AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Jumat, September 22, 2023
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual
    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    NKRI Harga Mati (2/2)

    NKRI Harga Mati (2/2)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (3/3)

    NKRI Harga Mati (1/2)

    NKRI Harga Mati (1/2)

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Skandal Syiah Tentang Mut'ah

    Skandal Syi’ah Tentang Mut’ah

    Buletin Tauiyah Edisi 224 Jumadats Tsaniyah

    Menyoal Ajaran Raj’ah (Reinkarnasi) Versi Syiah

    Menyoal Ajaran Raj’ah (Reinkarnasi) Versi Syiah

    Menyingkap Turbah Husainiyah; Batu Sujud Orang Syiah

    Menyingkap Turbah Husainiyah; Batu Sujud Orang Syiah

  • Aswaja
    Objek Garapan Singa Aswaja

    Objek Garapan Singa Aswaja

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (2/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Di Balik Rebo Wekasan

    Di Balik Rebo Wekasan

    Berbakti pada Orang Tua yang Kafir (?)

    Berbakti pada Orang Tua yang Kafir (?)

    Benarkah Umat Nabi Tidak Akan Sepakat pada Kesesatan?

    Benarkah Umat Nabi Tidak Akan Sepakat pada Kesesatan?

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

  • Wahabi
    Allah Berada di Atas? (#2)

    Allah Berada di Atas? (#2)

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (1/2)

    Allah Berada di Atas? (#1)

    Allah Berada di Atas? (#1)

    Statement Kontroversial Wahabi

    Statement Kontroversial Wahabi

    Berjabat Tangan Seusai Shalat, Bidahkah?

    Berjabat Tangan Seusai Shalat, Bidahkah?

    Menyiram Kuburan dengan Air, Bidahkah?

    Menyiram Kuburan dengan Air, Bidahkah?

  • Syiah
    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Ritual Karbala; Manipulasi Cinta Buta Syiah

    Ritual Karbala; Manipulasi Cinta Buta Syiah

    Imamah

    Sayyidina Ali dan Imamah

    kiai qoimuddin

    Ust. Qoimuddin: Syiah Tidak Mencintai Ahli Bait

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

  • Liberal
    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Mungkinkah Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an Palsu?

    Mungkinkah Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an Palsu?

    Ketika Wanita Dilecehkan (#2)

    Ketika Wanita Dilecehkan (#2)

    Ketika Wanita Dilecehkan

    Ketika Wanita Dilecehkan

  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      An-Nubuwah wal-Anbiya’;  Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

      An-Nubuwah wal-Anbiya’; Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Nabi Khidir

    Apakah Nabi Khidir Masih Hidup?

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

    Tutorial Selamat Dari Kebatinan

    Keutamaan Membaca Surah al-Ikhlas

    Keutamaan Membaca Surah al-Ikhlas

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    NKRI Harga Mati (2/2)

    NKRI Harga Mati (2/2)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (3/3)

    NKRI Harga Mati (1/2)

    NKRI Harga Mati (1/2)

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Skandal Syiah Tentang Mut'ah

    Skandal Syi’ah Tentang Mut’ah

    Buletin Tauiyah Edisi 224 Jumadats Tsaniyah

    Menyoal Ajaran Raj’ah (Reinkarnasi) Versi Syiah

    Menyoal Ajaran Raj’ah (Reinkarnasi) Versi Syiah

    Menyingkap Turbah Husainiyah; Batu Sujud Orang Syiah

    Menyingkap Turbah Husainiyah; Batu Sujud Orang Syiah

  • Aswaja
    Objek Garapan Singa Aswaja

    Objek Garapan Singa Aswaja

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (2/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Di Balik Rebo Wekasan

    Di Balik Rebo Wekasan

    Berbakti pada Orang Tua yang Kafir (?)

    Berbakti pada Orang Tua yang Kafir (?)

    Benarkah Umat Nabi Tidak Akan Sepakat pada Kesesatan?

    Benarkah Umat Nabi Tidak Akan Sepakat pada Kesesatan?

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

  • Wahabi
    Allah Berada di Atas? (#2)

    Allah Berada di Atas? (#2)

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (1/2)

    Allah Berada di Atas? (#1)

    Allah Berada di Atas? (#1)

    Statement Kontroversial Wahabi

    Statement Kontroversial Wahabi

    Berjabat Tangan Seusai Shalat, Bidahkah?

    Berjabat Tangan Seusai Shalat, Bidahkah?

    Menyiram Kuburan dengan Air, Bidahkah?

    Menyiram Kuburan dengan Air, Bidahkah?

  • Syiah
    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Ritual Karbala; Manipulasi Cinta Buta Syiah

    Ritual Karbala; Manipulasi Cinta Buta Syiah

    Imamah

    Sayyidina Ali dan Imamah

    kiai qoimuddin

    Ust. Qoimuddin: Syiah Tidak Mencintai Ahli Bait

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

  • Liberal
    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Mungkinkah Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an Palsu?

    Mungkinkah Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an Palsu?

    Ketika Wanita Dilecehkan (#2)

    Ketika Wanita Dilecehkan (#2)

    Ketika Wanita Dilecehkan

    Ketika Wanita Dilecehkan

  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      An-Nubuwah wal-Anbiya’;  Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

      An-Nubuwah wal-Anbiya’; Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Nabi Khidir

    Apakah Nabi Khidir Masih Hidup?

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

    Tutorial Selamat Dari Kebatinan

    Keutamaan Membaca Surah al-Ikhlas

    Keutamaan Membaca Surah al-Ikhlas

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Syiah
  • Liberal
  • Publikasi
  • Konsultasi
  • Video

Ijtihad Para Mujtahid Sekadar Opini?

Achyat Ahmad by Achyat Ahmad
5 Januari 2021
in Aswaja
Reading Time: 4 mins read
A A
0
Ijtihad Para Mujtahid Sekadar Opini?

Ijtihad Para Mujtahid Sekadar Opini?

155
SHARES
1.9k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram

Pada tulisan sebelumnya telah ditegaskan bahwa konsep beragama dalam Ahlussunnah wal Jamaah itu terdiri dari tiga aspek yang tak terpisahkan, yakni nash, metodologi dalam memahami nash (metodologi berijtihad), dan kemampuan yang dimiliki seseorang (mujtahid) untuk menerapkan metodologi itu pada nash. Karena itu, hanya mujtahid saja yang bisa menyelam langsung ke nash al-Quran dan hadis, sedangkan yang bukan mujtahid tidak boleh melakukan hal yang sama, dan mereka harus taklid pada mujtahid. Inilah peran penting ijtihad para mujtahid.

Dengan memahami hal di atas, maka mestinya kita memahami bahwa hasil ijtihad para ulama itu adalah syariat Islam. Hal ini berbeda dengan kelompok yang gagal paham dari kalangan fundamentalis seperti Wahabi, yang mengatakan bahwa kita harus langsung mengambil pemahaman agama dari sumbernya yang paling murni, yaitu al-Quran dan hadis, agar pemahaman dan amaliah keislaman kita juga murni. Sedangkan kelompok liberal lebih parah lagi; selain mereka menolak otoritas para ulama mujtahid karena menganggap ijtihad mereka hanya opini belaka, mereka juga melakukan ijtihad sendiri kepada al-Quran dan hadis dengan bermodalkan kebodohan.

Adapun para ulama Ahlussunnah wal Jamaah memahami bahwa al-Quran dan hadis adalah sumber ajaran Islam yang bisa dijangkau oleh mujtahid, sedangkan hasil yang digali oleh mujtahid dari kedua sumber itu juga terhitung sebagai syariat Islam, bukan sekadar opini atau pendapat pribadi yang terpisah dari syariat. Al-Imām asy-Sya‘rānī dalam al-Mīzānul-Kubrā, mengutip Ibnu Ḥazm, yang mengatakan:

جَمِيْعُ مَا اسْتَنْبَطَهُ الْمُجْتَهِدُوْنَ مَعْدُوْدٌ مِنَ الشَّرِيْعَةِ وَإِنْ خَفِيَ دَلِيْلُهُ عَلَى الْعَوَامِ، وَمَنْ أَنْكَرَ ذَلِكَ فَقَدْ نَسَبَ الْأَئِمَّةَ إِلَى الْخَطَاءِ وَأَنَّهُمْ يَشْرَعُوْنَ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللَّهِ، وَذٰلِكَ ضَلَالٌ مِنْ قَائِلِهِ عَنِ الطَّرِيْقِ.

Segala hukum yang digali oleh para mujtahid dari nash al-Quran dan hadis dihitung sebagai syariat Allah I, sekalipun dalilnya tidak jelas bagi orang awam (orang yang bukan mujtahid). Barangsiapa yang mengingkari hal itu, berarti mereka telah menisbatkan kekeliruan kepada para imam mujtahid, dan menuduh mereka membikin-bikin syariat yang tak diizinkan oleh Allah I. Tentu orang yang mengatakan seperti itu telah sesat jalan.

Al-‘Allāmah Muḥammad Bakhīt al-Muṭī‘ī mengatakan:

كُلُّ أَحْكَامٍ مِنْ تِلْكَ الْأَحْكَامِ كَانَ مَأْخُوذًا مِنَ الْأَدِلَّةِ الْأَرْبَعَةِ (الْكِتَابِ وَالسُّنَّةِ وَالْإِجْمَاعِ وَالْقِيَاسِ) صَرِيْحًا أَوْ اِجْتِهَادًا عَلَى وَجْهٍ صَحِيْحٍ، فَهُوَ حُكْمُ اللَّهِ وَشَرْعُهُ وَهَدْيُ مُحَمَّدٍ e الَّذِيْ أَمَرَنَا اللَّهُ بِاتِّبَاعِهِ، لِأَنَّ رَأْيَ كُلِّ مُجْتَهِدٍ – حَيْثُ كَانَ مَأْخَذُهُ مِنْ أَحَدِ الْأَدِلَّةِ الْأَرْبَعَةِ الْمَذْكُوْرَةِ – شَرْعُ اللَّهِ فِي حَقِّهِ وَحَقِّ مَنْ قَلَّدَهُ.

Setiap hukum dari hukum-hukum tersebut, yang diambil dari sumber yang empat (al-Quran, hadis, ijmā‘, qiyās), baik secara jelas maupun dengan menggunakan ijtihad yang dilakukan dengan benar, itu juga merupakan hukum Allah SWT, syariat-Nya, serta merupakan petunjuk Nabi Muḥammad SAW yang kita diperintah mengikutinya. Karena pendapat setiap mujtahid, selagi pengambilannya dari sumber yang empat tadi, terhitung sebagai syariat Allah bagi si mujtahid itu dan bagi orang-orang yang mengikuti hasil ijtihadnya.

Dengan demikian, mengatakan bahwa hukum fikih sudah tidak relevan, karena ini bukan dari Allah SWT dan rasul-Nya SAW, akan tetapi merupakan produk pemikiran ulama pada masa lalu, merupakan pemikiran yang gagal dalam memahami syariat Islam, dan dari sinilah persepsi tidak relevannya syariat itu bermula. Karena hasil ijtihad ulama dianggap sesuatu yang terpisah dari al-Quran dan hadis, maka mereka berpikir pendapat itu sudah usang, karena ditetapkan pada masa lalu, dan sekarang harus diperbaharui.

Baca Juga: Al-Qur’an Tidak Relevan?

Padahal konsep dalam keilmuan syariat Islam tidak demikian. Dalam Islam, dalil-dalil yang ada itu integral dengan ijtihad para ulama. Al-Quran adalah sumber utama, sedangkan hadis merupakan penjelasan dari al-Quran. Lalu ijtihad para ulama merupakan penjelasan dari kedua sumber itu. Perhatikan pernyataan al-Imām asy-Syāfi‘ī berikut:

جَمِيْعُ مَا تَقُولُهُ الْأُمَّةُ شَرْحٌ لِلسُّنَّةِ، وَجَمِيْعُ السُّنَّةِ شَرْحٌ لِلْقُرْآنِ.

Segala apa yang dikatakan oleh ulama umat ini merupakan penjelasan dari sunah, dan segala apa yang tertera dalam sunah merupakan penjelasan bagi al-Quran.

Asy-Syāṭibī dalam al-Muwāfaqāt menjabarkan sebagai berikut:

إِنَّ الْمُعَبَّرَ بِهِ فِي السُّنَّةِ هُوَ الْمُرَادُ فِي الْكِتَابِ، فَكَأَنَّ السُّنَّةَ بِمَنْزِلَةِ التَّفْسِيْرِ وَالشَّرْحِ لِمَعَانِي أَحْكَامِ الْكِتَابِ، وَدَلَّ ذٰلِكَ قَوْلُهُ: }وَأَنزَلۡنَآ إِلَيۡكَ ٱلذِّكۡرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيۡهِمۡ وَلَعَلَّهُمۡ يَتَفَكَّرُونَ{. فَإِذَا حَصَلَ بَيَانُ قَوْلِهِ تَعَالَى: }وَٱلسَّارِقُ وَٱلسَّارِقَةُ فَٱقۡطَعُوٓاْ أَيۡدِيَهُمَا جَزَآءَۢ بِمَا كَسَبَا نَكَٰلٗا مِّنَ ٱللَّهِۗ وَٱللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٞ{ بِأَنْ الْقَطْعَ مِنَ الْكُوْعِ، وَأَنَّ الْمَسْرُوْقَ نِصَابًا فَأَكْثَرَ مِنْ حِرْزِ مِثْلِهِ: فَذٰلِكَ هُوَ الْمَعْنَى الْمُرَادُ مِنَ الْآيَةِ، لَا أَنْ نَقُوْلَ: إِنَّ السُّنَّةَ أَثْبَتَتْ هٰذِهِ الْأَحْكَامَ دُوْنَ الْكِتَابِ. كَمَا إِذَا بَيَّنَ لَنَا مَالِكٌ أَوْ غَيْرُهُ مِنَ الْمُفَسِّرِيْنَ مَعْنَى آيَةٍ أَوْ حَدِيْثٍ، فَعَمِلْنَا بِمُقْتَضَاهُ، فَلَا يَصِحُّ لَنَا أَنْ نَقُوْلَ: إِنَّا عَمِلْنَا بِقَوْلِ الْمُفَسِّرِ الْفُلَانِيِّ دُوْنَ أَنْ نَقُوْلَ: عَمِلْنَا بِقَوْلِ اللهِ أَوْ قَوْلِ رَسُوْلِهِ عَلَيْهِ الصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ.

Bahwa apa yang tertera dalam hadis merupakan maksud yang dikehendaki oleh al-Quran. Jadi seolah-olah hadis merupakan penafsiran dan uraian bagi hukum-hukum yang terkandung dalam al-Quran. Hal itu ditunjukkan oleh firman Allah SWT yang artinya, “Dan Kami turunkan kepadamu al-Quran, agar kamu menerangkan pada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka, dan supaya mereka memikirkan.” (QS. An-Naḥl [16]: 44).

Jika hadis menerangkan bahwa yang dimaksud dengan firman Allah I “Laki-laki yang mencuri dan perempuan yang mencuri, potonglah tangan keduanya (sebagai) pembalasan bagi apa yang mereka kerjakan dan sebagai siksaan dari Allah. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana.” Bahwa pemotongan dilakukan di pergelangan tangan, dan bahwa barang yang dicuri mencapai satu nisab atau lebih, serta barang itu sudah disimpan di tempat penyimpanan yang semestinya, maka keterang yang diberikan oleh hadis itulah yang memang dikehendaki oleh al-Quran. Jadi kita tidak boleh mengatakan bahwa hadis telah menetapkan hukum tersendiri secara independen tanpa al-Quran.

Sama halnya ketikam al-Imām Mālik atau ulama lain dari para mufasir menjelaskan makna suatu ayat al-Quran atau hadis Nabi SAW, maka kita tidak diperkenankan mengatakan “kita sedang mengamalkan pendapat mufsir ini dan itu” tanpa mengatakan “kita sedang mengatakan firman Allah SWT dalam al-Quran atau sabda Rasūlullāh SAW dalam hadis.”

Dengan demikian, maka setiap Muslim harus meyakini bahwa hukum-hukum syariat yang tertuang dalam kitab-kitab para ulama itu sama sekali bukan sesuatu yang berbeda dari al-Quran dan hadis. Itulah sebabnya para ulama mengatakan bahwa al-Quran dan hadis merupakan sumber syariat Islam bagi para mujtahid, karena mereka adalah orang-orang yang memiliki kemampuan, kecakapan, serta kelengkapan syarat-syarat berijtihad. Sedangkan hasil dari ijtihad mereka yang dituangkan dalam kitab-kitab fikih itu, juga merupakan syariat bagi para pengikut mujtahid tersebut.

Penulis: Moh. Achyat Ahmad | Direktur Annajah Center Sidogiri (ACS)

Previous Post

Membedah Trilogi Tauhid Wahabi

Next Post

Takfir Ala Syiah

Achyat Ahmad

Achyat Ahmad

Direktur Annajah Center Sidogiri. Staf Pengajar Madarasah Miftahul Ulum Aliyah Pondok Pesantren Sidogiri. Penulis buku-buku akidah dan pemikiran Islam

Next Post
Takfir Ala Syiah

Takfir Ala Syiah

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Publikasi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh & Referensi
  • Wahabi
  • Wawancara

© 2022 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim IT ACS.

No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Syiah
  • Liberal
  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
  • Video

© 2022 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim IT ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In