https://volunteer.arabrcrc.org/
https://ejournal.itn.ac.id/
https://baa.uwp.ac.id/
https://data.waykanankab.go.id/
https://journals.mocu.ac.tz/
https://doctorphys.sci.unhas.ac.id/
https://eprosiding.ars.ac.id/
https://lms.ikippgribojonegoro.ac.id/
https://ict.uwp.ac.id/
https://baak.stkipkusumanegara.ac.id/
https://jurnal.binamandiri.ac.id/
Maksud Aswaja Itu Moderat - AnnajahSidogiri.id
AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Selasa, Juli 1, 2025
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual
    Imam Asyari Merintis Akidah Baru (?)

    Imam Asyari Merintis Akidah Baru (?)

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

  • Aswaja
    Sikap Aswaja Terhadap Tradisi Masyarakat

    Sikap Aswaja Terhadap Tradisi Masyarakat

     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

  • Wahabi
    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

  • Liberal
    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

    • Wawancara
  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
    Imam Asyari Merintis Akidah Baru (?)

    Imam Asyari Merintis Akidah Baru (?)

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Keabsahan Dhuha Berjamaah

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Mencium Kaki Ibu, Bolehkah?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Apa Yang Menjadi Bukti Kebenaran al-Quran?

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Murjiah: Sekte Pemberi Harapan Palsu

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Nabi Ibrahim Enggan Berdoa?

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keluarnya Dabbah Sebagai Tanda Kiamat

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (2/2)

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

    Meluruskan Makna Pasrah dalam Paham Pluralisme

  • Aswaja
    Sikap Aswaja Terhadap Tradisi Masyarakat

    Sikap Aswaja Terhadap Tradisi Masyarakat

     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

     Turunnya Nabi Isa Menjelang Hari Kiamat

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (2)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Eksistensi Malaikat Penjaga & Pencatat Amal (1)

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Sikap Ahlussunnah Menghadapi Dinamika Perbedaan

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Sayidina Abu Bakar tidak Rasional?

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Bangsa Perusak: Ya’juj & Ma’juj

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

    Perbedaan antara Sifat Ma’ani dan Ma’nawiyah dalam Akidah Islam

  • Wahabi
    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Merayakan Ulang Tahun Bidah (?)

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Tradisi Mitoni: Mengupas Legalitas

    Kesunahan Selametan Haji

    Kesunahan Selametan Haji

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

    Eksistensi Tuhan Menurut Ahlusunnah & Fir’aun

  • Liberal
    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Memahami Makna Rahmatan lil Alamin Dengan Benar

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Mengurai Tuduhan Al-Quran Pluralisme

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Memahami Apa Itu Ilmiah?

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Keberadaan Allah Bisa Dirasionalkan (1/2)

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Gatal-Gatal Selamat Natal

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Jihad dalam Islam: Antara Perang dan Dakwah

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Menelaah Hikmah dan Keadilan Qisas dalam Islam

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Tuduhan Palsu Kaum Liberal

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

    Relevansi yang Tidak Menyimpang

  • Syiah
    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Tinjauan Kritis Akidah Pokok Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    Hari ‘Asyura dalam Tradisi Komunitas Syiah

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    PELEGALAN NIKAH MUT’AH BERBAU PROSTITUSI

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah dan Konsep Syafaat

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Syiah; bukan Sekadar Ideologi tapi juga Agresi

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Mengenal Mushaf Fatimah

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Memahami Maksud Ayatut-Tathir

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Syiah Pelopor Ajaran Rasisme

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

    Tragedi Kelam Hajar Aswad; Kisah Syiah Qaramithah yang Merenggut Kekudusan Batu Suci

  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Syekh Ahmad bin Ismâ‘îl Al-kûrâni

      Maimuniyyah Gagal Paham

      Syekh Abdul Hâmid bin Muhammad Alî Quds

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

      Al-Imam Ibnu ‘Ajibah

    • Wawancara
  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
  • Video

Maksud Aswaja Itu Moderat

Achyat Ahmad by Achyat Ahmad
5 Januari 2021
in Aswaja
Reading Time: 4 mins read
A A
0
Maksud Aswaja Itu Moderat
175
SHARES
2.2k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram
Ilustrasi: Maksud Aswaja Itu Moderat

Setelah dijelaskan pada beberapa tulisan sebelumnya, bahwa hakikat Ahlusunah wal-Jamaah adalah kemurnian dan keutuhan ajaran Islam yang telah dijalankan oleh Nabi dan para sahabat, lalu ajaran itu diwarisi oleh generasi selanjutnya dan generasi yang selanjutnya lagi, terjaga secara berkesinambungan, maka disimpulkan bahwa dengan demikian tidak tepat jika Ahlusunah wal-Jamaah dipersepsi sebagai salah satu sekte yang muncul dari dalam tubuh umat Islam. Tidak tepat pula persepsi bahwa al-Imam al-Asy’ari dan al-Maturidi membangun konsep yang baru sama sekali, melainkan bahwa beliau berdua hanya merumuskan akidah yang telah ada sejak zaman Rasulullah dan diikuti oleh mayoritas umat Islam. Bahkan akhir-akhir ini perebutan lebel  Moderat antar oknum tidak bisa di bendung lagi, lantas siapakah pemegang label Moderat itu?

Berdasarkan kesimpulan di atas, maka tidak benar jika ada anggapan bahwa pandangan-pandangan konseptual Ahlusunah wal-Jamaah sepenuhnya merupakan reaksi dari pandangan-pandangan yang dilontarkan oleh sekte-sekte yang telah ada sebelumnya. Misalnya, sekte A memunculkan satu pandangan yang ekstrem kanan, lalu muncul sekte B memunculkan pandangan yang ekstrem kiri, karena itu sebagai reaksi dari dua kutub pandangan yang berlawanan itu, maka tampil Ahlusunah wal-Jamaah yang memunculkan pandangan ketiga, untuk menengah-nengahi kedua pandangan ekstrem yang telah ada sebelumnya.

Nah, jika kita memahami bahwa hakikat Ahlusunah wal-Jamaah adalah ajaran Islam yang diikuti oleh mayoritas umat, di mana ajaran itu telah ada sejak periode Nabi dan para sahabat beliau, maka itu artinya bahwa apa yang dilakukan oleh al-Imam al-Asy’ari (dan para ulama Aswaja yang lain) tak lebih dari sekadar mengetengahkan kembali hakikat ajaran itu dengan hujah yang kuat dan nalar yang logis. Dan, ketika ajaran itu kembali diketengahkan dengan landasan dan nalar ilmiah, maka ia menghasilkan kesimpulan yang lurus, moderat, wasatiyyah, i’tidal; tidak esktrem kanan juga tidak ekstrem kiri.

Baca Juga: Mengapa Asy’ariyah dan Maturidiyah?

jika setiap poin dari ajaran Islam Ahlusunah wal-Jamaah dihadap-hadapkan dengan pandangan sekte-sekte sempalan, maka hasilnya akan selalu menempatkan pandangan Ahlusunah wal-Jamaah sebagai pandangan yang lurus dan moderat; tidak ekstrem kanan maupun kiri, sehingga pada akhirnya “at-tawassuth wal-i’tidal” (moderat) dikenali sebagai ciri khas pandangan Ahlusunah wal-Jamaah.

Alhasil, di sini bisa disimpulkan bahwa yang dimaksud “at-tawassuth wal-i’tidal” itu bukan sekadar moderat. Karena moderat itu tak lebih dari sekadar gambar yang ditangkap ketika pandangan Ahlusunah wal-Jamaah dihadap-hadapkan dengan pandangan di luarnya. Bahkan lebih tepatnya, maksud dari “at-tawassuth wal-i’tidal” di sini tak lain adalah “pandangan yang benar dan lurus yang merupakan hakikat dari ajaran Islam”. Gampangnya, yang dimaksud “Aswaja Itu Moderat” adalah Aswaja itu kelompok yang benar, sedangkan yang lain telah menyimpang dari jalur yang benar itu, baik menyimpangnya sedikit, hampir parah, atau sangat parah; baik menyimpang ke kanan maupun ke kiri.

Hal demikian karena makna dari “al-‘adl” itu adalah “al-istiqamah”, yakni tegak-lurus. Jika sesuatu sudah tidak lurus, condong ke kanan maupun ke kiri, maka ia sudah keluar dari sifat al-‘adl secara total. Karena itu, di sini tidak mungkin didapati al-‘adl atau ‘adalah yang relatif. Jika seorang Muslim sudah menyimpang dari manhaj al-‘adalah, maka berarti ia sudah menyimpang dari titian yang benar. Dan, ketika seseorang sudah menyimpang dari manhaj al-‘adalah, maka posisi yang ditempatinya adalah posisi yang merupakan kebalikan dari al-‘adalah, yakni azh-zhulm (kezaliman). Hal demikian karena yang dimaksud “at-tawassuth wal-i’tidal” itu adalah “pandangan yang benar dan lurus yang merupakan hakikat dari ajaran Islam”.

Setelah kita memahami uraian di atas, kini mari kita masuk ke dalam beberapa sampel, untuk lebih memperjelas dan mempertegas kesimpulan yang sudah kita dapat: ketika muncul sekte Jabariyah yang punya pandangan ekstrem kanan tentang Qadha’ dan Qadar, lalu setelah itu muncul sekte Qadariyah yang punya pandangan ekstrem kiri tentang Qadha’ dan Qadar, maka rumusan al-Imam al-Asy’ari (Ahlusunah wal-Jamaah) tentang Qadha’ dan Qadar yang berada di tengah-tengah pandangan ekstrem kanan dan kiri itu (“at-tawassuth wal-i’tidal”), tak lain adalah hakekat ajaran Islam yang benar, yang telah ada sejak zaman Nabi dan sahabat, dan diimani oleh mayoritas umat Islam (as-Sawadul-A’zham).
Ketika muncul kelompok yang terlalu mencintai Sayyidina Ali dan Ahlul-Bait hingga mendorong mereka mencaci-maki para sahabat (dikenal dengan kelompok Syiah Rafidhah), lalu setelah itu muncul kelompok yang memuji-muji para sahabat secara khusus dan malah merendahkan Sayyidina Ali dan Ahlul-Bait (dikenal dengan kelompok Nawashib), maka al-Imam al-Asy’ari menegaskan bahwa Ahlusunah wal-Jamaah mencintai dan menghormati Sayyidna Ali dan semua Ahlul-Bait, serta mencintai dan menghormati seluruh sahabat tanpa terkecuali. Pandangan Ahlusunah wal-Jamaah ini adalah pandangan yang benar, yang berada di tengah-tengah dua pandangan yang keliru (“at-tawassuth wal-i’tidal”). Dan pandangan ini sudah ada sejak zaman Nabi dan sahabat, serta menjadi keyakinan mayoritas umat Islam (Ahlusunah wal-Jamaah).

Ketika kini kita mendapati kelompok yang gemar membidahkan, mengkafirkan, dan bahkan mensyirikkan sekian banyak amaliah yang dilakukan oleh umat Islam (ekstrem kanan, seperti Wahabi), lalu dari sisi yang berlawanan muncul pula kelompok yang justru menoleransi sekian banyak pemikiran, amaliah dan tradisi kemungkaran bahkan menoleransi kesyirikan (ekstrem kiri, liberal), maka Ahlusunah wal-Jamaah berdiri di tengah-tengah, tegak lurus dalam kebenaran (“at-tawassuth wal-i’tidal”); tidak mudah membidahkan, mengkafirkan, atau mensyirikkan, namun juga tidak menoleransi hal-hal yang jelas merupakan kemungkaran, apalagi kesyirikan.

Baca Juga: Catatan Kelam Sejarah Sekte Wahabi

Saya kira uraian di atas sudah cukup memberikan gambaran yang lugas kepada kita tentang apa arti konsep moderat dalam Ahlusunah wal-Jamaah, sehingga poin-poin atau kasus-kasus yang lain tinggal dikiaskan pada kesimpulan yang sudah kita dapat ini.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Penulis: Moh. Achyat Ahmad | Direktur Annajah Center Sidogiri (ACS)

Previous Post

Iklan Youtube Merusak Akidah

Next Post

Siapa yang Moderat? Siapa yang Radikal?

Achyat Ahmad

Achyat Ahmad

Direktur Annajah Center Sidogiri. Staf Pengajar Madarasah Miftahul Ulum Aliyah Pondok Pesantren Sidogiri. Penulis buku-buku akidah dan pemikiran Islam

Next Post
radikal

Siapa yang Moderat? Siapa yang Radikal?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Publikasi
  • Resensi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh
  • Wahabi
  • Wawancara

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Liberal
  • Syiah
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Firqah
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
    • Resensi
    • Tokoh
    • Wawancara
  • Video

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.