HEADLINE
Tokoh Fiktif

Abdullah bin Saba’ hanyalah Tokoh Fiktif Belaka ?

Kali ini penulis tertarik untuk membahas tokoh yang terkenal sebagai pelopor gerakan Syiah yang mengatas namakan cinta ahlul bait. Jika kita merujuk pada buku-buku sejarah yang otoritatif, pastinya dari ulama-ulama terkemuka, kita dapat menemukan bahwa sebenarnya Abdullah bin Saba’ adalah pendeta Yahudi yang berusaha menghancurkan Islam lewat arah dalam. Sehingga, kemudian ia menjadi seorang munafik dalam Islam.

Baca Juga: Abdullah bin Saba’ hanyalah Tokoh Fiktif Belaka

Namun anehnya, Syiah kontemporer menafikan keberadaan pendahulu mereka ini. Bahkan–sebagaimana tertera dalam buku “Syiah Menurut Syiah, mereka menganggap tokoh ini hanyalah fiktif yang dibuat oleh golongan Ahlusunah wal Jammah untuk mencemarkan golongan Syiah.

Untuk membuktikan hal itu, mereka merujuk pada ulama-ulama mereka seperti Murtadha al-Askari dalam dua karyanya yang bertajuk: al-Bahtsu Haula Ma Katabahu al-Muakhhirun wal-Mmustayriqun dan ibin Saba’ wa Asathiril-Ukhra.

Namun agaknya, Syiah kontemporer hendak melakukan pelarian dari tokoh Abdullah yang sudah menjadi rahasia umum atas kejelekannya. Terbukti, ulama-ulama Syiah terdahulu mengakui akan keberadaan Abdullah bin Saba’.

An-Nubakhti dalam karyanya, Firaq as-Syiah dan al-Kasyi dalam karyanya, Rijal al-Kasyi (dua ulama Syiah yang terkenal tsiqah dan sering dijadikan rujukan oleh kalangan Syiah) mengakui akan hal itu. Berikut salah satu kutipan al-Kasyi dalam salah satu karyanya:

Pakar-pakar ilmu menyebutkan bahwa Abdullah bin Saba’ adalah orang Yahudi yang kemudian masuk Islam. Atas dasar keyahudiannya, ia menggambarkan Ali setelah wafatnya Rasul sebagai Yusya’ bin Nun yang mendapat wasiat dari Nabi Musa….”

Baca Juga: Percaya Ramalan: Potret Kemunduran Manusia Modern

Selanjutnya, Dr. Nashir bin Abdillah al-Qifari dalam kitabnya, Ushulul Madzahib as-Syiah al-Imamiah al-Itsna menyatakan bahwa Syiah memang sengaja menutup-nutupi peran Abdullah bin Saba’ yang sudah tercemar namanya di kalangan umat Islam. Sehingga tak sedikit penulis-penulis Syiah yang menutupi keberadaannya, baik dengan mengatakan Abdullah bin Saba’ hanya tokoh fiktif atau melaknat Abdullah bin Saba’ sendiri dari golongan Syiah.

Ghazali | Annajahsidogiri.id

About Redaksi

Avatar
Annajahsidogiri.id merupakan website Annajah Center Sidogiri (ACS), yang memegang teguh prinsip moderat dalam segala hal, sesuai dengan konsep Ahlusunnah Waljamaah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*