AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Minggu, Desember 3, 2023
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual
    Pandangan Ahlusunah tentang Khilafah

    Pandangan Ahlusunah tentang Khilafah

    Mengapa Allah Menciptakan Langit dan Bumi Secara Bertahap?

    Mengapa Allah Menciptakan Langit dan Bumi Secara Bertahap?

    Khilafah, Pancasila, dan Sistem Negara Dunia

    Ada Apa dengan Khilafah?

    Ada Apa dengan Khilafah?

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#2)

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#2)

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#1)

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#1)

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    NKRI Harga Mati (2/2)

    NKRI Harga Mati (2/2)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (3/3)

  • Aswaja
    Menjawab Hayalan Maulana Ishaq, Fuad Plered, dan Faqih Wirahadiningrat

    Menjawab Hayalan Maulana Ishaq, Fuad Plered, dan Faqih Wirahadiningrat

    Umur Bisa Bertambah dan Berkurang?

    Umur Bisa Bertambah dan Berkurang?

    Bijak Menyikapi Kemaksuman Nabi

    Bijak Menyikapi Kemaksuman Nabi

    Teka-Teki Akidah

    Teka-Teki Akidah

    Membela Kenabian Nabi Khidir

    Membela Kenabian Nabi Khidir

    Khilafah, Pancasila, dan Sistem Negara Dunia (#2)

    Khilafah, Pancasila, dan Sistem Negara Dunia (#2)

    Mengimani Ghaibiyyat ?

    Mengimani Ghaibiyyat ?

    Memahami Keberadaan Ruh

    Memahami Keberadaan Ruh

    Rahasia di Balik Perang Shiffin

    Rahasia di Balik Perang Shiffin

  • Wahabi
    Benarkah Allah Mempunyai Betis ?

    Benarkah Allah Mempunyai Betis ?

    Memahami Makna Wajhullah

    Memahami Makna Wajhullah

    Al-Imam Ibnu Hajar dan Mahallul-Qiyâm

    Al-Imam Ibnu Hajar dan Mahallul-Qiyâm

    Allah Berada di Atas? (#3)

    Allah Berada di Atas? (#3)

    Allah Berada di Atas? (#2)

    Allah Berada di Atas? (#2)

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (1/2)

  • Syiah
    Syiah dan Sayidah Aisyah

    Syiah dan Sayidah Aisyah

    Sahabat Nabi di Mata Syiah

    Sahabat Nabi di Mata Syiah

    Kelicikan Tokoh Syiah dalam Nikah Mutah (#1)

    Kelicikan Tokoh Syiah dalam Nikah Mutah (#1)

    Rahasia di Balik Perang Shiffin

    Rahasia di Balik Perang Shiffin

    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

  • Liberal
    Benarkah Rasulullah Seorang Pedofil ?

    Benarkah Rasulullah Seorang Pedofil ?

    Syariat Islam Produk Budaya (?)

    Syariat Islam Produk Budaya (?)

    Sayidina Umar Pernah meninggalkan Syariat Islam (?)

    Sayidina Umar Pernah meninggalkan Syariat Islam (?)

    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      An-Nubuwah wal-Anbiya’;  Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

      An-Nubuwah wal-Anbiya’; Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
    Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

    Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

    Siapa Iblis Itu?

    Siapa Iblis Itu?

    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Nabi Khidir

    Apakah Nabi Khidir Masih Hidup?

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

    Tutorial Selamat Dari Kebatinan

  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
    Pandangan Ahlusunah tentang Khilafah

    Pandangan Ahlusunah tentang Khilafah

    Mengapa Allah Menciptakan Langit dan Bumi Secara Bertahap?

    Mengapa Allah Menciptakan Langit dan Bumi Secara Bertahap?

    Khilafah, Pancasila, dan Sistem Negara Dunia

    Ada Apa dengan Khilafah?

    Ada Apa dengan Khilafah?

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#2)

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#2)

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#1)

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#1)

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    NKRI Harga Mati (2/2)

    NKRI Harga Mati (2/2)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (3/3)

  • Aswaja
    Menjawab Hayalan Maulana Ishaq, Fuad Plered, dan Faqih Wirahadiningrat

    Menjawab Hayalan Maulana Ishaq, Fuad Plered, dan Faqih Wirahadiningrat

    Umur Bisa Bertambah dan Berkurang?

    Umur Bisa Bertambah dan Berkurang?

    Bijak Menyikapi Kemaksuman Nabi

    Bijak Menyikapi Kemaksuman Nabi

    Teka-Teki Akidah

    Teka-Teki Akidah

    Membela Kenabian Nabi Khidir

    Membela Kenabian Nabi Khidir

    Khilafah, Pancasila, dan Sistem Negara Dunia (#2)

    Khilafah, Pancasila, dan Sistem Negara Dunia (#2)

    Mengimani Ghaibiyyat ?

    Mengimani Ghaibiyyat ?

    Memahami Keberadaan Ruh

    Memahami Keberadaan Ruh

    Rahasia di Balik Perang Shiffin

    Rahasia di Balik Perang Shiffin

  • Wahabi
    Benarkah Allah Mempunyai Betis ?

    Benarkah Allah Mempunyai Betis ?

    Memahami Makna Wajhullah

    Memahami Makna Wajhullah

    Al-Imam Ibnu Hajar dan Mahallul-Qiyâm

    Al-Imam Ibnu Hajar dan Mahallul-Qiyâm

    Allah Berada di Atas? (#3)

    Allah Berada di Atas? (#3)

    Allah Berada di Atas? (#2)

    Allah Berada di Atas? (#2)

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (1/2)

  • Syiah
    Syiah dan Sayidah Aisyah

    Syiah dan Sayidah Aisyah

    Sahabat Nabi di Mata Syiah

    Sahabat Nabi di Mata Syiah

    Kelicikan Tokoh Syiah dalam Nikah Mutah (#1)

    Kelicikan Tokoh Syiah dalam Nikah Mutah (#1)

    Rahasia di Balik Perang Shiffin

    Rahasia di Balik Perang Shiffin

    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

  • Liberal
    Benarkah Rasulullah Seorang Pedofil ?

    Benarkah Rasulullah Seorang Pedofil ?

    Syariat Islam Produk Budaya (?)

    Syariat Islam Produk Budaya (?)

    Sayidina Umar Pernah meninggalkan Syariat Islam (?)

    Sayidina Umar Pernah meninggalkan Syariat Islam (?)

    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      An-Nubuwah wal-Anbiya’;  Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

      An-Nubuwah wal-Anbiya’; Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
    Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

    Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

    Siapa Iblis Itu?

    Siapa Iblis Itu?

    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Nabi Khidir

    Apakah Nabi Khidir Masih Hidup?

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

    Tutorial Selamat Dari Kebatinan

  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Syiah
  • Liberal
  • Publikasi
  • Konsultasi
  • Video

Maksud Aswaja Itu Moderat

Achyat Ahmad by Achyat Ahmad
5 Januari 2021
in Aswaja
Reading Time: 4 mins read
A A
0
Maksud Aswaja Itu Moderat
162
SHARES
2k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram
Ilustrasi: Maksud Aswaja Itu Moderat

Setelah dijelaskan pada beberapa tulisan sebelumnya, bahwa hakikat Ahlusunah wal-Jamaah adalah kemurnian dan keutuhan ajaran Islam yang telah dijalankan oleh Nabi dan para sahabat, lalu ajaran itu diwarisi oleh generasi selanjutnya dan generasi yang selanjutnya lagi, terjaga secara berkesinambungan, maka disimpulkan bahwa dengan demikian tidak tepat jika Ahlusunah wal-Jamaah dipersepsi sebagai salah satu sekte yang muncul dari dalam tubuh umat Islam. Tidak tepat pula persepsi bahwa al-Imam al-Asy’ari dan al-Maturidi membangun konsep yang baru sama sekali, melainkan bahwa beliau berdua hanya merumuskan akidah yang telah ada sejak zaman Rasulullah dan diikuti oleh mayoritas umat Islam. Bahkan akhir-akhir ini perebutan lebel  Moderat antar oknum tidak bisa di bendung lagi, lantas siapakah pemegang label Moderat itu?

Berdasarkan kesimpulan di atas, maka tidak benar jika ada anggapan bahwa pandangan-pandangan konseptual Ahlusunah wal-Jamaah sepenuhnya merupakan reaksi dari pandangan-pandangan yang dilontarkan oleh sekte-sekte yang telah ada sebelumnya. Misalnya, sekte A memunculkan satu pandangan yang ekstrem kanan, lalu muncul sekte B memunculkan pandangan yang ekstrem kiri, karena itu sebagai reaksi dari dua kutub pandangan yang berlawanan itu, maka tampil Ahlusunah wal-Jamaah yang memunculkan pandangan ketiga, untuk menengah-nengahi kedua pandangan ekstrem yang telah ada sebelumnya.

Nah, jika kita memahami bahwa hakikat Ahlusunah wal-Jamaah adalah ajaran Islam yang diikuti oleh mayoritas umat, di mana ajaran itu telah ada sejak periode Nabi dan para sahabat beliau, maka itu artinya bahwa apa yang dilakukan oleh al-Imam al-Asy’ari (dan para ulama Aswaja yang lain) tak lebih dari sekadar mengetengahkan kembali hakikat ajaran itu dengan hujah yang kuat dan nalar yang logis. Dan, ketika ajaran itu kembali diketengahkan dengan landasan dan nalar ilmiah, maka ia menghasilkan kesimpulan yang lurus, moderat, wasatiyyah, i’tidal; tidak esktrem kanan juga tidak ekstrem kiri.

Baca Juga: Mengapa Asy’ariyah dan Maturidiyah?

jika setiap poin dari ajaran Islam Ahlusunah wal-Jamaah dihadap-hadapkan dengan pandangan sekte-sekte sempalan, maka hasilnya akan selalu menempatkan pandangan Ahlusunah wal-Jamaah sebagai pandangan yang lurus dan moderat; tidak ekstrem kanan maupun kiri, sehingga pada akhirnya “at-tawassuth wal-i’tidal” (moderat) dikenali sebagai ciri khas pandangan Ahlusunah wal-Jamaah.

Alhasil, di sini bisa disimpulkan bahwa yang dimaksud “at-tawassuth wal-i’tidal” itu bukan sekadar moderat. Karena moderat itu tak lebih dari sekadar gambar yang ditangkap ketika pandangan Ahlusunah wal-Jamaah dihadap-hadapkan dengan pandangan di luarnya. Bahkan lebih tepatnya, maksud dari “at-tawassuth wal-i’tidal” di sini tak lain adalah “pandangan yang benar dan lurus yang merupakan hakikat dari ajaran Islam”. Gampangnya, yang dimaksud “Aswaja Itu Moderat” adalah Aswaja itu kelompok yang benar, sedangkan yang lain telah menyimpang dari jalur yang benar itu, baik menyimpangnya sedikit, hampir parah, atau sangat parah; baik menyimpang ke kanan maupun ke kiri.

Hal demikian karena makna dari “al-‘adl” itu adalah “al-istiqamah”, yakni tegak-lurus. Jika sesuatu sudah tidak lurus, condong ke kanan maupun ke kiri, maka ia sudah keluar dari sifat al-‘adl secara total. Karena itu, di sini tidak mungkin didapati al-‘adl atau ‘adalah yang relatif. Jika seorang Muslim sudah menyimpang dari manhaj al-‘adalah, maka berarti ia sudah menyimpang dari titian yang benar. Dan, ketika seseorang sudah menyimpang dari manhaj al-‘adalah, maka posisi yang ditempatinya adalah posisi yang merupakan kebalikan dari al-‘adalah, yakni azh-zhulm (kezaliman). Hal demikian karena yang dimaksud “at-tawassuth wal-i’tidal” itu adalah “pandangan yang benar dan lurus yang merupakan hakikat dari ajaran Islam”.

Setelah kita memahami uraian di atas, kini mari kita masuk ke dalam beberapa sampel, untuk lebih memperjelas dan mempertegas kesimpulan yang sudah kita dapat: ketika muncul sekte Jabariyah yang punya pandangan ekstrem kanan tentang Qadha’ dan Qadar, lalu setelah itu muncul sekte Qadariyah yang punya pandangan ekstrem kiri tentang Qadha’ dan Qadar, maka rumusan al-Imam al-Asy’ari (Ahlusunah wal-Jamaah) tentang Qadha’ dan Qadar yang berada di tengah-tengah pandangan ekstrem kanan dan kiri itu (“at-tawassuth wal-i’tidal”), tak lain adalah hakekat ajaran Islam yang benar, yang telah ada sejak zaman Nabi dan sahabat, dan diimani oleh mayoritas umat Islam (as-Sawadul-A’zham).
Ketika muncul kelompok yang terlalu mencintai Sayyidina Ali dan Ahlul-Bait hingga mendorong mereka mencaci-maki para sahabat (dikenal dengan kelompok Syiah Rafidhah), lalu setelah itu muncul kelompok yang memuji-muji para sahabat secara khusus dan malah merendahkan Sayyidina Ali dan Ahlul-Bait (dikenal dengan kelompok Nawashib), maka al-Imam al-Asy’ari menegaskan bahwa Ahlusunah wal-Jamaah mencintai dan menghormati Sayyidna Ali dan semua Ahlul-Bait, serta mencintai dan menghormati seluruh sahabat tanpa terkecuali. Pandangan Ahlusunah wal-Jamaah ini adalah pandangan yang benar, yang berada di tengah-tengah dua pandangan yang keliru (“at-tawassuth wal-i’tidal”). Dan pandangan ini sudah ada sejak zaman Nabi dan sahabat, serta menjadi keyakinan mayoritas umat Islam (Ahlusunah wal-Jamaah).

Ketika kini kita mendapati kelompok yang gemar membidahkan, mengkafirkan, dan bahkan mensyirikkan sekian banyak amaliah yang dilakukan oleh umat Islam (ekstrem kanan, seperti Wahabi), lalu dari sisi yang berlawanan muncul pula kelompok yang justru menoleransi sekian banyak pemikiran, amaliah dan tradisi kemungkaran bahkan menoleransi kesyirikan (ekstrem kiri, liberal), maka Ahlusunah wal-Jamaah berdiri di tengah-tengah, tegak lurus dalam kebenaran (“at-tawassuth wal-i’tidal”); tidak mudah membidahkan, mengkafirkan, atau mensyirikkan, namun juga tidak menoleransi hal-hal yang jelas merupakan kemungkaran, apalagi kesyirikan.

Baca Juga: Catatan Kelam Sejarah Sekte Wahabi

Saya kira uraian di atas sudah cukup memberikan gambaran yang lugas kepada kita tentang apa arti konsep moderat dalam Ahlusunah wal-Jamaah, sehingga poin-poin atau kasus-kasus yang lain tinggal dikiaskan pada kesimpulan yang sudah kita dapat ini.

Wallahu a’lam bish-shawab.

Penulis: Moh. Achyat Ahmad | Direktur Annajah Center Sidogiri (ACS)

Previous Post

Iklan Youtube Merusak Akidah

Next Post

Siapa yang Moderat? Siapa yang Radikal?

Achyat Ahmad

Achyat Ahmad

Direktur Annajah Center Sidogiri. Staf Pengajar Madarasah Miftahul Ulum Aliyah Pondok Pesantren Sidogiri. Penulis buku-buku akidah dan pemikiran Islam

Next Post
radikal

Siapa yang Moderat? Siapa yang Radikal?

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Publikasi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh & Referensi
  • Wahabi
  • Wawancara

© 2022 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim IT ACS.

No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Syiah
  • Liberal
  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
  • Video

© 2022 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim IT ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In