• xnxx
  • xnxx
Qunut Subuh, Sunahkah? - AnnajahSidogiri.id
AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Kamis, Desember 25, 2025
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual
    Teologi islam

    Teologi Islam; Dalang Kegagalan Revolusi Sains di Dunia Muslim?

    Tuhan

    Kenapa Tuhan Harus Allah?

    Percaya Hari Sial, Bisa Fatal!

    Wali Jadzab; Penyebab dan Cara Membedakannya

    peran taurat

    Peran Taurat dalam Penulisan Al-Quran

    Burung gagak

    Burung Gagak Pertanda Kematian?

    Matan as-Sanusiyyah; Kitab Tipis, Sarat Makna

    Matan as-Sanusiyyah; Kitab Tipis, Sarat Makna

    Membongkar Mitos: Al-Ghazali dan Klaim Kemunduran Sains Islam (1/2)

    Membongkar Mitos: Al-Ghazali dan Klaim Kemunduran Sains Islam (1/2)

    Naskh dan Mansukh; Antara Relevansi dan Kontroversi

  • Aswaja
    Imamul Mutakallimin;  Ahmad bin Muhammad ath-Thahawi

    Prinsip Interaksi dengan Non-Muslim

    Awam dan Kewajibannya Terhadap Hukum Syariat

    Imamul Mutakallimin;  Ahmad bin Muhammad ath-Thahawi

    Bagaimana Aswaja Memandang Rezeki?

    Wali

    Wali dan Karamah [3/3]

    karomah wali

    Wali dan Karamah [2/3]

    Wali dan Karamah [1/3]

    Arti Mimpi Melihat Allah

    Ketika Kau Membenci Ahlul Bait

    Ketika Kau Membenci Ahlul Bait

    Nabi Khidir Hanya Ilusi Sufi?

    Nabi Khidir Hanya Ilusi Sufi?

  • Liberal
    Sekularisme

    Islam vs Sekularisme Politik

    Nabi Muhammmad ﷺ Seorang Tokoh Pluralisme?

    Nabi Muhammmad ﷺ Seorang Tokoh Pluralisme?

    Analisis Misi Orientalis

    Analisis Misi Orientalis

    Syariat

    Syariat Islam Harus Dijalankan

    Kemakhlukan Al-Quran Versi Muktazilah dan Liberal

    Tuhan Tidak Adil?

    Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (2/2)

    Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (2/2)

     Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (1/2)

     Membantah Isu Feodalisme dalam Pesantren (1/2)

    Menepis Tafsir Feminis

  • Wahabi
    Politik Wahabi vs Dinasti Utsmani (1/2)

    Politik Wahabi vs Dinasti Utsmani (1/2)

    Keterlibatan Inggris Dalam Kampanye Wahabisme

    Keterlibatan Inggris Dalam Kampanye Wahabisme

    Shalawat Nabi Dan Sejarah Kelam Wahabi

    Shalawat Nabi Dan Sejarah Kelam Wahabi

    Kontroversi Wahabi Perihal Mengatakan “ Sayyid “ Pada Nabi

    Kontroversi Wahabi Perihal Mengatakan “ Sayyid “ Pada Nabi

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Apa Yang Menjadi Dalil Boleh Baca Al-Quran di Kuburan?

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Dusta Wahabi Terhadap Akidah Ulama (#1)

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Cikal Bakal Ideologi Tajsim

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Fitnah Wahabi Pada Imam Syafi’i Perihal Tasawuf

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

    Jimat Kalung Balita, Bidahkah?

  • Syiah
    al-Kisai

    Menyikapi Kisah Ahlul Kisa’ dengan Benar

    Allah Adalah Dzat, Bukan Roh

    Ismailiyah: Sinkronisasi Filsafat dalam Ajaran Syiah

    Syiah

      Membedah Hadis Syiah

    Menyoal Cinta Syiah kepada Ahlul Bait

    Sekte Al-Kaysaniyyah: Antara Politik, Pembalasan, dan Penyimpangan

    Sekte Al-Kaysaniyyah: Antara Politik, Pembalasan, dan Penyimpangan

    Sekilas Tentang Politik Syiah

    Sekilas Tentang Politik Syiah

    Perkembangan Syiah di Indonesia

    Perkembangan Syiah di Indonesia

    Aliran Ghurabiyyah sekte Syiah Yang Keluar dari Arus Utama Islam

    Aliran Ghurabiyyah sekte Syiah Yang Keluar dari Arus Utama Islam

    Sekte Saba’iyah: Awal Mula Ekstremisme dalam Sejarah Islam

    Sekte Saba’iyah: Awal Mula Ekstremisme dalam Sejarah Islam

  • Lintas Agama
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Jahmiyyah; Sekte Pengingkar Asma Allah

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#3)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

       Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#2)

      Asmaul-Husna: Apakah Cuma Sembilan Puluh Sembilan Nama?

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Takdir Dan Pertanyaan-Pertanyaan Membingungkan (#1)

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Jangan Katakan Al-Quran Makhluk !

      Siapa Iblis Itu?

      Siapa Iblis Itu?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

      Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    • Resensi
    • Tokoh
      Strategi Membendung Aliran Sesat di Era Globalisasi

      Syekh Ahmad Zaini Dahlan; Mufti dan Pejuang Melawan Wahabi

      Syeikh Al-Baijuri:  Sang Pembela Kebenaran

      Syeikh Al-Baijuri: Sang Pembela Kebenaran

      at-Thohahawi

      Imamul Mutakallimin; Ahmad bin Muhammad ath-Thahawi

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Ahmad Bin Hanbal: Amir al-Mukminin al-Hadis

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Mutiara Pembela Ahlusunnah dari Kota Mekah

      Saad al-Din at-Taftazani

      Saad al-Din at-Taftazani

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Syekh Muhammad bin Umar Al-Hadhrami

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Ghazali

      Al-Imam Al-Baghawi

      Al-Imam Al-Baghawi

      • Firqah
    • Wawancara
  • Video
AnnajahSidogiri.id

Qunut Subuh, Sunahkah?

Redaksi by Redaksi
22 Juni 2024
in Aswaja, Wahabi
Reading Time: 3 mins read
A A
0
Hidup Rukun Antara Umat Beragama dalam Perspektif Ahlusunah wal-Jamaah
204
SHARES
2.6k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram

Qunut merupakan bacaan yang disyariatkan ketika terjadi suatu mala petaka, para ulama menyepakati pernyataan tersebut. Namun, ada perbedaan pendapat mengenai hukum membaca qunut dalam solat subuh. Imam Abu Hanifah dan Imam Ahmad bin Hanbal berpendapat, bahwa membaca qunut tidak disunnahkan dalam shalat subuh, sedangkan Imam Syafi`I dan Imam Malik memiliki pandangan yang berbeda, yakni qunut subuh itu termasuk bacaan yang dianjurkan.

Terlepas dari perbedaan pendapat para imam mazhab mengenai status bacaan qunut subuh, dalil yang mereka jadikan sumber sama-sama bermuara dari hadis Rasulullah ﷺ. Sehingga, tuduhan wahabi kepada golongan yang menganjurkan qunut subuh itu tidak mengikuti ajaran Rasulullah ﷺ merupakan fitnah yang teramat lemah. Untuk lebih jelasnya, perlu kita bahas kembali secara mendalam.

Nabi Muhammad ﷺ pernah membaca qunut selama satu bulan penuh pada setiap shalat lima waktu, dalam satu riwayat, ketika solat subuh. Beliau mendoakan keburukan atau melaknat Ri’lin, Dzakwan, dan ‘Ushayyah, karna mereka telah membunuh para utusan yang Rasulullah ﷺ kirimkan, guna memberikan pengajaran dan pengetahuan[1]. Kejadian tersebut, terabadikan dalam hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim yang berbunyi:

عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَسُولَ اللَّةِ ﷺ قَنَتَ شَهْرًا يَدْعُوا عَلَى أَحْيَاءٍ مِنْ أَحْيَاءِ الْعَرَبِ ثُمَّ تَرَكَهُ.(رَوَاهُ مُسْلِمٌ)

“Dari anas, sesungguhnya Rasulullah ﷺ membaca qunut selama satu bulan, didalamnya mendoakan keburukan bagi beberapa suku Arab, kemudian meninggalkannya.” (HR. Muslim, hadis No. 1586).

Hadis di atas merupakan salah satu landasan para ulama’ yang menafikan anjuran membaca qunut dalam solat subuh. Namun, para ahli hadis memberikan tanggapan terkait hadis di atas. Satu bulan penuh Rasulullah ﷺ melaknat sebagian suku arab, kemudian beliau meninggalkannya. Di sinilah mereka memberikan penjelasan, bahwa Rasulullah ﷺ meninggalkan mendoakan keburukan atau melaknat, bukan meninggalkan membaca qunut dalam solat subuh. pendapat ini diperkuat dengan hadis yang memberikan penjelasan bahwa Rasulullah ﷺ tidak meninggalkan qunut hingga beliau meninggalkan dunia:

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ قَالَ: مَا زَالَ رَسُولُ اللَّهِ ﷺ يَقْنُتُ فِي الْفَجْرِ حَتَّى فَارَقَ الدُّنْيَا (رَوَاهُ أَحْمَدُ وَالدَّارَقُطْنَى وَالْبَيْهَقِيُّ وَغَيْرُهُمْ بِإِ سَنَدٍ صَحِيحٍ)

“Dari Anas bin Malik beliau berkata: tidak pernah Rasulullah ﷺ seumur hidupnya meninggalkan qunut subuh hingga beliau meninggalkan dunia.”(HR. Ahmad [3/162], ad-Daruqutni [2/39], al-Baihaqi [2/201], dan lain-lain dengan sanad yang sahih).

Selain itu, pendapat yang menganjurkan membaca qunut dalam shalat subuh banyak diikuti mayoritas ulama` dari generasi salaf. Imam al-Hafiz al-Hazimi, dalam kitabnya memberikan penjelasan mengenai konteks tersebut:

وَقَدْ اخْتَلَفَ النَّاسُ فِي الْقُنُوتِ فِي صَلَاةِ الصُّبْحِ:فَذَهَبَ أَكْثَرَالنَاسُ مِنْ الصَّحَابَةِ وَالتَّابِعِينَ فَمَنْ بَعْدَهُمْ مِنْ عُلَمَاءِ الْأَمْصَارِ إِلَى إِثْبَاتِ الْقُنُوتِ, فَمِمَّنْ رُوِّيْنَا ذَلِكَ عَنْهُ مِنْ الصَّحَابَةِ: الْخُلَفَاءُ الرَّاشِدُونَ: أَبُو بَكْرٍ, وَعُمَرُ, وَعُثْمَانُ, وَعَلِيٌّ, وَمِنْ الصَّحَابَةِ: عَمَارِبْنُ يَاسِيرُ, وَأُبَيُّ بْنُ كَعْبٍ, وَأَبُومُوسَى لِأَشْعَرِي, وَ عَبْدَالرَّحْمَنُ بْنُ أَبِي بَكْرَأَلَصِدِّيقٍ, وَعَبْدَاللَّهِ بْنُ عَبَّاسٍ, وَأَبُوهُرَيْرَةَ, وَالْبَرَاءُ بْنُ عَازِبٍ, وَأَنَسُ بْنُ مَالِكٍ

“para ulama` telah berbeda pendapat tentang qunut subuh. Marorits ulama` dari kalangan sahabat, tabiin, dan genersi berikutnya dati berbagai kota berpendapat menetapkan qunut. Dintara para sahabat yang diriwayatkan kepada kami membaca qunut adalah: khulafa`ur-Rasyidin (Abu Bakar, Umar, Usman, dan Ali). Demikin pula Ammar bin Yasir, Ubai bin Ka`ab, Abu Musa al-Asy`ari, Abdurrahman bin Abi Bakar, Abdullah bin `Abbas, Abu Hurairah, al-Barra` bin `Azib, dan Anas bin Malik.”[2]

Selepas menjelaskan pendapat yang menetapkan qunut subuh banyak diikuti mayoritas ulama` dari berbagai kalangan, Al-Hazimi menyampaikan pendapat ulama` yang menafikan anjuran membaca qunut dalam solat subuh di dalam penjelasan nasikh wal-mansukh. Kemudian Al-Hazimi menentangnya melalui pandangan ilmu hadis dan usul fiqh. Sejatinya, perbedaan pendapat di atas hanya seputar keunggulan dan mana yang lebih diikuti oleh kalangan mayoritas belaka, bukan dalil yang dijadikan sumber ijtihad. Dan perbedaan seperti ini merupakan suatu kelaziman dan perkara yang wajar, selagi tidak menyentuh ranah pondasi agama (usulud-din). Wallahua`lam bis-sawab.

Cahya Nurul Laka | Annajahsidogiri.id

[1] Mafhumul-bid’ah wa atsarihi, hlm. 176-178

[2] Al-Hafiz al-Hazimi al-I’tibar fi bayanin-Nâsikh wal-Mansukh minal-Asar, hlm. 90

Previous Post

Al-Ajwibah al-Ghâliyah fî Aqîdatil-Firqah an-Nâjiyah; Kumpulan Dalil-dalil Amaliah

Next Post

Nazhar, Analisa Keberadaan Tuhan

Redaksi

Redaksi

Annajahsidogiri.id merupakan website Annajah Center Sidogiri (ACS), yang memegang teguh prinsip moderat dalam segala hal, sesuai dengan konsep Ahlusunnah Waljamaah.

Next Post
Nazhar, Analisa Keberadaan Tuhan

Nazhar, Analisa Keberadaan Tuhan

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Lintas Agama
  • Publikasi
  • Resensi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh
  • Wahabi
  • Wawancara

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.

  • slot gacor
  • slot gacor
  • slot thailand
  • slot gacor
  • slot gacor hari ini
  • slot gacor
  • slot pulsa
  • slot gacor
  • slot gacor
  • slot gacor

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Liberal
  • Wahabi
  • Syiah
  • Lintas Agama
  • Serial Akidah Awam
  • Publikasi
    • Buletin Tauiyah
    • e-book
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • Konsultasi
    • Resensi
    • Tokoh
      • Firqah
    • Wawancara
  • Video

© 2012-2025 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim Media ACS.

  • slot gacor
  • slot gacor