsu?

    Ketika Wanita Dilecehkan (#2)

    Ketika Wanita Dilecehkan (#2)

    Ketika Wanita Dilecehkan

    Ketika Wanita Dilecehkan

  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      An-Nubuwah wal-Anbiya’;  Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

      An-Nubuwah wal-Anbiya’; Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Nabi Khidir

    Apakah Nabi Khidir Masih Hidup?

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

    Tutorial Selamat Dari Kebatinan

    Keutamaan Membaca Surah al-Ikhlas

    Keutamaan Membaca Surah al-Ikhlas

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Syiah
  • Liberal
  • Publikasi
  • Konsultasi
  • Video

Tarik-Ulur Dogma Ru’yatullah

Redaksi by Redaksi
4 Januari 2021
in Aswaja
Reading Time: 3 mins read
A A
0
153
SHARES
1.9k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram

Tarik-Ulur Dogma melihat AllahMelihat AllahSWT adalah anugerah terindah yang hanya diperoleh hamba yang menjadi kekasih-Nya. Baik dalam mimpi, sebagaimana yang pernah di alami Imam Ahmad bin Hanbal ra.1 Atau juga saat terjaga, sebagaimana yang terjadi pada diri Rasulullah SAW saat peristiwa Isra’ Mi’raj.2

Dengan limit waktu yang berbeda, kelak Allah SWT memberi kesempatan pada semua penduduk surga untuk melihat-Nya. Hal ini sebagaimana yang di ungkapkan oleh Syekh Abu Yazid al-Bustami , bahwa Allah SWT akan membagi waktu khusus untuk sebagian penduduk surga agar bisa merasakan kenikmatan melihat-Nya.

Keabsahan Ru’yatullah

Konsensus pakar teolog Ahlussunnah menyatakan, bahwa Allah SWT dapat dilihat oleh hamba-Nya kelak. Selain karena secara rasio Allah SWT memiliki sifat Wujud, juga lantaran terdapat dalil ayat al-Quran dan hadis yang melandasi pendapat tersebut. Semisal QS al-Qiyâmah (75): 22-23, QS al-Muthaffifîn (83): 23.3

Atau sebuah hadis yang menyatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda kepada para shahabatnya: “Sesungguhnya kalian akan melihat tuhan kalian, sebagaimana kalian melihat bulan di malam gerhana.” (HR Imam Bukhari dan Imam Muslim). Namun demikian, terdapat hadis lain yang diriwayatkan dari Sayidah ‘Aisyah berbunyi begini: “Barang siapa menyangka Muhammad SAW telah melihat tuhannya, maka ia telah berbohong.”

Nah, keberadaan hadis yang terakhir disebut tadi menyebabkan tarik-ulur dikalangan teolog: apakah Allah SWT bisa dilihat di dunia atau tidak? Sebagian ulama salaf seperti Ibnu Abi Hatim berpendapat bahwa Allah SWT hanya dilihat di akhirat. Hal ini lantaran Ibnu Abu Hatim menyimpulkan hadis Sayidah Aisyah tadi pada pemahaman bahwa Allah SWT tak bisa dilihat di dunia, mengacu pada pendapat Ismail bin Ulayyah y ketika menafisiri firman Allah SWT: “Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, namun Dia dapat melihat segala hal yang kelihatan (mata).” (QS al-An’am [6]: 103).4

Sedangkan ulama Mutaakhirin seperti Ibrahim bin Muhammad al-Baijuri y berpendapat bahwa Allah SWT dapat dilihat di dunia, seperti yang di alami Rasulullah SAW ketika Isra’ Mi’raj. Adapun riwayat Sayidah Aisyah tadi menurut Ibrahim al-Baijuri telah terdegradasi dengan sendirinya, karena riwayat yang lebih kuat dari shahabat Abdullah Ibnu Abbas y menyatakan Allah SWT dapat dilihat di dunia dan di akhirat sekaligus.

Dari dua pendapat yang di kemukakan tadi, baik Ibnu Abi Hatim maupun Ibrahim al-Baijuri pada dasarnya masih berada dalam rel yang benar, sebab keduanya sama-sama masih meyakini kemungkinan Allah SWT bisa dilihat. Namun masih ada satu kelompok antagonis yang punya cara pandang berbeda dari lumrahnya. Mereka adalah sekte Muktazilah yang enggan untuk menerima pemahaman seperti di muka, namun juga menggunakan landasan dalil QS al-An’am (6): 103 tadi.

Muktazilah menyatakan mustahil Allah SWT bisa dilihat orang mukmin, baik di dunia maupun di akhirat kelak. Muktazilah Baghdad bahkan lebih parah lagi. Mereka malah mengarahkan nash al-Quran dan hadis terkait kemungkinan Allah SWT dilihat kepada makna “ilmu” (pengetahuan).5

Syeh Ibrahim al-Baijuri sebenarnya telah menyanggah interpretasi kelompok Muktazilah ini. Bahwa kata “la tudrikuhul-abshar” yang tedapat dalam QS al-An’am tadi tidaklah sebagaimana pernyataan Muktazilah.Kata “idrâk” (dari akar kata tudraku) menurut beliau lebih mengarah pada pemaknaan yang umum, yakni melihat secara keseluruhan (ru’yah bil-ihâthah) atau hampir mirip dengan seseorang yang melihat sebuah benda secara utuh.

Sedangkan penglihatan hamba kepada Allah SWT adalah berkat kekuatan anugerah ilahi, bukan karena kekuatan penglihatan mata itu sendiri. Allah SWT hanya akan menganugerahkan kenikmatan melihat dzat-Nya kepada orang-orang yang Dia kehendaki saja.6

Dimanakah kita melihat Allah SWT?

Secara garis besar, tempat yang dimungkinkan untuk melihat Allah SWT di dunia dan di surga kelak. Di dunia, Allah SWT akan terlihat di padang Mahsyar (al-mauqif) saat seluruh manusia di hisab amalnya. Pakar teologi juga menyepakati bahwa Allah SWT dapat dilihat oleh orang-orang mukmin kelak di surga. Hal ini senada dengan pernyataan mayoritas ulama Mufassirin, semisal Ibnu Abdissalam dan as-Samarkandi dalam menginterpretasikan firman Allah SWT: “Bagi orang-orang yang berbuat baik, terdapat pahala yang terbaik berserta tambahannya.” (QS Yunus [10]: 26).

Ibnu Abdissalam dan as-Samarkandi menafsiri kata “al-husna” dalam ayat tersebut dengan surga, sedangkan kata “ziyâdah” ditafsiri dengan kenikmatan melihat Allah SWT. Sehingga ayat tersebut dapat difaham begini: kelak penduduk surga akan mendapatkan tambahan keutamaan dari Allah SWT berupa kenikmatan tertinggi dengan cara melihat dzat-Nya.7 Ini juga di dukung dalil sabda Rasulullah SAW, bahwa ketika membaca QS Yunus (10): 26 tadi beliau berkata, kelak penduduk surga akan dibuka hijabnya sehingga bisa memandang Allah SWT secara langsung.8

Sedangkan perihal melihat Allah SWT di dunia, tepatnya di padang Mahsyar, masih menjadi topik perdebatan dikalangan pakar teolog. Hanya saja pendapat yang terpilih (al-mukhtar) adalah yang menyatakan kemungkinan melihat Allah SWT di dunia .9

Ikhtitâm

Dari pemaparan tadi, ada satu kesimpulan terbaik (natijah) yang perlu kita yakini bersama: bahwa melihat Allah SWT adalah kenikmatan tiada tara yang telah Dia janjikan kepada umat muslim, terlepas dari hal itu akan terjadi di dunia atau di akhirat. Wallahu A’lam.

Abdul Hamid/Annajah.co

Previous Post

Menyikapi Nasib dengan Bertauhid

Next Post

Buletin Tauiyah Syawal 1438-Edisi 198

Redaksi

Redaksi

Annajahsidogiri.id merupakan website Annajah Center Sidogiri (ACS), yang memegang teguh prinsip moderat dalam segala hal, sesuai dengan konsep Ahlusunnah Waljamaah.

Next Post
Buletin Tauiyah Edisi 212 & 213

Buletin Tauiyah Syawal 1438-Edisi 198

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Publikasi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh & Referensi
  • Wahabi
  • Wawancara

© 2022 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim IT ACS.

No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Syiah
  • Liberal
  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
  • Video

© 2022 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim IT ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In