AnnajahSidogiri.id
No Result
View All Result
Jumat, September 29, 2023
  • Login
  • Terbaru
  • Aktual

    Khilafah, Pancasila, dan Sistem Negara Dunia

    Ada Apa dengan Khilafah?

    Ada Apa dengan Khilafah?

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#2)

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#2)

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#1)

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#1)

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    NKRI Harga Mati (2/2)

    NKRI Harga Mati (2/2)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (3/3)

    NKRI Harga Mati (1/2)

    NKRI Harga Mati (1/2)

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

  • Aswaja
    Bermaulid tidak Harus di Bulan Maulid

    Bermaulid tidak Harus di Bulan Maulid

    Objek Garapan Singa Aswaja

    Objek Garapan Singa Aswaja

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (2/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Di Balik Rebo Wekasan

    Di Balik Rebo Wekasan

    Berbakti pada Orang Tua yang Kafir (?)

    Berbakti pada Orang Tua yang Kafir (?)

    Benarkah Umat Nabi Tidak Akan Sepakat pada Kesesatan?

    Benarkah Umat Nabi Tidak Akan Sepakat pada Kesesatan?

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

  • Wahabi
    Allah Berada di Atas? (#3)

    Allah Berada di Atas? (#3)

    Allah Berada di Atas? (#2)

    Allah Berada di Atas? (#2)

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (1/2)

    Allah Berada di Atas? (#1)

    Allah Berada di Atas? (#1)

    Statement Kontroversial Wahabi

    Statement Kontroversial Wahabi

    Berjabat Tangan Seusai Shalat, Bidahkah?

    Berjabat Tangan Seusai Shalat, Bidahkah?

  • Syiah
    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Ritual Karbala; Manipulasi Cinta Buta Syiah

    Ritual Karbala; Manipulasi Cinta Buta Syiah

    Imamah

    Sayyidina Ali dan Imamah

    kiai qoimuddin

    Ust. Qoimuddin: Syiah Tidak Mencintai Ahli Bait

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

  • Liberal
    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Mungkinkah Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an Palsu?

    Mungkinkah Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an Palsu?

    Ketika Wanita Dilecehkan (#2)

    Ketika Wanita Dilecehkan (#2)

    Ketika Wanita Dilecehkan

    Ketika Wanita Dilecehkan

  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      An-Nubuwah wal-Anbiya’;  Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

      An-Nubuwah wal-Anbiya’; Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
    Siapa Iblis Itu?

    Siapa Iblis Itu?

    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Nabi Khidir

    Apakah Nabi Khidir Masih Hidup?

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

    Tutorial Selamat Dari Kebatinan

    Keutamaan Membaca Surah al-Ikhlas

    Keutamaan Membaca Surah al-Ikhlas

  • Video
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual

    Khilafah, Pancasila, dan Sistem Negara Dunia

    Ada Apa dengan Khilafah?

    Ada Apa dengan Khilafah?

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#2)

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#2)

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#1)

    Keterkaitan Konsep Khilafah dengan Negara dan Agama (#1)

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    NKRI Harga Mati (2/2)

    NKRI Harga Mati (2/2)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (3/3)

    NKRI Harga Mati (1/2)

    NKRI Harga Mati (1/2)

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

    Al-Qur’an dalam Perspektif Syiah

  • Aswaja
    Bermaulid tidak Harus di Bulan Maulid

    Bermaulid tidak Harus di Bulan Maulid

    Objek Garapan Singa Aswaja

    Objek Garapan Singa Aswaja

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Fungsi dan Tugas “Singa Aswaja”

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (2/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Tahapan Penanaman dan Pemantapan Akidah (1/3)

    Di Balik Rebo Wekasan

    Di Balik Rebo Wekasan

    Berbakti pada Orang Tua yang Kafir (?)

    Berbakti pada Orang Tua yang Kafir (?)

    Benarkah Umat Nabi Tidak Akan Sepakat pada Kesesatan?

    Benarkah Umat Nabi Tidak Akan Sepakat pada Kesesatan?

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

  • Wahabi
    Allah Berada di Atas? (#3)

    Allah Berada di Atas? (#3)

    Allah Berada di Atas? (#2)

    Allah Berada di Atas? (#2)

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Antara Makah, Madinah, dan Wahabi

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Sayidina Umar Melarang Tabaruk (?)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (2/2)

    Memahami Tahlilan; dari Budaya hingga Keyakinan (1/2)

    Allah Berada di Atas? (#1)

    Allah Berada di Atas? (#1)

    Statement Kontroversial Wahabi

    Statement Kontroversial Wahabi

    Berjabat Tangan Seusai Shalat, Bidahkah?

    Berjabat Tangan Seusai Shalat, Bidahkah?

  • Syiah
    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Tuduhan Keji Syiah kepada Istri Nabi

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Ulama Syiah Mengakui Keberadaan Ibnu Saba’

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Taqiyyah, Antara Syiah dan Ahlusunah

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Kerancuan Paham ‘Ishmatul-Imâm

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Menyingkap Kerancuan Pemikiran Syiah Tentang Al-Quran

    Ritual Karbala; Manipulasi Cinta Buta Syiah

    Ritual Karbala; Manipulasi Cinta Buta Syiah

    Imamah

    Sayyidina Ali dan Imamah

    kiai qoimuddin

    Ust. Qoimuddin: Syiah Tidak Mencintai Ahli Bait

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

    Taqiyah Syiah-Ahlusunnah Sama?

  • Liberal
    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Islam Tersebar dengan Pedang (Perang) (?)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kebanyakan Ilmuan tidak Memeluk Islam? (2/2)

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kenapa banyak Ilmuan Bukan Muslim? 1/2

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Kontroversi Shalat Pasutri

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Milkul-Yamin; Kebolehan Seks Pranikah (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Legalitas Kurban Versi Liberal (?)

    Mungkinkah Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an Palsu?

    Mungkinkah Kisah-Kisah dalam Al-Qur’an Palsu?

    Ketika Wanita Dilecehkan (#2)

    Ketika Wanita Dilecehkan (#2)

    Ketika Wanita Dilecehkan

    Ketika Wanita Dilecehkan

  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Imam Ahmad bin Muhammad Ash-Shawi

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Imâm ‘Alî bin Abî Thâlib Râbi‘ul-Khulafa’ Ar-Râsyidîn

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Al-Madzahib at-Tauhidiyah wal-Falsafah al-Mu‘ashirah

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Minhatul-Hamid Syarhu Jauharatit-Tauḥîd

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Bid‘ah al-Hasanah Ashlun min Ushulut-Tasyri’

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Al-Inshâf fî mâ Utsîrâ Haulahul-Khilâf; Menjawab Dogma Sesat Allah di Langit

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      Jalâul-Afhâm; Solusi Optimal Memahami Aqîdatul-Awâm

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      al-Isya’ah li’ Asyrathis-Sa’ah; Mengimani Hari Akhir bagi Manusia Akhir

      An-Nubuwah wal-Anbiya’;  Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

      An-Nubuwah wal-Anbiya’; Mengenal Seluk-Beluk Kenabian

    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
    Siapa Iblis Itu?

    Siapa Iblis Itu?

    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Mengapa Tahlilan Hingga 7 Hari?

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Hikmah di Balik Menabur Bunga di Atas Kuburan

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Zaidiyah Termasuk Ahlusunah?

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Umat Islam Tidak Menyembah Kakbah

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Legalitas Tradisi Dalam Surah al-A’raf

    Nabi Khidir

    Apakah Nabi Khidir Masih Hidup?

    Apakah Kejadian Aneh Sebab Amalan Termasuk Karamah?

    Tutorial Selamat Dari Kebatinan

    Keutamaan Membaca Surah al-Ikhlas

    Keutamaan Membaca Surah al-Ikhlas

  • Video
No Result
View All Result
AnnajahSidogiri.id
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Syiah
  • Liberal
  • Publikasi
  • Konsultasi
  • Video

Bisakah Selain Allah Memahami Arti Ayat Mutsayabihat?

Muhammad ibnu Romli by Muhammad ibnu Romli
5 Mei 2021
in Aswaja, Konsultasi
Reading Time: 3 mins read
A A
5
Bisakah Selain Allah Memahami Ayat Mutasyabihat?
156
SHARES
2k
VIEWS
Bagikan di FBBagikan di TwitterBagikan di WABagikan di Telegram

Saya ingin bertanya mengenai ayat 07 surah al-Imran yang berbunyi:

هُوَ الَّذِيْٓ اَنْزَلَ عَلَيْكَ الْكِتٰبَ مِنْهُ اٰيٰتٌ مُّحْكَمٰتٌ هُنَّ اُمُّ الْكِتٰبِ وَاُخَرُ مُتَشٰبِهٰتٌ ۗ فَاَمَّا الَّذِيْنَ فِيْ قُلُوْبِهِمْ زَيْغٌ فَيَتَّبِعُوْنَ مَا تَشَابَهَ مِنْهُ ابْتِغَاۤءَ الْفِتْنَةِ وَابْتِغَاۤءَ تَأْوِيْلِهٖۚ وَمَا يَعْلَمُ تَأْوِيْلَهٗٓ اِلَّا اللّٰهُ ۘوَالرَّاسِخُوْنَ فِى الْعِلْمِ يَقُوْلُوْنَ اٰمَنَّا بِهٖۙ كُلٌّ مِّنْ عِنْدِ رَبِّنَا ۚ وَمَا يَذَّكَّرُ اِلَّآ اُولُوا الْاَلْبَابِ

“Dialah yang menurunkan Kitab (Al-Qur’an) kepadamu (Muhammad). Di antaranya ada ayat-ayat yang muhkamat, itulah pokok-pokok Kitab (Al-Qur’an) dan yang lain mutasyabihat. Adapun orang-orang yang dalam hatinya condong pada kesesatan, mereka mengikuti yang mutasyabihat untuk mencari-cari fitnah dan untuk mencari-cari takwilnya, padahal tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali Allah. Dan orang-orang yang ilmunya mendalam berkata, “Kami beriman kepadanya (Al-Qur’an), semuanya dari sisi Tuhan kami.” Tidak ada yang dapat mengambil pelajaran kecuali orang yang berakal.”

(QS. Ali Imran: 7)

Pemahaman saya dari ayat di atas bahwa tidak ada yang mengetahui takwil ayat mutasyabihat kecuali Allah. Lantas, bagaimana dengan ulama Ahlusunah wal Jamaah mentakwil ayat mutasyabihat seperti ‘Yadun’ dengan makna ‘kekuasaan’ dan lain-lain? Bukankah sudah ada nas bahwa tidak ada yang mengetahui dalilnya kecuali Allah. Sekian.

Ghazali, Situbondo

Saudara yang terhormat, perlu Anda ketahui bahwa maksud dari ayat tersebut, bukan berarti ar-rasikhun tidak bisa mengetahui maknanya. Syekh Dr. Muhammad Said Ramadhan al-Buthi dalam kitabnya Min Rawai’il-Quran (115) menjelaskan, bisa saja ar-rasikhun mengetahui makna dari ayat mutasyabihat. Jelasnya, beliau berpendapat:

وَاعْلَمْ أَنَّنَا إِنَّمَا نَصْدُرُ فِيْ هَذَا الَّذِيْ نَقُوْلُ؛ عَنِ الْمَذْهَبِ الَّذِيْ تَمَسَّكَ بِهِ جُمْهُوْرُ الْبَاحِثِيْنَ مِنْ أَنَّ مَا قَدْ يُوْجَدُ فِيْ الْقُرْآنِ مِنَ الْمُبْهَمِ أَوِ المُتَشَابَهِ يُمْكِنُ لِلرَّاسِخِيْنَ فِيْ الْعِلْمِ أَنْ يَفْهَمُوْا مِنْهُ فَهْمًا صَحِيْحاً وَيَقَعُوْا مِنْهُ عَلَى عِلْمٍ

“Ketahuilah, yang hendak saya sampaikan di sini, saya ambil dari mazhab yang menjadi pegangan mayoritas para pengkaji, bahwa sesunungguhnya ayat yang ada dalam al-Quran yang tergolong dari ayat mubham dan mutasyabihat, sangat mungkin bagi ar-rasikhun untuk memahaminya, dengan pemahaman yang benar, dan sampai kepada taraf pengetahuan.”

Baca Juga: Sikap Ulama Ahlusunah Terhadap Ayat Mutasyabihat

Pendapat ini, beliau mengambil dari penjelasan Imam Ibnu Qutaibah dalam kitabnya, Ta’wilu-Musykilil-Quran (73). Ibnu Qutaibah memiliki pandangan bahwa ar-rasikhun bisa mengetahui makna ayat mutasyabihat. Ulama yang beranggapan bahwa, ar-rasikhun tidak mengetahui maknanya merupakan sebuah kesalahan, kata beliau. Karena Allah menurunkan al-Quran untuk bermanfaat kepada hambanya, dan menunjukkan kepada arti yang dikehendaki oleh Allah. Lengkapnya sebagaimana berikut:

وَلَسْنَا مِمَّنْ يَزْعَمُ أَنَّ الْمُتَشَابِهَ فِي الْقُرْآنِ لَا يَعْلَمُهُ الرَّاسِخُوْنَ فِيْ الْعِلْمِ . وَهَذَا غَلَطٌ مِنْ مُتَأَوِّلِيْهِ عَلَى اللُّغَةِ وَالْمَعْنَى وَلم يُنْزِلْ اللهُ شَيْئاً مِنَ الْقُرْآنِ إِلَّا لِيَنْفَعَ بِهِ عِبَادُهُ وَيَدُلَّ بِهِ عَلَى مَعْنَى أَرَادَهُ

“Kita bukan golongan orang yang berpendapat bahwa ayat mutasyabihat tidak bisa diketahui maknanya oleh ar-rasikhun. Ini merupakan kesalahan bersifat bahasa dan makna bagi setiap pentakwilnya. Allah tidak menurunkan sesuatu apapun dari al-Quran kecuali untuk bermanfaat kepada manusia dan bisa menunjukkan kepada makna yang dikehendaki Allah.”

Imam Ibnu Qutaibah melanjutkan dengan argumen, jika para nabi mengetahui makna dari ayat mutasyabihat, tentu para sahabat juga bisa mengetahuinya.

وَهَلْ يَجُوْزُ لِأَحَدٍ أَنْ يَقُوْلَ: رَسُوْلُ اللهِ لَمْ يَكُنْ يَعْرِفُ المُتَشَابِهَ وَإِذَا جَازَ أَنْ يَعْرِفَهُ مَعَ قَوْلِ اللهِ تَعَالَى وَمَا يَعْلَمُ تَأْوِيْلَهٗٓ اِلَّا اللّٰهُ جَازَ أَنْ يَعْرِفَهُ الرَّبَّانِيُّوْنَ مِنَ الصَّحَابَةِ فَقَدْ عَلِمَ عَلِياً التَّفْسِيْر وَدَعَا لِابْنِ عَبَّاسٍ فَقَالَ: اللَّهُمَّ عَلِّمْهُ التَّأْوِيْلَ وَفَقِّهُّهُ فِي الدِّيْنِ

“Apakah boleh bagi seseorang mengatakan: Rasulullah tidak mengetahui ayat mutasyabihat?! Jika Rasulullah bisa mengetahuinya, sedangkan di lain sisi Allah berfirman, ‘tidak ada yang mengetahui takwilnya kecuali Allah,’ maka jaiz pula para alim dari kalangan sahabat juga mengetahuinya. Sungguh Sayyidina Ali mengetahui tafsirnya dan mendoakan Sayyidina Abdullah bin Abbas seraya mengatkan, ‘Ya Allah berilah pengetahuan takwil dan pemahaman keagamaan kepada Ibnu Abbas,”

Baca Juga: Menilik Makna “Yadullah”

Dalam sebuah riwayat, Sayyidina Ali pernah menjelaskan, “Sesungguhnya Allah menciptakan ‘Arsy untuk menampakkan kekuasaan-Nya bukan untuk menjadikannya tempat bagi Dzat-Nya”.

Mengenai ayat yang saudara tanyakan, memang terjadi perbedaan pendapat. Ada yang mengatakan bahwa ar-rasikhun awal pembahasan. Ada juga yang berpendapat bahwa wawu pada lafal war-rasikhun merupakan huruf athaf. Jadi, pemahaman pada pendapat yang kedua ialah, tidak ada yang dapat mengetahui ayat mutasyabihat kecuali Allah dan ar-rasikhun. Perbedaan pendapat ini termaktub dalam Tafsir al-Qurthubi:

اخْتَلَفَ الْعُلَمَاءُ فِي “وَالرَّاسِخُونَ فِي الْعِلْمِ” هَلْ هُوَ ابْتِدَاءُ كَلَامٍ مَقْطُوعٍ مِمَّا قَبْلَهُ، أَوْ هُوَ مَعْطُوفٌ عَلَى مَا قَبْلَهُ فَتَكُونُ الْوَاوُ لِلْجَمْعِ.

“Terjadi perbedaan pendapat ulama perihal ayat war-rasikhuna fil-‘ilmi, apakah itu pembahasan baru, yang terlepas dari sebelumnya, atau malah menjadi ma’thuf dari sebelumnya, sehingga menjadikan wawu berfaedah jama’. “

Muhammad ibnu Romli | Annajahsidogiri.id

Previous Post

Menjawab Penulis Liberal Soal Puasa Perempuan Haid (Bagian III)

Next Post

Filsafat Proses dan Syariat Islam dalam Pandangan al-Buthi (Bagian V)

Muhammad ibnu Romli

Muhammad ibnu Romli

Penulis buku Pengantar Memahami Wahdaniyah. Pernah aktif sebagai Pemred Annajahsidogiri.id (2020-2022), Pemred Sidogiri.NET (2018-2019), Ketua Komisi Fatwa ACS (2022) dan Pustakawan Sidogiri (2014-2022).

Next Post
Filsafat Proses dan Syariat Islam dalam Pandangan Al-Buthi

Filsafat Proses dan Syariat Islam dalam Pandangan al-Buthi (Bagian V)

Comments 5

  1. Abdul Mujib, Alumni Sidogiri tahun 2018 says:
    9 bulan ago

    1. Lalu mana yang lebih ashoh antara 2 pendapat khilaf tersebut?, Menimbang menurut imam nawawi dalam Syarah muslim setuju dengan pendapat yang mengatakan itu waw athaf, namun dalam kitab zubdatul itqon tertulis bahwa paling shohihnya riwayat dari Ibnu Abbas mengatakan bahwa waw nya adalah ibtida’
    2. Bukannya Nafi dan istisna itu mengindikasikan al-hashr?
    3. Al-Buthi itu ikut pendapat yang mana?

    Balas
    • administrator says:
      9 bulan ago

      Keduanya sama-sama bisa diikuti. Imam al-Ghazali dalam kitab Iljamul-Awam lebih memilih tafwid dan sangat menganjurkan takwil. Malah beliau mengibaratkan takwil bagi orang awam, bagaikan orang yang tak tau berenang namun menyeburkan diri ke laut. Namun pada pembahasan lain, terkadang Imam al-Ghazali juga memakai metode takwil. Lantas, mengapa Imam Ghazali sangat mewanti-wanti untuk menjauhinya? Jawabannya, agar orang awam cukup mengimani saja tanpa belibet-libet untuk memahaminya. Namun, bedahalnya jika situasi dan kondisi menuntut untuk takwil, misal dengan semerembaknya paham tajsim sehingga andai tidak ditakwil maka akan menjerumuskan orang banyak pada paham tajsim, maka takwil wajib hukumnya.

      Balas
  2. Abdul Mujib, Surabaya says:
    9 bulan ago

    Ulama ahlussunnah yang mentakwil ikut pendapat yang keberapa?

    Balas
  3. Mahfud, Surabaya says:
    9 bulan ago

    Ulama ahlussunnah yang mentakwil ikut pendapat yang keberapa?

    Balas
    • administrator says:
      9 bulan ago

      Mayoritas Ulama Khalaf lebih memilih takwil, begitupun sebagian ulama salaf semisal Ibnu Abbas

      Balas

Tinggalkan Balasan Batalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kategori

  • Aktual
  • Aswaja
  • Buletin Tauiyah
  • e-book
  • Firqah
  • Kajian
  • Kajian Kitab Kiai
  • Kolom
  • Konsultasi
  • Liberal
  • Publikasi
  • Serial Akidah Awam
  • Syiah
  • Tokoh & Referensi
  • Wahabi
  • Wawancara

© 2022 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim IT ACS.

No Result
View All Result
  • Terbaru
  • Aktual
  • Aswaja
  • Wahabi
  • Syiah
  • Liberal
  • Publikasi
    • Serial Akidah Awam
    • Tokoh & Referensi
    • Kajian Kitab Kiai
    • Kolom
    • e-book
    • Buletin Tauiyah
    • Wawancara
    • Firqah
  • Konsultasi
  • Video

© 2022 AnnajahSidogiri.ID - design theme by Tim IT ACS.

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In