AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Minggu, Januari 29, 2023
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual

    How To Chinlink

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Skandal Syiah Tentang Mut'ah

    Skandal Syi’ah Tentang Mut’ah

    Buletin Tauiyah Edisi 224 Jumadats Tsaniyah

    Menyoal Ajaran Raj’ah (Reinkarnasi) Versi Syiah

    Menyoal Ajaran Raj’ah (Reinkarnasi) Versi Syiah

    Menyingkap Turbah Husainiyah; Batu Sujud Orang Syiah

    Menyingkap Turbah Husainiyah; Batu Sujud Orang Syiah

    Taqiyyah; Diferensiasi Akidah Bermuka Dua

    Taqiyyah; Diferensiasi Akidah Bermuka Dua

    Orang Saleh, Kunci Berkah

    Orang Saleh, Kunci Berkah

    Takfir Ala Syiah

    Takfir Ala Syiah

  • Aswaja
    Ketika Pikiran Terlintas kekufuran

    Ketika Pikiran Terlintas kekufuran

    Tuduhan Bidah dalam Puasa Rajab

    Tuduhan Bidah dalam Puasa Rajab

    Nilai Kebaikan Orang Kafir Setelah Masuk Islam

    Nilai Kebaikan Orang Kafir Setelah Masuk Islam

    Talkin; Kuliah Terakhir Umat Islam

    Talkin; Kuliah Terakhir Umat Islam

    selebrasi sujud

    Jangan Sujud ke Makhluk

    Bolehkah Mengganti Kata “Asyhadu” dalam Syahadat?

    Bolehkah Mengganti Kata “Asyhadu” dalam Syahadat?

    Arwah Gentayangan yang Bikin Penasaran

    Arwah Gentayangan yang Bikin Penasaran

    Dalil Mengirim Pahala untuk Ahli Kubur

    Dalil Mengirim Pahala untuk Ahli Kubur

    Risalah Ahlisunah wal-Jamaah; Pedoman Umat Islam Indonesia

    Risalah Ahlisunah wal-Jamaah; Pedoman Umat Islam Indonesia

  • Wahabi
    Jika Allah Bertempat

    Jika Allah Bertempat

    Mengamalkan Hadis Daif, Bolehkah?

    Mengamalkan Hadis Daif, Bolehkah?

    Memahami Ayat Muhkam dan Mutasyabih

    Memahami Ayat Muhkam dan Mutasyabih

    Distorsi Wahabi Terhadap Kitab Ulama Sunni

    Distorsi Wahabi Terhadap Kitab Ulama Sunni

    Di Mana Allah?

    Di Mana Allah?

    wahabisme

    Wahabisme dan Materialisme

    tanduk setan

    Mengidentifikasi Makna Hadis Tanduk Setan

    Membela Yasin Fadilah dari Tuduhan Sesat

    Membela Yasin Fadilah dari Tuduhan Sesat

    halloween

    Gaduh-gaduh Perayaan Halloween di Arab Saudi

  • Syiah
    kiai qoimuddin

    Ust. Qoimuddin: Syiah Tidak Mencintai Ahli Bait

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

    Meneropong Mushaf-mushaf Versi Syiah (2/2-Habis)

    Meneropong Mushaf-mushaf Versi Syiah (2/2-Habis)

    Meneropong Mushaf-mushaf Versi Syiah (1/2)

    Meneropong Mushaf-mushaf Versi Syiah (1/2)

    Nikah Mutah Antara Ahlusunnah dan Syiah (1/2)

    Nikah Mutah Antara Ahlusunnah dan Syiah (2/2-Habis)

    Nikah Mutah Antara Ahlusunnah dan Syiah (1/2)

    Nikah Mutah Antara Ahlusunnah dan Syiah (1/2)

    Syiah Zaidiyah dan Ajarannya

    Syiah Zaidiyah dan Ajarannya

    Membungkam Dalil Kemaksuman Imam Syiah

    Membungkam Dalil Kemaksuman Imam Syiah

    Beda Imamah Syiah dan Ahlusunah

    Beda Imamah Syiah dan Ahlusunah

  • Liberal
    Mewaspasai Paham Pluralisme Agama

    Mewaspasai Paham Pluralisme Agama

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    filsafat islam

    Filsafat dan Peradaban Islam

    Panduan Mengetahui Kebenaran

    Panduan Mengetahui Kebenaran

    Arti Kemajuan dalam Islam

    Arti Kemajuan dalam Islam

    Peran Akal Antara Asyairah, Maturidiah, dan Muktazilah

    Peran Akal Antara Asyairah, Maturidiah, dan Muktazilah

    Nilai kebaikan orang kafir

    Nilai kebaikan orang kafir

    Pluralisme dan Ayat 19 Ali Imran

    Pluralisme dan Ayat 19 Ali Imran

    Mengkritisi Kisah “Gharaniq” dalam Novel “Ayat-Ayat Setan”

    Mengkritisi Kisah “Gharaniq” dalam Novel “Ayat-Ayat Setan”

  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      An-Nubuwah wal-Anbiya’;  Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

      An-Nubuwah wal-Anbiya’; Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

      Benteng Aswaja dari Pemikiran Sesat Wahabi

      Benteng Aswaja dari Pemikiran Sesat Wahabi

      Qodi Abu Bakar al-Baqilani; Penerus Perjuangan Imam Asyari

      Qodi Abu Bakar al-Baqilani; Penerus Perjuangan Imam Asyari

      Al Imam Fakhruddin Ar-Razi; Pejuang Akidah Keturunan Sayidina Abu Bakar

      Al Imam Fakhruddin Ar-Razi; Pejuang Akidah Keturunan Sayidina Abu Bakar

      Tabsîthul-‘Aqâid; Kitab Penolong Akidah Awam

      Tabsîthul-‘Aqâid; Kitab Penolong Akidah Awam

      Imam Muhammad bin Abdullah an-Naisaburi; Ulama Ahli Hadis yang Dituduh Syiah

      Imam Muhammad bin Abdullah an-Naisaburi; Ulama Ahli Hadis yang Dituduh Syiah

    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
    Menyoal Kitab al-Jawâhirul al-Kalâmiyah

    Menyoal Kitab al-Jawâhirul al-Kalâmiyah

    Isra Mikraj

    Isra-Mikraj, Bukti Allah di Atas (?)

    Benarkah Orang Tua Nabi Muhammad di Neraka?

    Benarkah Orang Tua Nabi Muhammad di Neraka?

    Menyoal Keadilan Shahabat

    Menyoal Keadilan Shahabat

    Surga Nabi Adam

    Surga Nabi Adam

    Ketika Aliran Sesat Mengaku Sebagai Aswaja

    Ketika Aliran Sesat Mengaku Sebagai Aswaja

    Takdir Allah Pasti Baik

    Takdir Allah Pasti Baik

    Para Nabi Maksum, Tetapi Kenapa Masih Tobat

    Para Nabi Maksum, Tetapi Kenapa Masih Tobat

    Rasulullah Hadir dalam Perayaan Maulid?

    Rasulullah Hadir dalam Perayaan Maulid?

  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual

    How To Chinlink

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Skandal Syiah Tentang Mut'ah

    Skandal Syi’ah Tentang Mut’ah

    Buletin Tauiyah Edisi 224 Jumadats Tsaniyah

    Menyoal Ajaran Raj’ah (Reinkarnasi) Versi Syiah

    Menyoal Ajaran Raj’ah (Reinkarnasi) Versi Syiah

    Menyingkap Turbah Husainiyah; Batu Sujud Orang Syiah

    Menyingkap Turbah Husainiyah; Batu Sujud Orang Syiah

    Taqiyyah; Diferensiasi Akidah Bermuka Dua

    Taqiyyah; Diferensiasi Akidah Bermuka Dua

    Orang Saleh, Kunci Berkah

    Orang Saleh, Kunci Berkah

    Takfir Ala Syiah

    Takfir Ala Syiah

  • Aswaja
    Ketika Pikiran Terlintas kekufuran

    Ketika Pikiran Terlintas kekufuran

    Tuduhan Bidah dalam Puasa Rajab

    Tuduhan Bidah dalam Puasa Rajab

    Nilai Kebaikan Orang Kafir Setelah Masuk Islam

    Nilai Kebaikan Orang Kafir Setelah Masuk Islam

    Talkin; Kuliah Terakhir Umat Islam

    Talkin; Kuliah Terakhir Umat Islam

    selebrasi sujud

    Jangan Sujud ke Makhluk

    Bolehkah Mengganti Kata “Asyhadu” dalam Syahadat?

    Bolehkah Mengganti Kata “Asyhadu” dalam Syahadat?

    Arwah Gentayangan yang Bikin Penasaran

    Arwah Gentayangan yang Bikin Penasaran

    Dalil Mengirim Pahala untuk Ahli Kubur

    Dalil Mengirim Pahala untuk Ahli Kubur

    Risalah Ahlisunah wal-Jamaah; Pedoman Umat Islam Indonesia

    Risalah Ahlisunah wal-Jamaah; Pedoman Umat Islam Indonesia

  • Wahabi
    Jika Allah Bertempat

    Jika Allah Bertempat

    Mengamalkan Hadis Daif, Bolehkah?

    Mengamalkan Hadis Daif, Bolehkah?

    Memahami Ayat Muhkam dan Mutasyabih

    Memahami Ayat Muhkam dan Mutasyabih

    Distorsi Wahabi Terhadap Kitab Ulama Sunni

    Distorsi Wahabi Terhadap Kitab Ulama Sunni

    Di Mana Allah?

    Di Mana Allah?

    wahabisme

    Wahabisme dan Materialisme

    tanduk setan

    Mengidentifikasi Makna Hadis Tanduk Setan

    Membela Yasin Fadilah dari Tuduhan Sesat

    Membela Yasin Fadilah dari Tuduhan Sesat

    halloween

    Gaduh-gaduh Perayaan Halloween di Arab Saudi

  • Syiah
    kiai qoimuddin

    Ust. Qoimuddin: Syiah Tidak Mencintai Ahli Bait

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

    Meneropong Mushaf-mushaf Versi Syiah (2/2-Habis)

    Meneropong Mushaf-mushaf Versi Syiah (2/2-Habis)

    Meneropong Mushaf-mushaf Versi Syiah (1/2)

    Meneropong Mushaf-mushaf Versi Syiah (1/2)

    Nikah Mutah Antara Ahlusunnah dan Syiah (1/2)

    Nikah Mutah Antara Ahlusunnah dan Syiah (2/2-Habis)

    Nikah Mutah Antara Ahlusunnah dan Syiah (1/2)

    Nikah Mutah Antara Ahlusunnah dan Syiah (1/2)

    Syiah Zaidiyah dan Ajarannya

    Syiah Zaidiyah dan Ajarannya

    Membungkam Dalil Kemaksuman Imam Syiah

    Membungkam Dalil Kemaksuman Imam Syiah

    Beda Imamah Syiah dan Ahlusunah

    Beda Imamah Syiah dan Ahlusunah

  • Liberal
    Mewaspasai Paham Pluralisme Agama

    Mewaspasai Paham Pluralisme Agama

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    filsafat islam

    Filsafat dan Peradaban Islam

    Panduan Mengetahui Kebenaran

    Panduan Mengetahui Kebenaran

    Arti Kemajuan dalam Islam

    Arti Kemajuan dalam Islam

    Peran Akal Antara Asyairah, Maturidiah, dan Muktazilah

    Peran Akal Antara Asyairah, Maturidiah, dan Muktazilah

    Nilai kebaikan orang kafir

    Nilai kebaikan orang kafir

    Pluralisme dan Ayat 19 Ali Imran

    Pluralisme dan Ayat 19 Ali Imran

    Mengkritisi Kisah “Gharaniq” dalam Novel “Ayat-Ayat Setan”

    Mengkritisi Kisah “Gharaniq” dalam Novel “Ayat-Ayat Setan”

  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      An-Nubuwah wal-Anbiya’;  Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

      An-Nubuwah wal-Anbiya’; Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

      Benteng Aswaja dari Pemikiran Sesat Wahabi

      Benteng Aswaja dari Pemikiran Sesat Wahabi

      Qodi Abu Bakar al-Baqilani; Penerus Perjuangan Imam Asyari

      Qodi Abu Bakar al-Baqilani; Penerus Perjuangan Imam Asyari

      Al Imam Fakhruddin Ar-Razi; Pejuang Akidah Keturunan Sayidina Abu Bakar

      Al Imam Fakhruddin Ar-Razi; Pejuang Akidah Keturunan Sayidina Abu Bakar

      Tabsîthul-‘Aqâid; Kitab Penolong Akidah Awam

      Tabsîthul-‘Aqâid; Kitab Penolong Akidah Awam

      Imam Muhammad bin Abdullah an-Naisaburi; Ulama Ahli Hadis yang Dituduh Syiah

      Imam Muhammad bin Abdullah an-Naisaburi; Ulama Ahli Hadis yang Dituduh Syiah

    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
    Menyoal Kitab al-Jawâhirul al-Kalâmiyah

    Menyoal Kitab al-Jawâhirul al-Kalâmiyah

    Isra Mikraj

    Isra-Mikraj, Bukti Allah di Atas (?)

    Benarkah Orang Tua Nabi Muhammad di Neraka?

    Benarkah Orang Tua Nabi Muhammad di Neraka?

    Menyoal Keadilan Shahabat

    Menyoal Keadilan Shahabat

    Surga Nabi Adam

    Surga Nabi Adam

    Ketika Aliran Sesat Mengaku Sebagai Aswaja

    Ketika Aliran Sesat Mengaku Sebagai Aswaja

    Takdir Allah Pasti Baik

    Takdir Allah Pasti Baik

    Para Nabi Maksum, Tetapi Kenapa Masih Tobat

    Para Nabi Maksum, Tetapi Kenapa Masih Tobat

    Rasulullah Hadir dalam Perayaan Maulid?

    Rasulullah Hadir dalam Perayaan Maulid?

  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Syiah
  • Liberal
  • Publikasi
  • Konsultasi
  • Video

Maksud Aswaja Itu Moderat

Achyat Ahmad by Achyat Ahmad
5 Januari 2021
in Aswaja
Reading Time: 4 mins read
A A
0
Maksud Aswaja Itu Moderat
156
SHARES
2k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram
Ilustrasi: Maksud Aswaja Itu Moderat

Setelah dijelaskan pada beberapa tulisan sebelumnya, bahwa hakikat Ahlusunah wal-Jamaah adalah kemurnian dan keutuhan ajaran Islam yang telah dijalankan oleh Nabi dan para sahabat, lalu ajaran itu diwarisi oleh generasi selanjutnya dan generasi yang selanjutnya lagi, terjaga secara berkesinambungan, maka disimpulkan bahwa dengan demikian tidak tepat jika Ahlusunah wal-Jamaah dipersepsi sebagai salah satu sekte yang muncul dari dalam tubuh umat Islam. Tidak tepat pula persepsi bahwa al-Imam al-Asy’ari dan al-Maturidi membangun konsep yang baru sama sekali, melainkan bahwa beliau berdua hanya merumuskan akidah yang telah ada sejak zaman Rasulullah dan diikuti oleh mayoritas umat Islam. Bahkan akhir-akhir ini perebutan lebel  Moderat antar oknum tidak bisa di bendung lagi, lantas siapakah pemegang label Moderat itu?

Berdasarkan kesimpulan di atas, maka tidak benar jika ada anggapan bahwa pandangan-pandangan konseptual Ahlusunah wal-Jamaah sepenuhnya merupakan reaksi dari pandangan-pandangan yang dilontarkan oleh sekte-sekte yang telah ada sebelumnya. Misalnya, sekte A memunculkan satu pandangan yang ekstrem kanan, lalu muncul sekte B memunculkan pandangan yang ekstrem kiri, karena itu sebagai reaksi dari dua kutub pandangan yang berlawanan itu, maka tampil Ahlusunah wal-Jamaah yang memunculkan pandangan ketiga, untuk menengah-nengahi kedua pandangan ekstrem yang telah ada sebelumnya.

Nah, jika kita memahami bahwa hakikat Ahlusunah wal-Jamaah adalah ajaran Islam yang diikuti oleh mayoritas umat, di mana ajaran itu telah ada sejak periode Nabi dan para sahabat beliau, maka itu artinya bahwa apa yang dilakukan oleh al-Imam al-Asy’ari (dan para ulama Aswaja yang lain) tak lebih dari sekadar mengetengahkan kembali hakikat ajaran itu dengan hujah yang kuat dan nalar yang logis. Dan, ketika ajaran itu kembali diketengahkan dengan landasan dan nalar ilmiah, maka ia menghasilkan kesimpulan yang lurus, moderat, wasatiyyah, i’tidal; tidak esktrem kanan juga tidak ekstrem kiri.

Baca Juga: Mengapa Asy’ariyah dan Maturidiyah?

jika setiap poin dari ajaran Islam Ahlusunah wal-Jamaah dihadap-hadapkan dengan pandangan sekte-sekte sempalan, maka hasilnya akan selalu menempatkan pandangan Ahlusunah wal-Jamaah sebagai pandangan yang lurus dan moderat; tidak ekstrem kanan maupun kiri, sehingga pada akhirnya “at-tawassuth wal-i’tidal” (moderat) dikenali sebagai ciri khas pandangan Ahlusunah wal-Jamaah.

Alhasil, di sini bisa disimpulkan bahwa yang dimaksud “at-tawassuth wal-i’tidal” itu bukan sekadar moderat. Karena moderat itu tak lebih dari sekadar gambar yang ditangkap ketika pandangan Ahlusunah wal-Jamaah dihadap-hadapkan dengan pandangan di luarnya. Bahkan lebih tepatnya, maksud dari “at-tawassuth wal-i’tidal” di sini tak lain adalah “pandangan yang benar dan lurus yang merupakan hakikat dari ajaran Islam”. Gampangnya, yang dimaksud “Aswaja Itu Moderat” adalah Aswaja itu kelompok yang benar, sedangkan yang lain telah menyimpang dari jalur yang benar itu, baik menyimpangnya sedikit, hampir parah, atau sangat parah; baik menyimpang ke kanan maupun ke kiri.

Hal demikian karena makna dari “al-‘adl” itu adalah “al-istiqamah”, yakni tegak-lurus. Jika sesuatu sudah tidak lurus, condong ke kanan maupun ke kiri, maka ia sudah keluar dari sifat al-‘adl secara total. Karena itu, di sini tidak mungkin didapati al-‘adl atau ‘adalah yang relatif. Jika seorang Muslim sudah menyimpang dari manhaj al-‘adalah, maka berarti ia sudah menyimpang dari titian yang benar. Dan, ketika seseorang sudah menyimpang dari manhaj al-‘adalah, maka posisi yang ditempatinya adalah posisi yang merupakan kebalikan dari al-‘adalah, yakni azh-zhulm (kezaliman). Hal demikian karena yang dimaksud “at-tawassuth wal-i’tidal” itu adalah “pandangan yang benar dan lurus yang merupakan hakikat dari ajaran Islam”.

Setelah kita memahami uraian di atas, kini mari kita masuk ke dalam beberapa sampel, untuk lebih memperjelas dan mempertegas kesimpulan yang sudah kita dapat: ketika muncul sekte Jabariyah yang punya pandangan ekstrem kanan tentang Qadha’ dan Qadar, lalu setelah itu muncul sekte Qadariyah yang punya pandangan ekstrem kiri tentang Qadha’ dan Qadar, maka rumusan al-Imam al-Asy’ari (Ahlusunah wal-Jamaah) tentang Qadha’ dan Qadar yang berada di tengah-tengah pandangan ekstrem kanan dan kiri itu (“at-tawassuth wal-i’tidal”), tak lain adalah hakekat ajaran Islam yang benar, yang telah ada sejak zaman Nabi dan sahabat, dan diimani oleh mayoritas umat Islam (as-Sawadul-A’zham).
Ketika muncul kelompok yang terlalu mencintai Sayyidina Ali dan Ahlul-Bait hingga mendorong mereka mencaci-maki para sahabat (dikenal dengan kelompok Syiah Rafidhah), lalu setelah itu muncul kelompok yang memuji-muji para sahabat secara khusus dan malah merendahkan Sayyidina Ali dan Ahlul-Bait (dikenal dengan kelompok Nawashib), maka al-Imam al-Asy’ari menegaskan bahwa Ahlusunah wal-Jamaah mencintai dan menghormati Sayyidna Ali dan semua Ahlul-Bait, serta mencintai dan menghormati seluruh sahabat tanpa terkecuali. Pandangan Ahlusunah wal-Jamaah ini adalah pandangan yang benar, yang berada di tengah-tengah dua pandangan yang keliru (“at-tawassuth wal-i’tidal”). Dan pandangan ini sudah ada sejak zaman Nabi dan sahabat, serta menjadi keyakinan mayoritas umat Islam (Ahlusunah wal-Jamaah).

Ketika kini kita mendapati kelompok yang gemar membidahkan, mengkafirkan, dan bahkan mensyirikkan sekian banyak amaliah yang dilakukan oleh umat Islam (ekstrem kanan, seperti Wahabi), lalu dari sisi yang berlawanan muncul pula kelompok yang justru menoleransi sekian banyak pemikiran, amaliah dan tradisi kemungkaran bahkan menoleransi kesyirikan (ekstrem kiri, liberal), maka Ahlusunah wal-Jamaah berdiri di tengah-tengah, tegak lurus dalam kebenaran (“at-tawassuth wal-i’tidal”); tidak mudah membidahkan, mengkafirkan, atau mensyirikkan, namun juga tidak menoleransi hal-hal yang jelas merupakan kemungkaran, apalagi kesyirikan.

Baca Juga: Catatan Kelam Sejarah Sekte Wahabi

Saya kira uraian di atas sudah cukup memberikan gambaran yang lugas kepada kita tentang apa arti konsep moderat dalam Ahlusunah wal-Jamaah, sehingga poin-poin atau kasus-kasus yang lain tinggal dikiaskan pada kesimpulan yang sudah kita dapat ini.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Penulis: Moh. Achyat Ahmad | Direktur Annajah Center Sidogiri (ACS)

Previous Post

Iklan Youtube Merusak Akidah

Next Post

Siapa yang Moderat? Siapa yang Radikal?

Achyat Ahmad

Achyat Ahmad

Direktur Annajah Center Sidogiri. Staf Pengajar Madarasah Miftahul Ulum Aliyah Pondok Pesantren Sidogiri. Penulis buku "Aswaja untuk Pemula".

Next Post
radikal

Siapa yang Moderat? Siapa yang Radikal?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

© 2022 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim IT ACS.

No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Syiah
  • Liberal
  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
  • Video

© 2022 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim IT ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In