Pertanyaan:
Dalam peringatan maulid, masyarakat Indonesia selalu antusias mengikutinya, baik orang-orang yang saleh maupun yang berlangganan maksiat. Pertanyaannya, apakah benar Nabi hadir ketika pembacaan kasidah maulid Nabi? Padahal jasad Nabi telah tiada. Dan juga, apakah dapat dibenarkan berdiri dalam rangka mengormati Nabi (Mahallul-Qiyam)?
Syamsul Arifin | 08127268xxxx
Jawaban:
Jawaban dari pertanyaan pertama adalah, benar! Nabi hadir saat pembacaan maulid Nabi. Meskipun secara jasad, Nabi telah wafat. Hal ini disampaikan oleh Imam Syihabud-Din Ahmad bin Hajar al-Haitami asy-Syafii dalam kitab an-Ni’mah al-Kubra ‘alal-‘Alam fi maulidi Sayidi waladi Adam halaman 64:
اِعْتِقَادُ قُدُوْمِ رُوْحِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ عَالَمِ الْاَرْوَاحِ إِلَى عَالَمِ الشَهَادَةِ وَحُضُوْرِهِ فِيْ المَجَالِسِ التِيْ يُذْكَرُ فِيْهَا لَا بَأْسَ بِهِ فِيْ الدِيْنِ وَلَا بَعْد فِيْ وُقُوْعِهِ لِأَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَإِنْ كَانَ جَسَدُهُ المُقَدَّسُ فِيْ قَبْرِهِ الكَرِيْمِ بِالْمَدِيْنَةِ المُنَوَّرَةِ لَكِنَّهُ حَيٌّ فِيْ قَبْرِهِ وَرُوْحُهُ الُمقَدَّسَة كَالشَمْسِ الُمنِيْرَةِ لِجَمِيْعِ الآفَاقِ مَشَارِقهَا وَمَغَارِبهَا
“Meyakini akan kehadiran ruh Nabi dari alam arwah ke alam nyata serta kedatangannya di majlis yang namanya disebutkan dalam majlis itu, adalah hal yang diperkenankan dalam Agama. Hal itu tidaklah mustahil terjadi. Sebab, meski jasad Nabi berada di kuburannya yang terletak di Madinah namun beliau tetap hidup hidup. Ruhnya bagaikan matahari yang menyinari segala penjuru.”
وَقَدْ ثَبَتَ عَنْ كَثِيْرٍ مِنْ أَهْلِ الْكَشْفِ اِجْتِمَاعُهُمْ بِهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْظَةً وَأَخْذُهُمْ العُلُوْمَ وَاْلحِكَمَ عَنْهُ بِلَا وَاسِطَةٍ مَعَ فَنَاءِ دِيَارِهِمْ فَلَا يَبْعُدُ أَنْ تَحْضُرَ رُوْحُهُ المُقَدَّسَةُ عَلَيْهِ الصَلَاةُ وَالسَلَامُ فيْ كُلِّ مَجْلِسٍ يُذْكَرُ فِيْهِ وَإِنْ كَانَ فِيْ مَوَاضِع كَثِيْرَة وَبُلْدَان مُتَبَاعِدَة وَهُوَ أَمْرٌ مسلم عِنْدَ أَهْلِ الذَوْقِ الصَحِيْحِ الكِرَامِ
“Telah banyak dijelaskan oleh ulama kasyaf , bahwa mereka berkumpul dengan Nabi dalam keadaan terjaga. Mereka mengambil ilmu dan hikmah darinya dengan tanpa perantara. Bukanlah hal yang mustahil kehadiran Nabi di setiap majlis yang disebutkan namanya, meskipun dari tempat yang saling berjauhan. Demikian itu dapat diterima oleh orang yang memiliki dzauq yang sahih lagi mulia.”
وَيُشْهَدُ بِصِحَّةِ ذَالِكَ مَا ثَبَتَ فِيْ قِصَّةِ المِعْرَاجِ مِنْ أَنَّهُ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ اِجْتَمَعَ بِالْأَنْبِيَاءِ فِيْ بَيْتِ الْمُقَدَّسِ ثُمَّ لَمَّا عَرَجَ بِهِ إِلَى السَمَوَاتِ اِجْتَمَعَ بِآدَمَ وَيَحْيَى وَعِيْسَى وَمُوْسَى وَإِبْرَاهِيْمَ وَغَيْرَهُمْ وَمِمَّا يُقَرِّبُ ذَلِكَ القَوْل أَنَّ ملك المَوْتِ المُوَكِّلِ لِقَبْضِ اْلأَرْوَاحِ يَتَوَّلَّى قَبْضَ أَرْوَاحِ مَنْ يَمُوْتُ فِيْ سَاعَةٍ وَاحِدَةٍ فِيْ مَشَارِقِ اْلأَرْضِ وَمَغَارِبِهَا وَشِمَالِهَا وَجُنُوْبِهَا وَهُوَ ملك وَاحِدٌ بِنَصِّ قَوْلهِ تَعَالَى :قُلْ يَتَوَفَىكُمْ مَلَكُ الْمَوْتِ الَّذِيْ وُكِّلَ بِكُمْ
“Hal ini diperkuat dengan cerita mikraj Nabi Muhammad yang berkumpul dengan para nabi di baitulmaqdis. Ketika Nabi menaiki langit, beliau bertemu dengan Nabi Adam, Yahya, Isa, Musa, Ibrahim dll. Penguat lain lagi bahwa malaikat maut mampu mencabut nyawa banyak manusia dalam satu waktu, di berbagai tempat manapun. Allah berfirman: ‘Katakanlah, ‘Malaikat maut yang diserahi untuk (mencabut nyawa)-mu akan mematikanmu, kemudian kepada Tuhanmulah kamu kembali.”
Begitulah pemaparan yang sangat jelas dari Syihabud-Din Ahmad bin Hajar al-Haitami asy-Syafii tentang pertanyaan yang pertama. Sedangkan unutuk pertanyaan kedua, yakni terkait mahallul-qiyam, hal ini dijawab oleh Sayid Abu Bakar bin Muhammad Zainul Abidin Syatha al-Bakri ad-Dimyathi dalam Hasyiah I’anatuh-Thalibin juz tiga halaman 414:
(فَائِدَةٌ) جَرَتْ العَادَةُ أَنَّ النَاسَ إِذَا سَمِعُوْا ذِكْرَ وَضْعِهِ (ص) يَقُوْمُوْنَ تَعْظِيْمًا لَهُ (ص) وَهَذَا القِيَامُ مُسْتَحْسِنٌ لِمَا فِيْهِ مِنْ تَعْظِيْمِ النَبِيِّ (ص)، وَقَدْ فَعَلَ ذَلِكَ كَثِيْرٌ مِنْ عُلَمَاءِ اْلاُمَّةِ الذِيْنَ يَقْتَدِىْ بِهِمْ. قَالَ الحَلَبِي فِيْ السِيْرَةِ فَقَدْ حَكَى بَعْضُهُمْ أَنَّ الاِمَامَ السُبْكِي اِجْتَمَعَ عِنْدَهُ كَثِيْرٌ مِنْ عُلَمَاءِ عَصْرِهِ فَأَنْشَدَ مَنْشِدَهُ قَوْل الصَرْصَرِي فِيْ مَدْحِهِ (ص):
“Faidah. Terdapat sebuah tradisi di kalangan masyarakat; ketika mereka mendengar peringatan maulid Nabi, mereka berdiri dalam rangka menghormati Nabi. Tentu hal ini merupakan hal yang baik, sebab mengagungkan Nabi. Hal ini telah banyak dilakukan oleh para ulama. Imam al-Halabi berkata, ‘Diceritakan bahwa Imam as-Subki berkumpul dengan para cendikiawan Islam sezamannya. Lalu mereka melantunkan syiir pujian pada Nabi milik Imam ash-Sharshari:”
قَلِيْلٌ لِمَدْحِ اْلمُصْطَفَى الخَطُّ بِالذَهَبِ … عَلَى وَرَقٍ مِنْ خَطٍّ أَحْسَنٍ مِنْ كُتُبٍ
وَأَنْ تَنْهِضَ الاِشْرَافُ عِنْدَ سِمَاعِهِ… قِيَامًا صُفُوْفًا أَوْ جِثِيَّا عَلَى الرُكَبِ
“Sepatah kata mengandung pujian kepada Nabi terpilih adalah laksana tulisan emas di atas kertas. Tulisan paling indah dalam buku-buku.”
فَعِنْدَ ذَلِكَ قَامَ الاِمَاُم السُبْكِي وَجَمِيْعُ مَنْ بِاْلمَجْلِسِ، فَحَصَلَ أُنْسٌ كَبِيْرٌ فِيْ ذَلِكَ اْلمَجْلِسِ وَعَمِلَ المَوْلِدَ وَاِجْتِمَاعُ النَاسِ لَهُ كَذَلِكَ مُسْتَحْسِنٌ
“Lantas seketika itu, Imam as-Subki dan semua orang yang ada di majlis itu berdiri. Sehingga terciptalah rasa senang dan bahagia di tempat itu. Walhasil, perayaan maulid dan perkumpulan manusia dalam memperingatinya merupakan hal yang baik.”
Ghazali | Annajahsidogiri.id
Comments 0