Imam Fakhruddin ar-Razi dengan nama lengkap Abu abdillah Muhammad bin Umar bin Husain bin Ali dari Kabilah Taimî yang masyhur dengan julukan “Fakhruddin” yang berarti kemulian agama. panggilan ini mulai mashur ketika beliau telah wafat, sedangkan ar-Razi adalah nama salah satu kota di wilayah Royyi yang juga terkenal dengan kota Harrah.
Beliau juga masyhur dengan julukan Ibnu Khâtibur-Rayyi. Sebab, ayah beliau adalah penerang agama di masanya, memiliki banyak pengikut, Ahli fikih, Usul fikih sekaligus penceramah dan guru pengajar di Royyi.
ulama masih berselisih tentang tahun kelahiran beliau. ada yang mengatakan beliau lahir pada tahun 543 H / 1448 M dan ada juga yang mengatakan 544 H/1449 M, hanya selisih satu tahun saja.
keahlian beliau sebagai ulama super hebat dan sangat produktif yang bahkan hampir menguasai seluruh bidang keilmuan mulai dari fikih, Usul fikih, Hadis, Tafsir, Filsafat dan pengobatan, tidak lain karena bimbingan dari para guru-guru yang sangat berpengaruh dalam perjuangannya menuju pencapaian tersebut.
beliau bermazhab Syafi’i dalam bidang Fikih, Asya‘irah dalam bidang Akidah, ber-manhaj Filsafat dalam kerangka berfikirnya. dalam bidang fikihdan Usul fikih, beliau belajar kepada ayahnya sendiri yaitu al-Imam Umar bin Husain Diyauddin. setelah ayahnya wafat, beliau belajar fikih kepada al-Imam Kamal As-samani.
Baca Juga: Al Imam Fakhruddin Ar-Razi; Pejuang Akidah Keturunan Sayidina Abu Bakar
Selain itu, beliau juga belajar Ilmu Hikmah, Ilmu Kalam dan Usul fikihkepada Majduddin Al-Jili. Masa beliau berguru dengan majduddin terbilang cukup lama. Terbukti, mereka sampai melaksanakan Safar bersama ketika mendapatkan panggilan ceramah dan mengajar di Maroghoh.
karena itu, beliaupun dapat menimba banyak ilmu dari Al-Jili, seperti ilmu filsafat milik al-Farobi dan milik Ibnu Sina, serta banyak ilmu-ilmu lainnya yang berbeda dengan karangan karangan beliau.
Setelah melalui perjalanan yang panjang dalam mencari ilmu, beliau berhasil menjadi pakar dalam bidang ilmu yang beliau tekuni, mulai dari fikih, Usul fikih, Balaghah, Nahwu, Tafsir, Ilmu Kalam, Kedokteran, Ceramah, Perdebatan, Filsuf dan ilmu-ilmu yang lain.
hal tersebut terbukti melalui karangan-karangan beliau yang mencapai 200 kitab lebih yang menjadi rujukan pembelajaran pada masanya. Bahkan, orang orang kala itu sampai meninggalkan kitab-kitab lain karna sibuk dengan kitab-kitab karangan Imam Ar Razi[1].
beliau juga mempunyai manhaj dalam bidang Tafsir yang dianggap gharib oleh ulama lain karena belum pernah dilakukan oleh para ulama Tafsir lain sebelum beliau.
yang menarik adalah, beliau meletakan pembahasan Nahwu, Balaghah dan Ilmu Bahasa dalam tafsirnya. Bahkan, beliau juga memasukkan Filsafat dan Ilmu Pengetahuan Alam ke dalam kitab-kitab Tafsir beliau.
Selain itu, Imam Fakhruddin juga termasuk refolusioner dalam bidang aqidah, meskipun beliau bukan yang pertamakali secara utuh. Akantetapi, beliau mempunyai manhaj yang berbeda dari yang lain; lebih memperluas dalam bidang Filsafatnya. ulama-ulama asya‘irah sebelumnya belum pernah melakukan hal tersebut.
Imam ash-Shafdi berpendapat mengenai Imam Fakhruddin ar-Razi :
فَاجْتَمَعَ لَهُ خَمْسَةُ أَشْيَاءَ مَا اجْتَمَعَ اللَّهُ فِي غَيْرِهِ فِيمَا عَلِمْتُهُ مِنْ أَمْثَالِهِ وَهِيَ: سَعَةُ الْعِبَارَةِ فِي الْقُدْرَةِ عَلَى الْكَلَامِ وَصِحَّةِ الذِّهْنِ وَالِاطِّلَاعُ مَا عَلَيْهِ مَزِيدٌ وَالْحَافِظَةُ الْمُسْتَوْعِبَةُ وَالذَّاكِرَةَ الَّتِي تُعِينُهُ عَلَى مَا يَزِيدُ فِي تَقْرِيرِ الِادْلِ
“Lima hal yang ada di diri imam Fakhruddin ar-Razi yang tidak ada di imam yang lain sejauh yang aku ketahui. Pertama, luasnya pemaparan dalam ilmu kalam. Kedua, hati yang bersih. Ketiga, mengetahui tambahan ilmu yang terselubung. Keempat, hafalan super yang menyeluruh. Kelima, fikiran tajam yang dapat menentukan terhadap kehendak beliau dalam menetapkan dalil–dalil.”[2]
Jazuli | Annajahsidogiri.id
[1]Fî Ilmil-Kalâm, Dr. Ahmad Mahmud as-Subhi
[2] Al-Wâfî bil-Wâfiat, Imam As-Sofdi